Tips & Trik

Ini Dia 5 Cara Cek Windows 10 Ori yang Bisa Dipilih oleh Pengguna, Yuk Dicoba!

×

Ini Dia 5 Cara Cek Windows 10 Ori yang Bisa Dipilih oleh Pengguna, Yuk Dicoba!

Sebarkan artikel ini

Cara Cek Windows 10 Ori, Ini 5 Caranya

cara cek windows 10 ori

Ragu Windows 10 yang terpasang di laptop itu asli atau tidak setelah membeli? Tenang! Terdapat cara cek Windows 10 ori yang bisa dilakukan secara mandiri oleh pengguna. Hasilnya pasti valid dan bisa menjadi bukti Windows yang terpasang original. Begini caranya:

1. Melalui Command Prompt

Merupakan sebuah antarmuka yang berisi baris perintah untuk laptop dan PC yang memakai sistem operasi Windows, Command Prompt atau CMD bisa digunakan untuk mengecek keaslian Windows.

Pengguna Windows dapat mengecek keaslian Windows-nya menggunakan CMD ini dengan memasukkan sebuah coding sederhana. Begini cara mengeceknya:

  • Klik ‘Start’ pada Taskbar, kemudian ketiklah ‘Command Prompt’ pada kolom pencarian, lalu pencetlah tombol ‘Enter’.
  • Jika sudah muncul dialog box berlatar hitam bertuliskan ‘Command Prompt’ di sisi kiri atasnya, ketik ‘slmgr/xpr’ (tanpa tanda petik).
  • Apabila Windows yang pengguna gunakan asli, akan muncul dialog box ‘Windows Script Host’. Didalamnya akan tertulis ‘This machine is permanently activated’.

2. Melalui Fitur Run

Jika pengguna ingin menggunakan cara yang cepat, fitur Run bisa menjadi pilihan. Cara ini terbilang cukup mudah, karena pengguna cukup memanfaatkan shortcut keyboard dan memasukkan sebuah perintah sederhana. Setelah itu, keaslian Windows bisa langsung dipastikan penggunanya. Begini cara menggunakannya:

  • Pencetlah tombol berlogo Windows dan huruf R pada keyboard laptop.
  • Jika sudah muncul dialog box ‘Run’, masukkan perintah ‘slmgr.vbs/dli’ (tanpa tanda petik).
  • Akan muncul dialog box Windows Script Host. Di dalamnya tercantum Name, Description, Partial Product Key, dan License Status.
  • Jika Windows original, nama yang akan tercantum adalah Windows atau Microsoft, dan pada bagian License akan tertulis Licensed. Lalu jika Windows bukan bajakan, tidak akan tertulis tanggal kadaluarsa.

3. Melalui Activation Settings

Apabila takut memasukkan command pada Command Prompt dan Run, pengguna bisa menggunakan cara cek Windows 10 ori melalui Activation Settings. Dengan menggunakan cara ini pengguna tidak perlu memasukkan command, cukup dengan meng-klik menu di menu saja. Ini dia langkah-langkah melakukannya:

  • Pengguna bisa langsung menuju ke Windows Setting. Caranya, pencetlah tombol berlogo Windows lalu huruf I.
  • Apabila menu Windows Setting sudah terbuka, scroll sampai menemukan opsi ‘Update & Security’, kemudian klik opsi tersebut.
  • Lalu, klik opsi ‘Activation’. Apabila tertulis bahwa Windows sudah diaktifkan dengan digital license, tandanya Windows yang pengguna gunakan memang original dan asli.

4. Melalui Control Panel

Control Panel pasti akan terdengar familiar bagi pengguna setia Windows. Pada Control Panel, pengguna bisa mengatur segala hal yang berkaitan dengan laptop, baik software maupun hardware-nya. Tentunya, dengan Control Panel pengguna juga bisa melihat keaslian Windows di laptopnya. Berikut caranya:

  • Klik ‘Start’ pada Taskbar. Ketiklah ‘Control Panel’ pada kolom pencarian, kemudian pencetlah tombol ‘Enter’.
  • Pilih menu ‘System & Security’ jika tampilan ‘Control Panel’ sudah terbuka.
  • Setelah itu pilihlah menu ‘System’. Nantinya akan terlihat informasi dasar mengenai komputer pengguna.
  • Lihat pada bagian ‘Windows Activation’. Jika Windows ori, akan tertulis ‘Windows is activated’. Product ID juga akan terpampang di bawah tulisan activated tersebut.

5. Melalui This PC

This PC akan langsung mengantarkan pengguna ke keterangan mengenai keaslian Windows tanpa perlu banyak mengklik menu atau mengetik command. Tampilan yang muncul akan sama dengan tampilan jika mencari dari Control Panel. Namun, cara ini lebih singkat. Berikut caranya:

  • Ketiklah ‘This PC’ pada kolom pencarian yang muncul setelah mengklik ‘Start’ pada Taskbar.
  • Klik kanan pada program ‘This PC’ yang muncul, kemudian pilih ‘Properties’.
  • Nantinya akan muncul tampilan ‘System’. Carilah bagian yang bertuliskan ‘Windows Activation’.
  • Jika pengguna melihat tulisan ‘Windows is activated’ disertai dengan Product ID, tandanya Windows pengguna tersebut original.

Itulah 5 cara cek Windows 10 ori yang bisa pengguna pilih sesuai dengan kebutuhan. Gunakanlah cara-cara di atas untuk mengecek keaslian Windows, terutama ketika pertama kali membeli perangkat laptop. Hal itu untuk mencegah oknum tertentu meraup keuntungan dengan menginstall Windows bajakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *