Tips & Trik

3 Cara Hapus Aplikasi Bawaan Samsung, Solusi Ruang Penyimpanan Hampir Penuh

×

3 Cara Hapus Aplikasi Bawaan Samsung, Solusi Ruang Penyimpanan Hampir Penuh

Sebarkan artikel ini
cara hapus aplikasi bawaan samsung

Cara hapus aplikasi bawaan Samsung sebenarnya bisa dilakukan. Akan tetapi mungkin banyak pengguna hp Samsung yang belum tahu caranya. Nah cara ini bisa dilakukan pada saat di hp Samsung memperlihatkan notifikasi ruang penyimpanan hampir penuh.

Pengguna dari berbagai merek ponsel seluler biasanya akan menemukan banyak aplikasi bawaan yang sudah terpasang di perangkat mereka. Hal ini juga berlaku untuk pengguna ponsel Samsung.

Tidak semua aplikasi bawaan tersebut selalu dibutuhkan oleh pengguna. Karena itu, penting bagi pengguna untuk mengetahui metode untuk menghapus aplikasi bawaan Samsung guna membebaskan ruang penyimpanan.

Terdapat beberapa aplikasi bawaan yang mungkin jarang atau bahkan tidak pernah digunakan oleh pengguna. Meskipun beberapa pengguna mungkin memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut, namun banyak juga yang merasa bahwa aplikasi tersebut tidak diperlukan dan hanya menjadi gangguan. Untuk itu, berikut beberapa cara untuk menghapus aplikasi bawaan Samsung yang tidak diinginkan.

1. Dengan Fitur Disable

Metode pertama yang bisa dipakai untuk menghilangkan aplikasi bawaan Samsung ialah dengan memanfaatkan opsi Disable. Sebenarnya perlu diketahui bahwa cara ini tidak menghilangkan secara utuh aplikasi-aplikasi bawaan tersebut, namun hanya menyembunyikan serta menonaktfikannya saja.

Meski demikian, cara ini terbukti efektif dalam menyembunyikan aplikasi yang tidak terpakai oleh pengguna. Selain itu dengan cara ini juga dapat mengurangi beban kerja ruang penyimpanan sehingga akan menghilangkan notifikasi ruang penyimpanan hampir penuh. Berikut rincian langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan di perangkat HP Samsung.
  • Navigasikan ke opsi Aplikasi di dalam menu.
  • Pilih aplikasi yang hendak dinonaktifkan dari daftar yang tersedia.
  • Setelah itu, cari dan ketuk opsi Disable untuk menonaktifkan aplikasi tersebut.
  • Konfirmasikan tindakan tersebut dengan mengetuk Ok saat muncul notifikasi untuk menonaktifkan aplikasi.
  • Setelah semua langkah selesai dilakukan, aplikasi yang dipilih akan dinonaktifkan secara efektif.
  • Jika suatu saat ingin mengaktifkan kembali aplikasi tersebut, pengguna dapat mengulangi langkah-langkah di atas dan memilih opsi Enable.

2. Menggunakan Link2SD

Aplikasi ini memiliki dua fungsi utama, yang pertama memungkinkan pengguna untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD. Kedua membantu dalam menghapus bloatware.

Namun, agar dapat menghapus aplikasi menggunakan aplikasi ini, pengguna harus melakukan proses root pada perangkat, dengan panduan yang tersedia secara online.

Jika hp sudah berada pada kondisi rooted, begini rincian cara hapus aplikasi bawaan Samsung dengan menggunakan Link2SD:

  • Pastikan sudah mengunduh dan menginstal aplikasi bernama Link2SD.
  • Segera akses opsi yang berlabel Uninstall di dalam menu aplikasi Link2SD tersebut.
  • Jika muncul notifikasi yang menyampaikan risiko penghapusan aplikasi, silahkan pilih Ok apabila telah memahami konsekuensinya.
  • Harap bersabar beberapa saat hingga proses penghapusan aplikasi selesai.

3. Memakai Root Explorer

Langkah selanjutnya untuk menghapus aplikasi bawaan Samsung adalah dengan memanfaatkan Root Explorer. Seperti halnya Link2SD, Root Explorer juga memerlukan proses rooting pada perangkat Samsung pengguna.

Setelah proses rooting selesai, pengguna dapat mengunduh dan menggunakan Root Explorer tanpa hambatan. Untuk langkah caranya akan dirincikan di bawah ini:

  • Mulailah dengan membuka aplikasi Root Explorer.
  • Setelah itu, cari dan pilih opsi Mount as R/W dari menu yang tersedia.
  • Langkah berikutnya adalah membuka Folder System di dalam aplikasi.
  • Setelah itu, carilah aplikasi yang hendak dihapus.
  • Terakhir, klik opsi Delete untuk menghapus aplikasi tersebut dari perangkat seluler Samsung yang digunakan.

Nah itulah uraian serta penjelasan cara hapus aplikasi bawaan Samsung. Jadi pengguna bisa lakukan cara tersebut untuk menghemat ruang penyimpanan agar tidak muncul notifikasi ruang penyimpanan hampir penuh pada hp Samsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *