Tips & Trik

5 Cara Mematikan Macbook Ini Wajib untuk Diketahui

11
×

5 Cara Mematikan Macbook Ini Wajib untuk Diketahui

Sebarkan artikel ini

Begini Cara Mematikan Macbook

MAcbook merupakan sebuah produk berjenis laptop yang dikeluarkan atau dirilis oleh perusahaan Apple. Tidak seperti pada laptop lain, sistem operasi yang digunakan adalah MacOS. Maka cara menggunakannya juga berbeda, termasuk dengan cara mematikan macbook tersebut.

Saat menggunakan perangkat macbook sampai selesai pastinya pengguna akan mematikannya. Apalagi jika perangkat ini dirasa sudah terlalu panas dan terlalu banyak digunakan. Sehingga perlu diketahui bagaimana caranya mematikan perangkat tersebut. Untuk itu, simak beberapa caranya berikut:

1. Matikan Macbook via Menu Bar

Cara mematikan macbook pertama awali dengan memanfaatkan yang namanya menu bar. Menu bar ini, letaknya ada di bagian atas layar macbook yang berfungsi mirip dengan taskbar pada Windows.

Namun bedanya, dalam menu bar ini isinya hanya soal menu-menu yang bisa diakses dengan mudah. Berbeda dengan windows dimana isi taskbar tersebut menyatu dengan beberapa shortcut aplikasi. Adapun langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Klik logo apple di bagian atas kiri layar.
  • Setelah muncul berbagai pilihan, klik shut down.
  • Macbook akan mematikan perangkat dengan sendirinya.

2. Gunakan Aplikasi Terminal

Terminal dalam sebuah perangkat macbook mungkin bisa disejajarkan fungsinya dengan Command Prompt yang ada di perangkat windows. Aplikasi tersebut merupakan akses bagi user, untuk melihat lebih dalam lagi sistem yang bekerja pada MacOS.

Antar muka yang ada dalam aplikasi tersebut merupakan berbasis perintah atau disebut juga dengan CLI. Melalui terminal, pengguna bisa melakukan beberapa perubahan pada sistemnya dan juga memberikan perintah pada perangkat termasuk untuk mematikannya:

  • Buka aplikasi terminal melalui finder.
  • Masukkan perintah berikut “ sudo shutdown -h now”.
  • Klik enter dan command akan dijalankan.
  • Perintah ini bisa dijeda dengan mengganti perintah now menjadi satuan waktu misalnya +60 yang artinya perangkat akan dimatikan dalam 60 menit kedepan.

3. Buat Jadwal Mematikan Macbook

Bagi yang sering lupa mematikan perangkat macbooknya, tenang saja karena MacOS ini punya fitur untuk mematikan perangkat secara terjadwal. Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur schedule yang sangat bermanfaat untuk menjadwalkan kapan perangkat akan mati dengan sendirinya. Berikut langkahnya:

  • Buka bagian menu system preferences.
  • Masuk ke pilihan energy saver.
  • Kemudian pilih menu bernama schedule.
  • Atur waktu kapan akan shut down.
  • Pilih jadwalnya misalkan everyday dan atur jam berapa perangkat akan mati.
  • Jika sudah yakin, tekan ok.
  • Perangkat akan mati dengan sendirinya mengikuti jadwal yang sudah diatur setiap hari.

4. Cara Mudah dengan Shortcut Keyboard

Bagi yang ingin dengan cepat mematikan perangkatnya melalui shortcut ada beberapa kombinasi tombol yang bisa ditekan. Bukan hanya windows yang punya shortcut untuk mematikan perangkat, tapi MacOS juga tidak mau kalah.

Tekan Control dan eject secara bersamaan maka akan muncul kotak dialog untuk mematikan perangkat. Pengguna bisa memilih untuk melakukan shutdown, sleep, atau restart.

5. Gunakan Tombol Power

Shortcut lain yang bisa dipilih selain yang diatas adalah dengan memanfaatkan 4 tombol keyboard. Ini bisa digunakan jika sangat darurat karena tiba-tiba perangkat tidak berfungsi secara normal dan jangan digunakan sering-sering.

Caranya adalah dengan menekan tombol command, option, control lalu tombol power secara bersama-sama. Melalui hal tersebut perangkat otomatis mati tanpa memberikan dialog apapun. Istilah lainnya perangkat akan dimatikan dengan paksa apabila terjadi sesuatu.

Demikianlah informasi mengenai cara mematikan macbook yang baik melalui beberapa cara. Pengguna bisa memanfaatkan cara tersebut untuk berbagai situasi yang memungkinkan. Namun jika tidak ada sesuatu terjadi gunakan saja cara normal dengan masuk ke menu bar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *