Tips & Trik

5 Cara Melihat Engagement Instagram Serta Manfaatnya

7
×

5 Cara Melihat Engagement Instagram Serta Manfaatnya

Sebarkan artikel ini

Cara Melihat Engagement Instagram Yang Perlu Dicoba

Sebagai pengguna media sosial, tidak akan asing dengan istilah engagement rate. Digunakan untuk mengukur bagaimana keterlibatan followers, yang mempunyai indikator dengan banyak fungsi. Untuk pemegang media sosial, memang diharuskan mengetahui cara melihat engagement Instagram untuk keberhasilan sebuah konten.

Jika sebuah konten berhasil mendapatkan perhatian dari para followers, maka pengetahuan tentang brand akan menjadi meningkat. Angka engagement ini bisa menjadi sebuah dasar untuk bisa mengetahui kebutuhan audiens dari data jumah interaksi dengan konten yang dihasilkan.

Cara Melihat Engagement Instagram Dengan Mudah

Antara jumlah followers dengan interaksi memang mempunyai pengaruh yang besar terhadap sebuah konten. Sehingga untuk bisa memperoleh keterlibatan yang maksimal, diperlukan perencanaan konten yang matang.Berikut ini pilihan tool yang bisa dipakai untuk melihat engagement sebuah konten dengan mudah:

1. Tanke

Cara melihat engagement Instagram yang mudah bisa melalui tools Tanke. Tools ini sangat populer untuk creative agency. Biasanya digunakan untuk membantu brand dalam membuat sebuah konten menarik dan memilih influencer sebagai bagian dari strategi marketing.

Selain itu, Tanke juga mempunyai sebuah tools yang dipakai untuk mengukur dan melihat engagement sebuah akun. Sehingga bisa digunakan sebagai optimasi konten. Caranya cukup memasukkan nama akun, kemudian klik Analyse.

2. Phlank

Sebuah layanan yang digunakan untuk melihat engagement rate. Agar bisa menggunakannya cukup masuk ke dalam situs tersebut dan masukkan nama akun Instagram yang akan di cek. Setelah itu, akan muncul hasil kalkulator engagement ratenya.

Selain itu, Phlank juga akan menampilkan benchmark untuk sebuah engagement rate. Yang bisa disimpulkan semakin tinggi jumlah followers sebuah akun, yang ideal jumlah engagement ratenya akan menjadi rendah. Hal ini karena adanya perbandingan antara interaksi dengan jumlah followers.

3. Omnifluencer

Tools ini akan memberikan analisa sebuah akun yang lengkap. Tidak hanya menampilkan hasil kalkulator saja, tetapi ada juga data berupa analisa likes serta komentar dari setiap postingan. Menggunakan Omnifluencer sangat direkomendasikan sebagai cara melihat engagement Instagram yang mudah.

Omifluencer juga sangat memungkinkan penggunanya dalam membandingkan kualitas calon influencer sampai 4 akun. Dengan demikian, akan semakin mudah untuk menentukan influencer mana yang tepat.

4. Analisa.io

Merupakan salah satu kalkulator sebuah akun Instagram dengan hasil yang lengkap. Tidak hanya digunakan untuk mengecek engagement rate saja, tetapi tersedia report yang sifatnya komprehensif untuk dapat dibagikan.

Tools ini juga memberikan hasil Analisa top post, hashtag yang populer yang sering dipakai oleh influencer. Tools ini dapat juga digunakan dalam 4 pilihan paket, yaitu basic, plus, premium dan pro.

5. Influencer Marketing Hub

Tools yang satu ini ditujukan untuk bisa menghitung engagement rate seorang influencer. Hasilnya tidak hanya rate dalam persen saja, tetapi juga perkiraan value ataupun harga jual dari influencer setiap post. Data lengkap lainya seperti usia, gender, minat dan data metrik lainnya.

Untuk dapat menggunakan tools ini, diharuskan registrasi terlebih dahulu. Setelahnya bisa memasukan akun dari influencer yang dimaksud.

Manfaat Melihat Engagement Instagram 

Sebagai metrik yang dipakai untuk mengetahui interaksi audiens terhadap konten, engagement menjadi sebuah hal yang sangat penting. Beberapa manfaat mengetahui engagement Instagram adalah:

  • Memberi penilaian pada user experience.
  • Bisa memantau efektivitas sebuah campaign atau iklan.
  • Dalam memantau langsung kinerja kompetitor.

Dengan mengetahui cara melihat engagement Instagram, akan menjadi teknis sederhana yang membantu keputusan tim digital marketing. Selain itu, bisa juga membuat keputusan yang lebih positif pada pemilihan influencer maupun campaign.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *