Tips & Trik

Inilah Cara Kirim File Besar Lewat Email yang Pasti Berhasil

×

Inilah Cara Kirim File Besar Lewat Email yang Pasti Berhasil

Sebarkan artikel ini

Begini Cara Kirim File Besar Lewat Email dengan Mudah

cara kirim file besar lewat email

Umumnya, diketahui bahwa tidak ada cara kirim file besar lewat email. Padahal, apabila ditelusuri secara teliti, sebenarnya ada cara mengirim file yang berukuran besar meskipun melalui email. Cara tersebut pun sebenarnya cukup ringan dan mudah dilakukan.

Seperti yang diketahui, email khususnya Gmail hanya mengizinkan file yang dikirim maksimal berukuran 25 MB. Apa yang terjadi apabila file yang ingin dikirim berukuran lebih dari itu? Berikut ini akan dijelaskan beberapa macam caranya:

Macam Macam Cara Kirim File Besar

Umumnya, orang menggunakan Gmail sebagai akun komunikasi utama dalam email. Untuk itu, berikut ini adalah cara utama yang digunakan untuk mengirim file besar melalui Gmail. Pendeknya, ada 3 macam cara yang tersedia. Jenis-jenis cara tersebut adalah:

1. Kompres File

Cara pertama untuk sukses mengirim file besar melalui email adalah dengan mengompres file. Apabila file dilakukan compressing sebelum dikirim, maka file akan punya kesempatan untuk berubah menjadi lebih kecil. Dengan begitu, kesempatan untuk mengirim file yang besar jadi lebih terlihat.

Ada banyak contoh aplikasi atau website untuk mengkompres file. Kecilkan ukuran file dengan bantuan aplikasi atau website tersebut, kemudian baru setelahnya file bisa dikirim melalui email. Hal ini memiliki kesempatan berhasil yang cukup besar, namun ada juga kemungkinan file bisa turun kualitasnya.

2. Pisah Pisahkan File

Cara kedua yang bisa diikuti agar sukses mengirim file besar di email adalah dengan memisah-misahkan file. Ini bisa berlaku untuk file yang berbentuk foto atau video. Hanya saja, kekurangan cara ini adalah pengiriman jadi memiliki tinggi kuantitasnya.

Apabila file yang dikirim adalah foto, maka ini akan menjadi lebih mudah. Cukup pisahkan file foto menjadi dua atau tiga bagian dan kirimkan satu persatu. 

Namun, apabila yang dikirim adalah video, mungkin ini akan menjadi lebih berbelit. Pengirim harus tetap memisahkan video menjadi dua atau tiga bagian agar file sukses terkirim.

3. Gunakan Cloud Storage

Langkah ketiga dalam cara kirim file besar lewat email adalah menggunakan metode Cloud Storage. Seperti yang diketahui, Cloud Storage adalah sebuah wadah penyimpanan yang mana bisa diakses untuk segala jenis file. Cloud Storage juga dapat menyimpan file yang berukuran besar.

Caranya adalah pengguna harus mengakses halaman Google Drive terlebih dahulu. Kemudian pastikan bahwa file yang akan dikirim sudah jadi dan tersimpan di Google Drive. Kemudian tekan menu share file dan pilih metode share, misalnya dengan membagikan link. Tempel link tersebut di pesan Gmail.

Kirim File Besar dengan Outlook 

Email tidak hanya ada dalam bentuk Gmail saja. Salah satu bagian email yang lain adalah Outlook. Bagi yang tidak tahu Outlook, jadi Outlook adalah salah satu media mengirim pesan yang sama persis seperti Gmail. Adapun langkah untuk menggunakannya yakni:

  • Buka browser Chrome lalu ketikkan OneDrive. 
  • Akses OneDrive dan masukkan alamat email akun Outlook. 
  • Kemudian, unggah file yang tadinya ada di perangkat ke dalam OneDrive. Lakukan dengan menekan menu upload.
  • Buka akun Outlook.
  • Masukkan alamat email yang sesuai.
  • Pilih menu ‘new message’.
  • Klik kumpulan ikon, lalu pilih menu lampirkan file.
  • Pilih file secara langsung dari OneDrive. Pengiriman bisa berbentuk link atau attach langsung.
  • Ketikkan alamat penerima dengan benar.
  • Kirim file.

Itulah beberapa metode alias cara kirim file besar lewat email paling dianjurkan untuk digunakan. Selain menggunakan Gmail atau Outlook, email juga memiliki media komunikasi lain yaitu Yahoo. Mengirim file besar lewat email juga bisa dilakukan di Yahoo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *