Tips & Trik

Begini Cara Melihat Pemakai WiFi Melalui PC dan Android

9
×

Begini Cara Melihat Pemakai WiFi Melalui PC dan Android

Sebarkan artikel ini

Inilah Cara Melihat Pemakai WiFi yang Bisa Dicoba

Jaringan internet lambat, tidak selalu disebabkan oleh provider yang digunakan atau lokasi pemasangan. Namun seringkali dikarenakan kapasitas pengguna yang berlebihan. Oleh sebab itu, cara melihat pemakai WiFi diperlukan untuk mengetahui dimanakah sumber penyebabnya. Apakah dari sinyal atau pengguna yang tidak sesuai.

Pasalnya sebuah router biasanya mempunyai kapasitas pengguna agar kecepatannya tetap stabil. Misal hanya untuk 4 sampai 5 orang saja dalam satu alamat IP.

Jika ingin menambah pemakai atau sambungan perangkat, maka diperlukan router tambahan. Hal tersebut agar bandwidth yang digunakan tidak begitu banyak.

Cara Melihat Pemakai WiFi Melalui PC

Untuk cara yang pertama yaitu dengan menggunakan Pc. Penasaran siapa saja yang terhubung ke jaringan WiFi pengguna? Untuk lebih jelasnya, simak beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Mengecek di Interface Router D-Link

Pengguna bisa mengecek siapa saja pemakai jaringan WiFi melalui browser online di komputer. Bahkan dapat menampilkan pemakai yang seharusnya tidak mendapatkan izin sambungan. Karena terkadang banyak yang membobol sebuah jaringan WiFi untuk mendapatkan internet secara gratis.

Adapun cara melihat pemakai WiFi yang pertama yaitu melalui interface router D-Link. Informasi yang ditampilkan dengan cara ini sangat detail. Seperti melihat alamat IP, type device, dan alamat MAC (identitas pabrikan device). Untuk langkahnya, sebagai berikut:

  • Akses mesin peramban (bisa melalui apapun).
  • Paste salinan alamat IP ini pada kolom pencarian 198.168.0.1.
  • Kemudian login menggunakan username dan kata sandi router yang digunakan.
  • Lalu pilih tab ‘Status’ dan ‘Active client table’ untuk menampilkan semua pengguna WiFi.
  • Jika melihat salah satu pemakai yang tidak dikenal, maka pengguna bisa segera mengganti password baru atau mengatur jumlah maksimal pemakai.

2. Mengecek Melalui Command Line CMD

Langkah kedua ini tidak membutuhkan jaringan internet apalagi aplikasi. Karena Windows sudah mempunyai aplikasi bawaan yang otomatis terpasang dan dapat digunakan untuk mengecek perangkat yang terhubung. Langkahnya sangat mudah yaitu:

  • Menekan tombol R dan ikon Windows pada keyboard secara serentak untuk menampilkan jendela RUN.
  • Lalu, tulis ‘CMD’ di kotak tulisan dan ‘OK’.
  • Jika sudah berada di layar hitam, tuliskan ‘net view’.
  • Kemudian perintah ‘arp-a’.
  • Maka akan tampil alamat IP pengguna yang terhubung dengan WiFi.

Sayangnya cara ini tidak sedetail melalui pengecek online yang pertama, sehingga pengguna tidak bisa mengetahui perangkat yang menggunakan. Apakah dikenal atau tidak.

Langkah Melihat Pemakai WiFi Melalui Aplikasi di Android

Selain mengecek melalui perangkat PC, pengguna juga bisa melihatnya via ponsel. Hal ini sangat membantu bagi yang tidak mempunyai perangkat komputer.

Tidak hanya alasan tersebut, mengecek menggunakan Android terbilang lebih mudah dibanding melalui PC. Pasalnya pengguna tinggal mengunduh aplikasi tanpa berbayar, lalu semua informasi akan muncul dengan detail. Adapun aplikasi tersebut yaitu bernama Fing.

Aplikasi tools jaringan satu ini cukup terkenal dan banyak pengunduhnya. Sebab terbukti membantu serta mudah dalam penggunaan. Untuk langkahnya sangatlah gampang, silahkan ikuti petunjuk di bawah:

  • Install aplikasi Fing jika belum memilikinya.
  • Jika sudah, buka aplikasi dan pastikan sudah terhubung ke jaringan WiFi yang akan dicek.
  • Lalu, pilih ‘Pindai Perangkat’ untuk menjalankan aplikasi.
  • Setelah itu, tunggu sebentar sampai aplikasi menampilkan semua pemakai yang terhubung.
  • Silahkan periksa tiap perangkat. Mungkin saja terdapat pemakai yang tidak diketahui.
  • Jika demikian, segeralah mengubah kata sandi atau menonaktifkan fitur WPS.

Itulah cara melihat pemakai WiFi yang dapat pengguna praktikkan. Baik melalui PC maupun Android. Sebenarnya ada banyak lagi pilihan alternatif yang dapat dicoba. Akan tetapi, artikel ini memberikan tips yang paling gampang dan sederhana untuk mengatasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *