Tips & Trik

5 Cara Melihat HP Samsung Asli atau Tidak dengan Mudah

3
×

5 Cara Melihat HP Samsung Asli atau Tidak dengan Mudah

Sebarkan artikel ini

Cara Melihat HP Samsung Asli yang Wajib Diketahui

Kini membeli gadget baru sudah lebih mudah. Kemudahan hal ini dilatarbelakangi oleh adanya banyak variasi tipe. Jika tidak berhati-hati, ini bisa menjadi perangkap. Banyak beredar gadget palsu. Jangan sampai tertipu, pastikan untuk mengetahui cara melihat HP Samsung asli.

Ada banyak cara untuk memeriksa ponsel keaslian dari ponsel Samsung. Pengguna bahkan juga bisa melakukan pengecekkan sendiri tanpa perlu mengunjungi gerai servis atau toko gadget. Mari perhatikan beberapa cara memeriksa keaslian ponsel Samsung pengguna dalam ulasan berikut ini:

1. Lihat dari Build Quality

Cara paling sederhana untuk memeriksa keaslian HP Samsung ialah dengan pemeriksaan Build Quality. Apa artinya itu? Ini merupakan pemeriksaan spesifikasi umum bawaan pabrik yang wajib dimiliki oleh HP Samsung. Untuk melakukan pemeriksaan ini, pengguna perlu mengetahui nama tipe HP Samsung.

Selain itu, tentu saja pengguna wajib mengetahui spesifikasi yang digunakan untuk mencocokkan keasliannya. Temukan informasi soal spesifikasi HP dari situs resmi Samsung. Selanjutnya, pengguna bisa langsung membandingkannya dengan spesifikasi HP yang dimiliki.

2. Periksa IMEI HP

Berikutnya, cara melihat HP Samsung asli ini cukup umum dan banyak diketahui. HP Samsung asli harus memiliki nomor IMEI yang sama di informasi tentang HP dan di kotak HP. Informasi nomor IMEI di HP bisa ditemukan di menu About Phone, yang terdapat di Setting.

Selain mencocokkan nomor IMEI, periksa juga apakah nomor IMEI yang tercantum asli. Caranya adalah dengan memasukkan kode *#06# dan tekan tombol panggil. Apabila nomor IMEI yang ditampilkan sama dengan nomor IMEI di About Phone atau kotak HP, artinya ponsel memang asli.

3. Cek dengan Kode Test Samsung

Hampir mirip dengan cara Build Quality, cara cek ini juga dapat memperlihatkan spesifikasi asli dari HP Samsung. Bedanya, pengguna bisa melihat spesifikasi HP langsung melalui kode dial tanpa melalui menu Pengaturan. Selain itu, cara ini juga menampilkan informasi beberapa spesifikasi yang lebih detail.

Akan tetapi, sebelum mencocokkan pengguna tetap perlu mengetahui spesifikasi sesuai dengan yang tercantum di situs resmi Samsung. Beberapa kodenya ialah 1) *#1234# untuk memeriksa versi SW, CSC, Modem; 2) *#9998*246# untuk periksa baterai dan memori; serta 3) #12580*369# untuk memeriksa informasi hardware.

4. Periksa HP dengan Samsung Kies

Ada opsi lain dari cara melihat HP Samsung asli yakni dengan menggunakan bantuan aplikasi Samsung Kies. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi untuk memeriksa model HP Samsung. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  • Siapkan ponsel Samsung yang akan dicek dan satu perangkat laptop atau PC.
  • Kemudian, buka laptop atau PC dan masuk ke browser.
  • Masukkan alamat Samsung.com/Africa_en/support/kies/ pada kolom pencarian.
  • Kemudian, pilihlah versi yang sesuai dengan sistem operasi laptop atau PC pengguna.
  • Unduh dan pasang Samsung Kies pada laptop atau PC.
  • Buka aplikasi apabila sudah terpasang.
  • Sambungkan HP Samsung dengan kabel USB ke laptop atau PC dengan Samsung Kies yang sudah terpasang.
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi menampilkan informasi HP Samsung di layar laptop atau PC. Perhatikan, apabila tidak ada informasi yang ditampilkan kemungkinan ponsel tidak mendukung atau palsu.

5. Cek Keaslian dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan aplikasi asli milik Samsung, ada aplikasi lain dari pihak ketiga yang juga bisa memeriksa keaslian HP Samsung. Nama aplikasi ini adalah Ph Doctor. 

Pengguna bisa mengunduhnya langsung di HP Samsung melalui Play Store. Pemeriksaan keaslian bisa diakses melalui menu Refurbishment dalam aplikasi.

Demikian ulasan dari 5 cara melihat HP Samsung asli atau tidak. Pastikan untuk teliti sebelum membeli dan periksa kembali ponsel Samsung dengan cara di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *