Tips & Trik

2 Cara Melacak Hp Dengan IMEI Tanpa Aplikasi yang Bisa Dilakukan

×

2 Cara Melacak Hp Dengan IMEI Tanpa Aplikasi yang Bisa Dilakukan

Sebarkan artikel ini
cara melacak hp dengan imei tanpa aplikasi

Hilangnya HP merupakan suatu kejadian yang tentu tidak diinginkan oleh siapapun. Sekarang ini, HP tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, akan tetapi juga dapat menyimpan berbagai data pribadi seperti email dan layanan perbankan digital. Oleh karena itu, mengetahui cara melacak hp dengan imei tanpa aplikasi menjadi suatu keharusan.

International Mobile Equipment Identity (IMEI) merupakan nomor identitas unik yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat ponsel. Setiap HP memiliki satu atau dua nomor IMEI, tergantung pada kemampuan kartu SIM yang dapat digunakan oleh perangkat tersebut.

Namun, bagaimana cara melacak HP menggunakan IMEI secara online tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan? Di bawah ini akan dijelaskan secara detail:

Apa Itu IMEI?

Setiap ponsel memiliki sebuah nomor identifikasi unik yang dikenal sebagai IMEI merupakan singkatan dari kata International Mobile Equipment Identity. IMEI berfungsi sebagai tanda pengenal yang mirip dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi ponsel, membantu dalam pelacakan lokasi dan waktu terakhir ponsel digunakan.

Dengan panjang kira-kira 15 hingga 16 digit, IMEI juga menyimpan informasi terkait jenis dan karakteristik ponsel. Selain itu, IMEI juga mencatat informasi penting lainnya seperti periode garansi, kompatibilitas jaringan, dan penyedia layanan seluler.

Sebagai sistem identifikasi yang unik, IMEI memainkan peran krusial dalam mengidentifikasi dan melacak perangkat elektronik yang terhubung ke jaringan seluler.

Namun, jika nomor IMEI tidak terdaftar dalam pangkalan data resmi, seperti yang diatur oleh Kementerian Perindustrian. Konsekuensinya dapat mencakup pembatasan akses jaringan atau bahkan pemblokiran total terhadap perangkat tersebut.

Anda dapat menggunakan metode USSD untuk melakukan verifikasi IMEI perangkat pengguna. Caranya cukup sederhana. Pertama, buka aplikasi Panggilan di perangkat pintar pengguna. Kemudian, masukkan kode USSD *#06#. Setelah itu, pengguna akan menerima pesan pop-up yang menampilkan nomor IMEI perangkat pengguna. Pastikan untuk mencatat nomor IMEI tersebut. pengguna kemudian dapat menyampaikan nomor IMEI kepada pihak berwenang atau penyedia layanan seluler sesuai kebutuhan, misalnya untuk tujuan pelacakan perangkat.

Cara Melacak Hp yang Hilang Memanfaatkan IMEI

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan IMEI, maka hal selanjutnya yang wajib untuk diketahui yakni bagaimana cara melacak hp dengan imei tanpa aplikasi. Berikut beberapa diantaranya:

1. Menggunakan Situs Find My

Anda bisa menggunakan fitur Find My dari Google untuk melacak ponsel yang hilang. Pastikan pengguna memiliki nomor IMEI ponsel yang hilang sebelumnya.

Jika pengguna tidak mengetahuinya, coba periksa kardus saat pengguna membeli ponsel tersebut. Metode ini lebih efektif jika ponsel masih dalam keadaan menyala, dan pastikan mode lokasi atau GPS sudah diaktifkan.

  • Langkah pertama adalah masuk ke situs Find My.
  • Setelah itu, masukkan nomor IMEI ponsel yang hilang.
  • Tunggu beberapa menit, dan jika pengguna melihat ponsel berada dalam jangkauan dengan tanda seru, klik pada tanda tersebut.
  • Jika lokasi ponsel pengguna berhasil dilacak, segera menuju lokasi tersebut untuk mengambilnya.
  • Setibanya di lokasi, pengguna juga dapat mencoba menyalakan suara ponsel dengan memilih opsi Putar Suara.”

3. Menggunakan Situs Phone Finder

Anda memiliki opsi untuk memanfaatkan alat yang disebut Phone Finder untuk menemukan perangkat pengguna yang hilang. Prosedur untuk menggunakan alat ini cukup sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pastikan pengguna memiliki nomor IMEI perangkat pengguna.
  • Buka peramban web di ponsel atau komputer pengguna.
  • Akses situs web my-phone.finder.com melalui peramban pengguna.
  • Isikan nomor IMEI perangkat pengguna ke dalam kolom yang disediakan.
  • Klik tombol Cari untuk memulai proses pelacakan perangkat yang hilang.

Itulah uraian terkait dengan cara melacak hp dengan IMEI tanpa aplikasi. Dalam uraian ini telah diberikan dua cara yang bisa dipilih untuk melacak Hp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *