Tips & Trik

Paling Mudah! Cara Copy Teks Dari Gambar Di Android Menggunakan Aplikasi Dan Tanpa Aplikasi

5
×

Paling Mudah! Cara Copy Teks Dari Gambar Di Android Menggunakan Aplikasi Dan Tanpa Aplikasi

Sebarkan artikel ini

Teknologi sudah semakin canggih sehingga segala macam pekerjaan dan kegiatan semakin mudah. Seperti halnya dalam dunia tulis menulis. Jika dulu untuk menyalin tulisan yang berbentuk gambar harus dengan mengetik manual, kini ada cara copy teks dari gambar di Android sehingga tidak perlu repot mengetik ulang.

Tulisan dari gambar ini dapat disalin dalam format word mau pun format PDF. Untuk menyalin teks berbentuk gambar ini ada banyak cara yang bisa dilakukan. Penjelasan lebih lanjut mengenai cara copy teks dari gambar di Android adalah di bawah ini:

Menggunakan Aplikasi Pemindai Teks OCR

Cara copy teks dari gambar di Android yang pertama yaitu dengan memanfaatkan berbagai aplikasi penyedia jasa copy teks dari gambar seperti aplikasi Pemindai Teks OCR. Cara kerjanya sangat mudah sekali. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, silahkan perhatikan beberapa langkah berikut ini:

  • Pertama-tama pastikan telah memiliki aplikasi Pemindai Teks OCR yang telah terinstall di Android yang akan dipakai untuk menyalin teks.
  • Jika sudah ada aplikasinya maka langsung saja buka aplikasi Pemindai Teks OCR.
  • Selanjutnya jangan lupa untuk menyiapkan gambar yang berisi tulisan yang akan di copy.
  • Atau pengguna bisa memanfaatkan fitur kamera untuk mengambil gambar lalu memindai gambar untuk dijadikan teks word atau pdf.
  • Jika gambar telah tersedia silahkan klik pindai dan tunggulah beberapa saat hingga proses konversi teks dari gambar sukses.
  • Usahakan ketika mengambil gambar harus dengan jelas agar ketika dipindai tidak ada teks yang hilang.
  • Jika proses convert telah selesai jangan lupa untuk mengecek ulang naskah sebelum nantinya disimpan.
  • Jika sudah yakin bahwa tidak ada teks yang terlewat selanjutnya silahkan simpan hasil convert dalam dua opsi pilihan. Opsi pertama yaitu dalam bentuk text (word) dan opsi yang kedua yaitu pdf.
  • Jika sudah menentukan untuk memilih salah satu opsi, selanjutnya silahkan klik simpan. Dengan begitu maka proses copy teks dari gambar telah sukses.

Selain aplikasi Pemindai Teks OCR ini masih ada banyak lagi aplikasi-aplikasi lain yang bisa dimanfaatkan untuk mengcopy teks dari gambar di smartphone Android dengan mudah. Contohnya seperti aplikasi OCR Text Fairy dan masih banyak lagi.

Mengcopy Teks Dari Gambar Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara copy teks dari gambar di Android juga bisa dilakukan tanpa aplikasi. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyalin teks dari gambar di Android tanpa menggunakan aplikasi tambahan adalah:

  • Pertama-tama silahkan buka Google Photos yang ada di Android.
  • Setelah itu silahkan cari gambar dengan tulisan yang ingin disalin. Selanjutnya Google Lens dengan otomatis akan mendeteksi tulisan yang terkandung dalam gambar yang telah dipilih sebelumnya.
  • Kemudian silahkan pilih opsi “Copy text from image”, lalu pilih opsi “Copy text”.
  • Pengguna juga bisa mengatur sendiri tulisan mana yang akan disalin dari gambar ke clipboard.
  • Selanjutnya silahkan olah tulisan yang sudah disalin tadi sesuka hati. Apakah akan disalin ke word atau ke pesan WhatsApp dan lain sebagainya.

Nah demikianlah penjelasan mengenai cara copy teks dari gambar di Android menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi dengan sangat mudah dan simpel. Dengan adanya teknologi seperti ini pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *