Tips & Trik

Cara Melihat History Download Di Play Store dan Alasan Melihatnya

×

Cara Melihat History Download Di Play Store dan Alasan Melihatnya

Sebarkan artikel ini
cara melihat history download di play store

Seringkali, pengguna ponsel cenderung mengunduh dan menghapus aplikasi sesuai kebutuhan mereka. Namun, tidak jarang pula mereka ingin mengembalikan aplikasi yang sebelumnya telah dihapus. Tetapi, apakah ada cara melihat history download di play store?

Jika di iOS tersedia App Store sebagai platform untuk mengunduh aplikasi secara gratis atau berbayar, Android memiliki Play Store sebagai tokonya. Play Store menjadi satu-satunya aplikasi utama bagi pengguna Android yang menyediakan beragam aplikasi untuk kebutuhan mereka.

Jika penasaran tentang cara melihat riwayat unduhan di Play Store, berikut adalah beberapa informasi yang mungkin dapat membantu.

Cara Melihat History Download Di Play Store

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh Play Store adalah fitur History Download yang memungkinkan pengguna untuk melacak aplikasi yang pernah diunduh atau yang mungkin terhapus secara tidak sengaja. Proses ini dapat dilakukan dengan mudah dengan rincian step by stepnya sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Play Store yang sudah terinstal di ponsel pintar.
  • Ketika aplikasi Play Store terbuka, langkah berikutnya adalah mengetuk ikon foto profil yang terletak di pojok kanan atas layar.
  • Setelah itu, pilih opsi Kelola Aplikasi & Perangkat.
  • Lanjutkan dengan mengetuk tulisan Kelola.
  • Sekarang, daftar aplikasi yang telah terpasang di ponsel akan ditampilkan. Untuk melihat aplikasi yang belum terpasang, geser layar ke bawah dan pilih opsi Tidak diinstal.
  • Cari aplikasi yang diinginkan dalam daftar tersebut.
  • Jika aplikasi yang dicari tidak ditemukan, coba periksa akun email lain yang terdaftar di ponsel. Kembali ke menu utama, ketuk ikon foto profil, lalu pilih akun email yang diinginkan.
  • Setelah itu, ulangi langkah nomor 2 hingga nomor 7 dan pastikan tidak ada langkah yang terlewat.
  • Jika ingin melihat riwayat permainan yang pernah diinstal, pilih opsi Game dalam menu.

Selain untuk melihat riwayat unduhan, fitur ini juga berguna untuk memeriksa aplikasi yang perlu diperbarui. Jadi untuk mengetahui aplikasi yang tersedia pembaruan, pengguna tinggal tap opsi updates available atau pembaruan tersedia. Disitu nantinya akan tertampil aplikasi-aplikasi yang terinstal yang sudah tersedia update atau pembaruannya. Untuk mengupdate atau melakukan pembaruan pengguna tinggal tap opsi update.

Alasan Melihat History Download Di Play Store

Memeriksa riwayat unduhan di Play Store bisa dilakukan dengan langkah-langkah yang cukup sederhana seperti yang sudah dijelaskan diatas. Alasan pengguna melihat history donwnload tersebut biasanya adalah saat ingin mengunduh kembali aplikasi atau sekadar melihat daftar aplikasi sebelumnya tanpa perlu mengingat nama aplikasinya.

Dahulu, Play Store berperan sebagai platform utama bagi pengguna Android untuk mengakses beragam aplikasi dan melakukan transaksi. Di sana, pengguna dapat menghapus dan mengunduh kembali aplikasi sesuai kebutuhan mereka.

Di fase permulaannya, Play Store dikenal dengan nama Android Market. Sebagai sarana bagi para pengembang, platform ini menyediakan beragam aplikasi seperti aplikasi chatting, permainan, penyuntingan, multimedia, dan lainnya. Keberhasilan aplikasi buatan Google ini terlihat dari pencapaian sebanyak 82 miliar unduhan pada tahun 2016.

Sekarang bahkan play store juga sudah lebih memudahkan pengguna karena juga bisa melihat kapasitas ruang penyimpanan yang digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang terinstal di perangkat android tersebut. Selain itu play store sekarang juga dapat memfasilitasi pembayaran aplikasi yang memerlukan langganan dalam penggunaannya.

Nah demikianlah cara melihat history download di play store yang sudah diberikan uraian serta penjelasannya. Dengan demikian, untuk mengunduh kembali aplikasi yang telah dihapus tidak perlu repot-repot mencarinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *