Tips & Trik

Yuk, Nostalgia! Begini Cara Main Game PS2 di PC dengan Benar

9
×

Yuk, Nostalgia! Begini Cara Main Game PS2 di PC dengan Benar

Sebarkan artikel ini

Cara Main Game PS2 di PC, Nostalgia yang Seru dan Menyenangkan

Siapa yang tak kenal dengan PS2? Generasi 2000-an pasti sudah familiar dengan barang ini. PlayStation 2 (PS2) adalah konsol gaming kedua yang dikeluarkan oleh Sony. Game PS2 yang seru ini, membuat para gamers rindu untuk memainkannya. Kini, ada cara main game PS2 di PC yang dapat dilakukan.

Konsol game ini sangat digemari karena memiliki grafis 3D yang keren. Tak heran jika PS2 ini menjadi yang paling laris dan sukses dibanding konsol game lainnya. Kini, hanya bermodal PC/laptop dan emulator saja, bermain game PS2 dapat terwujud. Lalu, bagaimana langkah-langkahnya? Simak penjelasan berikut!

Mengenal Emulator PS2 di PC

Emulator adalah aplikasi yang digunakan untuk memainkan PS2 di PC. Emulator yang digunakan adalah PCSX2. PCSX2 cocok digunakan pada sistem operasi Windows, Linux, Mac OS, dan Android. Spesifikasi PC yang digunakan harus memenuhi syarat minimum PCSX2 sebagai berikut:

  • OS: Windows Vista SP2 atau GNU/Linux (32-bit & 64-bit)
  • Pentium 4 atau Athlon64 @ 1600 STR
  • DirectX 10
  • Memiliki RAM 2 GB

Pastikan PC yang digunakan sudah memenuhi syarat minimum di atas. Tentu akan lebih baik lagi jika spesifikasi PC lebih tinggi dari syarat minimumnya. Hal ini akan sangat mempengaruhi performa saat bermain game PS2 di PC nantinya.

Cara Main Game di PC dengan Emulator

Di era yang semakin canggih ini, untuk bermain game PS2 sudah tidak memerlukan konsol dan kaset fisiknya. Game PS2 dapat diakses melalui PC dengan beberapa aplikasi, salah satunya adalah emulator. Cara memainkannya pun terbilang mudah. Berikut langkah mudah dan cepat untuk memainkan game PS2 di PC:

  • Download secara gratis aplikasi PCSX2 di https://pcsx2.net/downloads/. PCSX2 juga membutuhkan aplikasi BIOS untuk memainkan game PS2. Maka, silakan download BIOS di sini https://coolrom.com.au/bios/ps2/.
  • Kemudian, install PCSX2 dan pilih “Normal Configuration”. Lalu, klik “Next” sampai menemukan menu “Configuration”. Pada menu ini, klik PAD dan pilih controller untuk bermain, seperti keyboard atau joystick.
  • Selanjutnya, klik “Next” sampai menemukan halaman BIOS. Extract file BIOS dan pindahkan file tersebut ke folder C:DocumentsPCSX2bios. Kemudian, klik menu “Refresh List” dan PCSX2 akan mendeteksi BIOS.
  • Setelah melakukan langkah di atas, maka opsi BIOS akan muncul. Kemudian, pilihlah opsi yang paling bawah, yaitu BIOS USA. Lalu, klik menu “OK”. Pada tahap ini, emulator sudah bisa dijalankan.
  • Download file ISO game terlebih dahulu. Selanjutnya, klik menu “CDVD” pada PCSX2, lalu klik “Iso Selector”. Setelah itu, pilih file ISO game. Kemudian klik “System”, lalu klik “Boot ISO (Full)”

Main Game PS2 Tanpa Lag, Lakukan Cara Ini!

Bagi pecinta game, bermain game tanpa hambatan adalah sebuah impian. Oleh karena itu, supaya bermain game PS2 di PC berjalan lancar dan tidak lag, coba lakukan langkah-langkah ini. Pasalnya, cara main game PS2 di PC ini terbilang mudah:

  • Buka PCSX2, lalu klik “Config”. Kemudian, klik “Video (GS)” dan klik “Plugin Setting”.
  • Atur menjadi, Adapter = Pilih VGA utama yang dipakai oleh PC. Renderer = Direct3D9 Hardware. Internal Resolution = Custom. Custom Resolution = Sesuai kebutuhan. Texture Filtering = Nearest. Pengaturan Lainnya = Bisa disesuaikan
  • Selanjutnya, klik menu “Config”. Lalu, klik “Video (GS) dan pilih “Windows Settings”. Kemudian, ubah Aspect Ratio ke Widescreen (16:9).
  • Langkah selanjutnya adalah klik menu “Config” lagi. Pilih “Audio (SPU2)”, lalu klik “Plugin Settings”. Kemudian atur sesuai dengan ketentuan.

Demikian cara main game PS2 di PC dengan menggunakan emulator. Sekarang, game PS2 sudah bisa dimainkan di PC. Rasakan keseruan dan nostalgia game PS2 bersama teman-teman. Adapun cara di atas sebenarnya bisa dipilih sesuai dengan perangkat yang hendak digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *