Tips & Trik

5 Cara Melihat Spek di Laptop, Lakukan Sebelum Membeli Laptop

×

5 Cara Melihat Spek di Laptop, Lakukan Sebelum Membeli Laptop

Sebarkan artikel ini
cara melihat spek di laptop

Memahami informasi tentang spesifikasi laptop menjadi kunci dalam memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan. Cara melihat spesifikasi di laptop bisa menjadi awal yang penting. Namun banyak yang masih bingung mengenai cara melihat spek di laptop ini. Oleh karena itu berikut akan dibahas.

Seperti yang diketahui bahwa dengan teknologi yang semakin canggih, dapat mengetahui detail seperti prosesor, RAM, dan kartu grafis menjadi krusial untuk memastikan kinerja yang optimal. Dengan adanya cara untuk melihat spesifikasi di laptop ini maka akan lebih mengetahui detailnya. Bagi yang penasaran langsung saja simak cara caranya dibawah ini:

1. Dengan Melalui System Information

Cara melihat spek di laptop yang pertama adalah dengan melalui system information. Bagi yang belum tahu apa itu system information, jadi System Information adalah alat bawaan Windows yang didalamnya telah menyediakan banyak informasi yang lengkap terkait perangkat keras dan perangkat lunak pada laptop.

Cara melihat spek laptop dengan system information ini adalah sebagai berikut. Langkah-langkah:

  • Langkah pertama yaitu dengan menekan tombol Windows + R untuk dapat open windows Run.
  • Selanjutnya ketik msinfo32 serta jangan lupa untuk klik Enter.
  • Setelah itu maka system ini akan menampilkan rincian tentang prosesor, RAM, kartu grafis, dan perangkat keras lainnya.

2. Melalui My Computer

Selanjutnya yaitu dengan menggunakan my computer. Bagi yang sudah paham mengenai my computer untuk mengecek spek laptop tentu akan terasa mudah. Cara melihat beberapa informasi dasar tentang laptop maka bisa melalui My Computer atau bisa juga disebut dengan This PC.
Langkahnya juga terbilang cukup mudah. Berikut langkahnya:

  • Buka File Explorer dengan menekan Windows + E.
  • Di panel kiri, klik kanan pada my computer
  • Kemudian Pilih tulisan yang bertuliskan Properties.
  • Sebuah jendela akan muncul yang menampilkan informasi dasar tentang laptop, seperti sistem operasi yang diinstal, jenis prosesor, dan RAM yang terpasang.

3. Menggunakan dxdiag

Kemudian dengan menggunakan dxdiag. Bagi yang belum paham apa itu dxdiag, jadi dxdiag adalah utilitas bawaan Windows yang memberikan informasi yang lengkap mengenai perangkat keras dan perangkat lunak sistem.

Langkah-langkahnya terbilang cukup mudah. Langsung saja simak dibawah ini:

  • Langkah pertama yaitu dengan klik tombol Windows + R.
  • Kemudian dilanjutkan dengan mengetik tulisan dxdiag selanjutnya klik Enter.
  • Jendela DirectX Diagnostic Tool akan terbuka, menampilkan informasi seperti nama sistem, prosesor, RAM, dan kartu grafis.

4. Lewat Control Panel

Cara melihat spek di laptop selanjutnya yaitu dengan menggunakan control panel. Control Panel juga menyediakan beberapa informasi tentang spesifikasi laptop. Control panel merupakan sebuah area yang terpusat pada Windows komputer dan laptop.

Melalui Control Panel ini maka dapat melihat serta mengakses pengaturan sistem lainnya , selain itu juga dapat mengontrol akun pengguna, hingga mengedit opsi aksesibilitas.

Berikut langkah demi langkahnya:

  • Buka Control Panel. Atau bisa juga mencarinya di menu Start atau menggunakan jendela Run (Windows + R) dengan mengetik Control Panel dan menekan Enter.
  • Pilih System and Security, kemudian pilih System.
  • Di sini akan melihat informasi dasar tentang laptop, seperti jenis dan kecepatan prosesor, RAM yang terpasang, dan tipe sistem operasi.

5. Dengan Command Prompt

Kemudian untuk melihat spek di laptop bisa juga dengan menggunakan command prompt. Command Prompt dapat memberikan informasi tentang sistem, meskipun itu mungkin tidak se komprehensif utilitas lainnya.

Command Prompt dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti manajemen file, konfigurasi jaringan, dan pemecahan masalah sistem. Langkahnya sebagai berikut:

  • Buka Command Prompt dengan cara mencarinya di menu Start atau menggunakan jendela Run (Windows + R) dengan mengetik cmd dan menekan Enter.
  • Ketik perintah systeminfo dan tekan Enter.
  • Ini akan menampilkan daftar panjang informasi tentang sistem, termasuk spesifikasi perangkat keras seperti prosesor, RAM, dan banyak lagi.

Demikianlah pembahasan mengenai cara melihat spek di laptop. Terdapat tujuh cara untuk dapat melihat spesifikasinya pada laptop. Pilihlah salah satu yang dirasa paling mudah serta perhatikan setiap langkah demi langkahnya supaya laptop terdeteksi dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *