Tips & Trik

Cara Convert Pdf Ke Excel Baik Secara Online Maupun Offline

×

Cara Convert Pdf Ke Excel Baik Secara Online Maupun Offline

Sebarkan artikel ini
cara convert pdf ke excel

Cara convert PDF ke excel bisa dilakukan pada saat menerima email dalam bentuk PDF yang isinya berupa data-data. Hal itu karena jika formatnya masih PDF, untuk mengedit file tersebut cenderung atau bisa terbilang cukup sulit. Akan lebih mudah tentunya jika mengedit dengan menggunakan excel.

Pekerjaan mengolah dokumen di Microsoft Excel secara langsung memberikan kenyamanan dan kemudahan tersendiri. Tetapi, bagaimana jika data yang diperlukan tersaji dalam format PDF? Di sinilah konversi PDF ke Excel menjadi langkah yang tak terelakkan.

PDF (Portable Document Format) yang dikembangkan oleh Adobe Systems mampu menyimpan berbagai jenis data, mulai dari teks, vektor, hingga garis-garis kompleks. Meskipun memudahkan pertukaran dokumen, format PDF dikenal sulit untuk diedit. Nah berikut adalah cara untuk mengubah file PDF menjadi excel dengan penjelasan serta langkahnya.

Convert PDF ke Excel Secara Online

Hampir semua hal yang terkait convert sekarang bisa dilakukan secara online. Termasuk converting PDF ke excel juga dapat dilakukan secara online. Karena secara online tentunya dalam hal ini menggunakan bantuan situs web converter. Nah berikut caranya untuk bisa mengubah file PDF menjadi excel dengan web converter:

1. Menggunakan SmallPDF

Untuk menggunakan smallPDF.com, langkah-langkahnya cukup sederhana. Situs ini menyediakan fitur untuk mengonversi PDF ke Excel dengan hasil yang akurat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka smallPDF.com melalui browser favorit pengguna.
  • Setelah halaman situs terbuka, cari opsi PDF to Excel dari berbagai pilihan yang tersedia.
  • Klik Choose File untuk memilih file PDF yang ingin dikonversi ke Excel.
  • Pilih file yang diinginkan, kemudian pilih opsi Convert to Excel atau Convert to Excel with OCR, tergantung apakah file tersebut hasil scan atau bukan.
  • Jika file bukan hasil scan, pilih opsi pertama. Setelah itu, klik Choose Option dan proses konversi akan dimulai.
  • Setelah proses selesai, klik Download untuk mengunduh file Excel yang telah dikonversi.

2. Menggunakan Situs Adobe

Adobe sebagai pengembang file PDF tentunya juga menyediakan fasilitas converter. Proses konversi ini dapat dilakukan secara online dan tidak memerlukan keahlian khusus. Berikut adalah rincian langkah untuk melakukan converting file PDF menjadi excel dengan situs adobe:

  • Untuk memulai, akses situs Adobe menggunakan browser di laptop. Ketik alamat https://www.adobe.com/acrobat/online/PDF-to-excel.html dan tekan tombol Enter.
  • Setelah halaman konverter Adobe terbuka, pilih opsi Select File dan tentukan file PDF akan diubah menjadi excel.
  • Selain menggunakan Select File, pengguna juga dapat melakukan langkah Drag and Drop file ke area yang ditentukan jika sudah menemukan file yang ingin dikonversi. Setelah itu, klik Open dan proses convert akan dimulai.
  • Biarkan proses konversi berjalan sampai usai. Kemudian, Download untuk mengunduh file hasil konversi. Tunggu hingga proses pengunduhan usai.
  • Terakhir, periksa folder Download untuk memastikan bahwa dokumen telah terunduh dengan benar. Sekarang, file Excel yang sebelumnya berupa PDF sudah siap untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Convert PDF ke Excel Langsung di Ms Excel

Selain dengan cara online, untuk melakukan convert dari PDF menjadi excel bisa juga dilakukan secara offline dengan menggunakan Excel itu sendiri. Namun disini versi excel yang bisa digunakan untuk converting adalah dari office 365. Berikut rincian langkahnya:

  • Untuk memulai, buka program Excel di laptop dan akses menu Data.
  • Di dalam menu tersebut, carilah opsi Get Data dan klik panah yang mengarah ke atas dan ke bawah.
  • Selanjutnya, pilih From File dan pilih From PDF.
  • Proses selanjutnya adalah pengguna diminta untuk memilih file PDF yang ingin dikerjakan.
  • Setelah menemukannya, pilih Import.
  • Layar akan langsung dialihkan ke kotak Navigator, di mana pengguna dapat memilih tabel untuk memasukkannya ke dalam dokumen Excel.
  • Selanjutnya tinggal tekan Load to dan kemudian OK. Dengan menggunakan langkah-langkah ini, pengguna dapat membuka dan menyimpan data dari file PDF yang sebelumnya tidak dapat diedit dalam format Excel.

Demikianlah cara convert PDF ke excel. Ada 2 cara yang bisa digunakan yakni online dan offline. Pengguna bisa coba semua supaya tahu cara mana yang lebih efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *