Tips & Trik

Cara Memainkan Game Pc di Android, Yuk Kenali Tipsnya

5
×

Cara Memainkan Game Pc di Android, Yuk Kenali Tipsnya

Sebarkan artikel ini

Ingin main game pc tetapi di kontrol melalui Android? Ada cara memainkan game pc di Android dan jawabannya adalah menggunakan aplikasi Parsec, Steam Link dan juga Moonlight. Memainkan game tersebut melalui Android menggunakan ketiga aplikasi ini ternyata malah memudahkan dalam bermain.

1. Menggunakan Parsec

Aplikasi pertama yang direkomendasikan untuk bermain game pc menggunakan Android adalah menggunakan parsec. Karena memang cukup simpel menggunakannya dan mudah untuk mengendalikan dalam suatu permainan tersebut. Berikut ini adalah langkah bermain menggunakan Parsec:

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bantuan Gamepad. Karena Gamepad mampu memberikan kenyamanan dalam bermain. Gamepad mampu mengurangi gangguan koneksi USB.
  • Berikutnya adalah dengan melakukan sebuah konfigurasi jaringan internet. Karena untuk memainkan permainan Pc dari Android membutuhkan jaringan internet yang stabil, dan tidak terjadinya loading.
  • Selanjutnya adalah dengan membuat akun Parsec. Jika ingin terkoneksi permainan Pc dimainkan melalui Android diperlukan sebuah akun Parsec. Cukup simpel untuk mengaktifkan akun tersebut, yaitu cukup lengkapi data diri secukupnya.
  • Langkah berikutnya yaitu melakukan pengaturan Parsec langsung di Android. Setelah akun telah dibuat, maka lakukan pengaturan akun Parsec. Cara aksesnya dengan masuk ke menu hamburger nya, lalu klik fitur Gigi atau pengaturan.
  • Segala pengaturan telah selesai. Langkah terakhir hanya perlu memilih game Pc yang ingin dimainkan.

2. Menggunakan Moonlight

Setelah mengetahui cara menggunakan Parsec, cara memainkan game pc di Android berikutnya adalah menggunakan Moonlight. Sebuah streaming game untuk Android. Aplikasi alternatif yang direkomendasikan untuk game pc di Android. Simak langkah berikut menggunakan Moonlight:

  • Sebelum mengetahui langkah pengaktifan Moonlight, ada beberapa syarat. Minimal memiliki laptop dengan versi VGA GTX Series.
  • Jika versi laptop sudah memenuhi, maka selanjutnya adalah dengan menginstall NVIDIA Geforce.
  • Langkah berikutnya saat telah download aplikasi ini, pilihlah pengaturan. Lalu klik tab Shield. Berikutnya pilih enable Allows your PC to stream games to SHIELD devices.
  • Jika sudah melakukan pengaturannya, selanjutnya memilih jenis koneksi games Pc tersebut. Caranya klik menu Shield, lalu akan dialihkan pada pilihan game. Pilih gamenya, geser tombol atas pojok kanan. Terakhir klik Add.
  • Untuk semakin memudahkan permainan, masuk ke aplikasi Moonlight pada Android. Lalu masuk ke Pengaturan, beri centang pada pilihan Show on-Screen control. Tidak lupa centang pada semua pilihan gamepad settings nya.
  • Silahkan mengecek jaringan koneksi internet pada Smartphone dan juga Pc. Hanya perlu satu local area network agar semakin nyaman bermain tanpa terjadi loading.
  • Jika semua telah berjalan baik, internet terkoneksi dengan baik. Maka masukkan sebuah nomor unik kode untuk hubungan keduanya, antara Pc dan Android.

3. Menggunakan Steam Link

Cara memainkan game pc di Android yang direkomendasikan terakhir adalah dengan menggunakan steam link. Steam link disini bukan dalam bentuk hardware untuk streaming video, dll. Melainkan untuk platform Android bermain game Pc. Simak langkah berikut:

  • Pertama yang bisa dilakukan adalah install terlebih dahulu aplikasi di Pc. Ada banyak sistem operasi yang bisa diaktifkan diantaranya: Windows, MacOS, SteamOS dan lain-lain.
  • Jika sudah tersedia aplikasi tersebut, aktifkan melalui fitur Steam Big Picture Mode pada Steam Client. Caranya adalah klik menu pilihan View, lalu klik pilihan menu Big Picture Mode.
  • Selanjutnya adalah dengan menggunakan Sistem Settings, klik menu In-Home Streaming.
  • Selesai. Nanti akan muncul streaming konten yang ada di Steam Big Picture tersebut..

Baiklah, itu tadi cara memainkan game pc di Android yang ampuh untuk dicoba. Ada banyak cara alternatif untuk memainkan sebuah game di pc untuk Android. Jadi, tidak perlu khawatir jika ingin bermain game pc tetapi ingin mencobanya di Android karena telah tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *