Tips & Trik

Cara Kerja Cloud Computing yang Perlu Diperhatikan

24
×

Cara Kerja Cloud Computing yang Perlu Diperhatikan

Sebarkan artikel ini

Begini Cara Kerja Cloud Computing yang Perlu Diketahui

Cara kerja cloud computing sebenarnya akan mempermudah sebuah perusahaan dalam mengolah maupun menyimpan sebuah data. Oleh karena itu, berbagai perusahaan yang telah berkembang semakin tertarik untuk menggunakan cloud computing ini. Bagi pemula juga bisa menggunakannya untuk pengolahan data perusahaan maupun personal.

Tentunya penggunaan cloud computing ini akan membantu sebuah perusahaan mengakses data dimanapun dan kapanpun. Bagi seorang pemimpin hal tersebut tentunya akan membantu dalam memonitoring pekerjaan yang dilakukan oleh karyawannya. Simak uraian berikut ini untuk penjelasan lebih lanjut terkait cloud computing: 

Pengertian Cloud Computing

Bagi yang belum memahami apa itu cloud computing secara jelas, maka bisa diartikan dengan sistem pengelolaan data dengan jaringan internet. Hal tersebut, memungkinkan internet sebagai server untuk melakukan pengaturan didalamnya. 

Akibatnya beberapa pengguna dapat terhubung satu sama lain dan melakukan proses pengolahan data. Beberapa manfaat yang ditawarkan cloud computing sendiri, salah satunya memudahkan dalam mengatur penyimpanan data. 

Penyimpanan yang disediakan jauh lebih besar dan aman dalam cloud computing, karena tidak masuk dalam memori komputer. Selain itu apabila menggunakan cloud computing, tugas komputasi akan dilakukan oleh perangkat CPU, OS dan lain sebagainya.

Cara Kerja Cloud Computing

Sistem kerja yang dipakai cloud computing ini memerlukan untuk terhubung dengan jaringan internet. Hal tersebut nantinya pengguna cukup dengan login pada sistem yang tersedia untuk mengakses data yang dibutuhkan. Sedangkan untuk penyimpanan datanya menggunakan virtual, sehingga tidak mengurangi memori komputer.

Secara garis besar, cloud computing akan memanfaatkan internet sebagai pusat server dalam mengolah data di dalamnya. Selain itu pengguna cukup mengirimkan perintah yang nantinya disampaikan ke server. Selanjutnya server akan menyajikan data yang ingin diakses melalui perintah tersebut.

Layanan Cloud Computing

Dalam cara kerja dari cloud computing sendiri didasari oleh beberapa fungsi atau layanan yang disediakan di dalamnya. Oleh karena itu, cloud computing akan dibedakan jenisnya menurut layanan yang digunakan.

Sehingga perlu memilih layanan seperti apa untuk bisa memanfaatkan cloud computing sesuai tujuan yang diinginkan. Layanan yang disediakan oleh cloud computing ini tidak hanya bisa dinikmati secara personal saja namun juga berbagai organisasi.

Berdasarkan hal tersebut layanan cloud computing dibagi menjadi 4, layanan ini bisa dipilih sesuai kebutuhan. Simak uraian dibawah ini untuk penjelasan lebih lanjutnya: 

  • Platform As A Service, layanan ini berfungsi untuk membuat web tanpa memikirkan pengelolaan servernya.
  • Serverless Computing, memiliki fungsi memaksimalkan kinerja sebuah web hanya dengan melakukan coding dan mengupload database.
  • Infrastructure as a service, layanan penyewaan untuk sistem penyimpanan, sistem operasi dan jaringan.
  • Software as a service, menyediakan software aplikasi jadi yang siap dipakai.

Manfaat Menggunakan Cloud Computing

Perlu diketahui bagi yang ingin memulai menggunakan cloud computing bisa mengetahui beberapa manfaat penggunaannya. Manfaat ini tentunya akan diberikan bagi pengguna cloud computing untuk mempermudah aktivitas pekerjaan. Diantara manfaat yang diberikan yakni keamanan data yang diberikan terjamin, anti hilang.

Selain itu, lebih efisien dan efektif digunakan untuk menyimpan sebuah data agar aman dibanding harddisk. Manfaat yang didapat lainnya yakni fleksibel dan mudah diakses dimanapun dan kapanpun dibutuhkan. Terakhir, biaya yang dibutuhkan untuk penggunaan cloud computing lebih terjangkau daripada harddisk.

Demikian uraian terkait dengan cara kerja cloud computing yang bisa diketahui dan dipahami bagi yang ingin memulai menggunakannya. Penjelasan diatas tentunya bisa dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan menggunakan cloud computing. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *