Tips & Trik

6 Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali Tanpa Ganti Baterai

×

6 Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali Tanpa Ganti Baterai

Sebarkan artikel ini
cara membuat baterai hp awet kembali

Pengguna smartphone sering menghadapi permasalahan terkait kebocoran baterai, yang mengakibatkan frekuensi pengisian baterai yang tinggi dan pemborosan waktu. Untuk pengguna HP berbasis Android, terdapat beberapa cara membuat baterai hp awet kembali tanpa harus melakukan pengisian secara berulang.

Ponsel pintar atau telepon seluler telah menjadi kebutuhan esensial dalam kehidupan. Selain sebagai alat komunikasi, perangkat tersebut turut memfasilitasi berbagai aktivitas dan pekerjaan penggunanya.

Namun, kendala seperti cepatnya habisnya daya baterai dapat mengganggu kelancaran kegiatan harian. Oleh karenanya, penting bagi pengguna untuk bisa memahami cara perawatan yang dapat mengurangi konsumsi daya baterai secara berlebihan.

1. Mematikan GPS

Penggunaan GPS dapat menyebabkan penurunan signifikan dalam daya baterai perangkat. Untuk menghindari konsumsi daya yang berlebihan, disarankan untuk mematikan fitur GPS saat tidak digunakan. Hal ini dapat membantu memperpanjang masa penggunaan baterai perangkat pengguna.

Alternatifnya, pengguna dapat menggunakan opsi pengaturan lokasi lain seperti Wifi dan Bluetooth. Dengan demikian, pengguna tidak perlu terus mengaktifkan GPS yang cenderung lebih boros dalam penggunaan daya.

Selain itu, mengaktifkan mode Hemat Baterai dapat menjadi solusi lain. Mode ini akan secara otomatis mengubah tampilan perangkat pengguna menjadi dark mode untuk menghemat daya baterai. pengguna dapat mengaktifkannya melalui menu Settings > Battery > Battery Saver.

2. Aktifkan Kecerahan Adaptif

Mengimplementasikan langkah-langkah ini tidak hanya meningkatkan ketahanan baterai, tetapi juga berpotensi untuk mengoptimalkan kinerja perangkat pengguna. Seorang ahli dari BackMarket, Kewin Charron, menekankan bahwa mengurangi kecerahan layar hingga 50% dapat signifikan dalam memperpanjang masa pakai baterai.

Dalam hal ini, penting untuk diingat bahwa mengoperasikan perangkat dalam kondisi pencahayaan yang redup dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap efisiensi baterai.  Untuk menerapkan saran ini, langkah-langkah yang dapat diikuti adalah dengan membuka menu Pengaturan, kemudian pilih opsi Tampilan, dan aktifkan fitur Kecerahan Layar Otomatis atau Kecerahan Adaptif.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pengguna dapat memastikan bahwa perangkat pengguna secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan lingkungan sekitarnya, yang pada gilirannya dapat membantu menghemat daya baterai pengguna.

3. Baterai Jangan Sampai Habis dan Overcharge

Menjaga daya baterai ponsel merupakan praktik yang krusial untuk memperpanjang masa pakainya. Hindari ekstrem seperti menghabiskan baterai hingga mati atau terus menerus mengecas, karena hal ini dapat mempercepat penurunan performa baterai.

Disarankan untuk menjaga baterai antara 20 hingga 80 persen. Selain itu, manfaatkan fitur battery care atau perawatan baterai yang tersedia dalam pengaturan ponsel. Langkahnya sederhana, cukup akses menu Settings, lalu pilih Battery, dan aktifkan opsi battery care untuk mengoptimalkan kesehatan baterai.

4. Hindari Penggunaan Ponsel Saat Mengisi Daya

Cara membuat baterai hp awet kembali dan tidak mengalami kerusakan premature, disarankan agar pengguna tidak menggunakannya saat dalam proses pengisian daya. Tindakan ini dapat memperpanjang umur baterai dengan menghindari pemakaian yang dapat mempercepat penurunan kinerja sel baterai.

Lebih baik untuk menutup seluruh aplikasi yang masih berjalan pada ponsel selama pengisian daya untuk memaksimalkan efisiensi pengisian dan mencegah potensi dampak negatif pada kesehatan baterai.

5. Batasi Penggunaan Fitur Pengisian Cepat

Untuk menjaga daya tahan baterai ponsel, penting untuk memperhatikan penggunaan fitur pengisian cepat. Penggunaan fitur ini secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan suhu ponsel dan mengurangi umur baterai.

Oleh karena itu, sebaiknya hanya menggunakan fitur pengisian cepat ketika memang diperlukan, untuk memastikan kesehatan dan umur panjang baterai ponsel.

6. Matikan Always-on Display

Salah satu komponen yang sering menyerap daya secara signifikan adalah layar, terutama ketika menggunakan fitur always on yang memungkinkan tampilan informasi tanpa mengaktifkan layar penuh. Penggunaan fitur ini dapat mengakibatkan pengurangan daya baterai sebesar 1,5% setiap jamnya.

Untuk menghemat daya baterai, disarankan untuk mematikan fitur always on. Langkah-langkahnya adalah dengan membuka menu Pengaturan, kemudian pilih opsi Tampilan dan Kecerahan, dan terakhir nonaktifkan opsi always on.

Itulah beberapa cara membuat baterai hp awet kembali yang bisa dilakukan. Hal ini tentu akan sangat membantu pengguna ketika akan melakukan perjalanan. Sehingga tidak perlu melakukan pengisian daya secara terus menerus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *