Tips & Trik

Ketahui Cara Melihat Rumah di Google Earth Serta Fitur – Fiturnya

6
×

Ketahui Cara Melihat Rumah di Google Earth Serta Fitur – Fiturnya

Sebarkan artikel ini

Cara Melihat Rumah di Google Earth yang Wajib Dicoba

Google Earth merupakan sebuah layanan gratis yang bisa digunakan untuk melihat lokasi, rumah bahkan morfologi di suatu daerah. Simak informasi lengkap berikut untuk mengetahui cara melihat rumah di Google Earth sekaligus fitur – fitur yang tersedia di dalamnya:

Cara Melihat Rumah di Google Earth

Meskipun layanannya gratis, Google Earth mampu menampilkan perekaman citra dengan resolusi yang cukup bagus hingga 15 x 15 meter. Sehingga, cara melihat rumah di Google Earth dengan jelas bisa dilakukan dengan mudah.

1. Buka Google Earth

Google Earth memungkinkan para pengguna untuk melihat rumah secara virtual dengan mudah dan praktis. Jika hendak mencoba melihat rumah melalui Google Earth ini, langkahyang harus dilakukan pertama kali ialah membuka website Google Earth, diantaranya:

  • Buka aplikasi browser yang sering digunakan.
  • Masukkan kata kunci Google Earth di kolom pencarian browser tersebut.
  • Klik website yang sesuai pencarian dan tunggulah beberapa saat hingga halaman utama Google Earth menampilkan gambar bola dunia secara sempurna.
  • Lanjutkan ke cara selanjutnya.

2. Menentukan Lokasi dan Aktifkan Fitur Tampilan 3 Dimensi

Untuk memulai mencari rumah, pengguna harus menentukan lokasi yang sesuai terlebih dahulu. Pastikan penulisan lokasi sudah benar sebelum klik tombol Enter. Hal ini perlu diperhatikan karena apabila terjadi kesalahan penulisan lokasi, maka hasil penelusuran lokasi di Google Earth akan keliru.

Tidak semua lokasi yang ada di Google Earth akan menampilkan tampilan gambar 3 dimensi secara otomatis. Sehingga, pengguna perlu mengaktifkan fitur tampilan 3D terlebih dahulu dengan masuk ke Menu dan klik opsi Gaya Peta. Kemudian, klik opsi Aktifkan Tampilan 3D.

3. Tunggu Pemuatan Gambar

Setelah cara – cara sebelumnya selesai dilakukan, tunggu beberapa saat hingga lokasi berhasil ditampilkan. Pasalnya, terkadang Google Earth membutuhkan waktu untuk menemukan lokasi yang dicari oleh pengguna secara keseluruhan dengan akurat. Untuk mempercepat proses pemuatan gambar lakukan 3 langkah berikut:

  • Masuk ke Menu dan klik opsi Setelan yang tersedia.
  • Selanjutnya, pilih ukuran cache memori.
  • Setelah itu, proses pemuatan gambar rumah akan berlangsung lebih cepat.

Fitur – Fitur Google Earth

Google Earth dikembangkan oleh perusahaan Keyhole Inc dan telah dirilis secara resmi sejak tahun 2014 silam. Seiring dengan berjalannya waktu, Google Earth selalu melakukan pembaruan yang lebih bagus lagi. Termasuk juga dengan tersedianya beragam fitur yang bisa diakses para pengguna.

  • Menampilkan Perubahan Relief. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat perubahan relief suatu daerah dari waktu ke waktu. Ini bisa dilakukan dengan klik opsi Show Historical Imaginary dan pilih tahun yang ingin dilihat reliefnya.
  • Overlay Data Raster dan Vektor. Fitur pada Google Earth yang satu ini, bisa digunakan untuk menampilkan gambar daerah 2D dan ingin melihatnya dalam bentuk 3D. Sekaligus juga jika pengguna ingin mengetahui informasi tambahan lainnya dari gambar tersebut.
  • Primary Database. Dengan menggunakan Google Earth dan mengaktifkan fitur Primary Database, pengguna bisa mendapatkan informasi yang up to date. Informasi yang akan diberikan dapat berupa foto tempat – tempat umum atau jalan .
  • Melihat Dalamnya Lautan. Google Earth mampu menampilkan kondisi visual yang ada di dalam suatu laut. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan zoom in pada bagian laut yang ingin dilihat.

Demikianlah cara melihat rumah di Google Earth sekaligus informasi mengenai fitur – fitur yang tersedia di dalamnya. Dengan begitu, pengguna dapat melihat rumah dan lokasi – lokasi tertentu tanpa harus mengunjungi lokasinya secara langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *