Tips & Trik

2 Cara Membatalkan Langganan Spotify untuk Android dan iOS

×

2 Cara Membatalkan Langganan Spotify untuk Android dan iOS

Sebarkan artikel ini
cara membatalkan langganan spotify

Dikenal sebagai platform streaming musik dan podcast terkemuka di global. Perlu diketahui bahwa, spotify ini dapat diakses secara gratis dan juga bisa berlangganan. Namun terkadang ada yang ingin membatalkan langganan spotify. Cara membatalkan langganan spotify ini bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Meskipun versi gratisnya menyertakan iklan yang kadang mengganggu, Spotify menyediakan opsi langganan premium yang membebaskan pengguna dari iklan tersebut.

Ketika ingin membatalkan langganan, pengguna bisa memanfaatkan beberapa cara tergantung dari paket yang telah diambil. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:

Cara Membatalkan Langganan Spotify

Seperti yang telah diketahui bahwa, langganan spotify ini bisa dibatalkan sesuai dengan keinginan dari para pelanggannya. Namun, hal ini akan berbeda ketika pengguna menggunakan android dan juga iOS.

Penasaran bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk membatalkan langganan spotify? Untuk itu, simak uraian berikut ini:

1. Untuk iOS

Jika Pengguna merupakan pengguna produk Apple dan telah melakukan langganan melalui iTunes, proses pembatalannya dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Pengaturan pada perangkat iPhone Pengguna.
  • Ketuk nama pengguna Pengguna yang terletak di bagian atas menu.
  • Pilih opsi Langganan.
  • Temukan aplikasi Spotify dalam daftar langganan Pengguna dan ketuk.
  • Pilih opsi Batalkan Langganan yang terletak di bagian bawah halaman.

Untuk membatalkan langganan melalui perangkat Mac, setelah langkah ke-3, Pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih Manage > Spotify > Edit > Cancel Subscription.
  • Tombol Manage terletak di sebelah kanan.

2. Untuk Android

Spotify mengumumkan bahwa tidak ada kemungkinan untuk mengubah paket langganan atau membatalkannya melalui aplikasi mereka. Alternatifnya adalah dengan mengakses akun Spotify melalui browser web.

Namun, akses tetap dapat dilakukan melalui perangkat seluler Android. Adapun berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:

  • Buka browser yang Pengguna gunakan, seperti Google Chrome.
  • Kunjungi situs spotify.com dan login dengan akun premium Pengguna.
  • Klik ikon tiga garis di pojok kiri atas.
  • Pilih opsi Akun, kemudian di bagian Langganan, klik Kelola Paketmu.
  • Gulir ke bawah hingga menemukan Ubah Paket, lalu klik.
  • Setelah halaman paket terbuka, gulir ke bagian paling bawah, pilih opsi Spotify Free, dan klik Batalkan Premium.
  • Konfirmasikan pilihan Pengguna dengan menekan Ya, Batalkan pada halaman berikutnya.
  • Jika diperlukan, berikan alasan untuk pembatalan langganan, atau lewati langkah ini jika tidak perlu.
  • Klik Kirim.

Permintaan pembatalan akan segera diproses setelah Pengguna mengklik tombol verifikasi terakhir. Setelah proses selesai, Pengguna akan menerima notifikasi pembatalan melalui email yang terhubung dengan akun Spotify Pengguna.

Bagaimana Jika Ingin Berhenti Langganan Spotify Paket Family atau Duo?

Jika Pengguna berlangganan paket Family atau Duo daripada langganan personal, proses pembatalannya tetap sama. Untuk berhenti langganan Spotify, Pengguna dapat mengunjungi situs web resminya dan masuk ke bagian manajemen akun.

Perlu diingat bahwa pembatalan langganan Family atau Duo hanya dapat dilakukan oleh pemegang akun paket tersebut. Langkah-langkah di atas yang diikuti oleh anggota lain dalam paket tidak akan membatalkan langganan premium secara keseluruhan.

Melainkan hanya akan menghapus akun mereka dari keanggotaan paket. Ini seolah-olah mengeluarkan diri sendiri dari langganan Family atau Duo. Oleh karenanya, bagi yang ingin membatalkan paket ini bisa menggunakan cara ini.

Itulah uraian terkait dengan cara membatalkan langganan spotify yang bisa dilakukan. Selain itu, dalam uraian ini telah diberikan pula penjelasan terkait bagi yang ingin berhenti berlangganan spotify khusus untuk paket duo ataupun paket family.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *