Tips & Trik

3 Cara Hapus Cache Samsung Langsung Dari Perangkat Hp

×

3 Cara Hapus Cache Samsung Langsung Dari Perangkat Hp

Sebarkan artikel ini
cara hapus cache samsung

Bagi pengguna hp Samsung, cara hapus cache Samsung ada baiknya untuk dimengerti dan dipahami. Hal itu karena penghapusan cache seringkali dapat mengatasi masalah hp yang lemot atau bahkan koneksi jaringan internet yang tidak berjalan sebagaimana mestinya dan seperti biasanya.

Setiap perangkat seluler, termasuk Samsung, cenderung menyimpan data cache dari aplikasi dan situs yang diakses. Cache ini berfungsi sebagai penyimpanan sementara untuk meningkatkan kinerja penggunaan ponsel.

Pengguna dapat dengan mudah menghapus cache di HP Samsung sesuai kebutuhan dengan cara-cara berikut ini:

1. Dengan Melalui Menu Setting / Pengaturan HP Samsung yang Digunakan

Untuk menghapus cache di perangkat HP Samsung, langkah-langkahnya bisa dilakukan melalui menu pengaturan yang tersedia di perangkat tersebut. Berikut adalah panduan singkat untuk melakukan hal tersebut:

  • Silahkan buka pengaturan di perangkat Samsung yang digunakan. Di berbagai model HP Samsung, menu pengaturan dapat diakses melalui menu setting.
  • Pada layar utama, pilih opsi pemeliharaan. Meskipun namanya mungkin sedikit berbeda tergantung pada modelnya, pengguna dapat mencari menu perawatan atau pemeliharaan perangkat serta baterai.
  • Langkah berikutnya adalah membersihkan cache. Caranya, masuk ke menu Penyimpanan atau Memory. Di beberapa model HP Samsung, terdapat opsi untuk membersihkan cache langsung dari menu ini. Namun, pada model lain, pengguna mungkin perlu mencari opsi Sampah dan mengklik ikon tong sampah untuk membersihkan cache.
  • Tunggu proses pembersihan cache selesai tanpa harus melakukan apa pun. Proses ini akan berjalan secara otomatis setelah pengguna memilih opsi bersihkan cache.

2. Menggunakan Menu File Manager

Pada hp Samsung biasanya ada menu file manager. Nah melalui menu itu, pengguna juga dapat melakukan cara hapus cache Samsung dengan mudahnya.

  • Silakan akses menu yang disebut File Manager atau File saya.
  • Pada perangkat seluler, pengguna dapat membukanya dengan memilih Ikon Folder atau File yang sesuai.
  • Setelah itu, navigasikan ke menu pengaturan. Pengguna dapat melakukannya dengan menekan Ikon titik tiga dan mencari serta memilih menu pengaturan.
  • Aktifkan opsi tampilkan file yang tersembunyi di menu tersebut.
  • Lakukan pembersihan cache sesuai kebutuhan. Pengguna dapat memilih penyimpanan mana yang hendak dibersihkan cache-nya, termasuk file tersembunyi yang mungkin menjadi sampah.

3. Dengan Menggunakan Device Care

Selain menu Setting dan file manager, ada satu lagi fitur yang tersedia di hp Samsung yang dapat digunakan untuk menghapus cache. Fitur tersebut bernama Device Care.

Namun perlu dipahami mungkin fitur ini hanya tersedia pada hp Samsung seri-seri tertentu. Jadi tidak semua hp Samsung ada fitur ini.  Untuk itu harus dipastikan dulu hp Samsung yang digunakan punya fitur atau menu ini.

Adapun fitur Device Care biasanya akan tertampil dalam menu Pengaturan. Nah jika sudah dipastikan bahwa hp Samsung yang digunakan memiliki fitur Device Care, maka pengguna bisa melakukan cara penghapusan cache dengan rincian langkah sebagai berikut:

  • Akses Pengaturan di perangkat HP Samsung.
  • Pilih opsi Perawatan Perangkat dari menu yang tersedia.
  • Klik pada opsi memori untuk melanjutkan proses.
  • Temukan jumlah cache yang terpakai di sini.
  • Lanjutkan dengan mengklik menu yang ditandai dengan Hps skg atau Hapus Sekarang.
  • Tunggu hingga muncul notifikasi yang mengonfirmasi bahwa cache telah dihapus dengan sukses.

Demikianlah uraian serta penjelasan langkah-langkah cara hapus cache Samsung. Jadi sebaiknya penghapusan cache di hp Samsung sebisa mungkin dilakukan secara rutin. Tujuan dari hal itu tentunya agar kinerja hp tetap terjaga dan tidak mengalami kendala yang berarti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *