Tips & Trik

Inilah 5 Cara Cek Saldo e Toll Tanpa NFC dengan Mudah

9
×

Inilah 5 Cara Cek Saldo e Toll Tanpa NFC dengan Mudah

Sebarkan artikel ini

Begini Cara cek Saldo e Toll tanpa NFC yang Perlu Diketahui

E Toll atau e Money hadir untuk memudahkan transaksi pembayaran tol. Namun pengecekan terhadap saldo e Toll cukup sulit dilakukan. Umumnya pengecekan dilakukan dengan menggunakan fitur NFC pada smartphone. Lalu bagaimanakah cara cek saldo e Toll tanpa NFC anti ribet?

Bagi pengguna smartphone yang tidak memiliki fitur NFC tidak perlu khawatir. Terdapat banyak alternatif untuk mengecek saldo e Toll tanpa menggunakan smartphone dengan NFC. Berikut ini 5 cara yang dapat dicoba, diantaranya:

1. Melakukan Pengecekan di ATM

Mengecek e Toll tidak harus menggunakan smartphone. Cara ini bisa diterapkan terutama bagi pengguna smartphone tanpa NFC. Bahkan cara ini bisa diterapkan tanpa perlu membawa kartu ATM Bank Mandiri. Penasaran dengan langkah-langkahnya? Simak penjelasan berikut ini:

  • Tekan tombol berwarna hijau pada mesin ATM lalu tekan pilihan Mandiri e-Money.
  • Selanjutnya tempelkan kartu e-Toll tepat di bagian logo khusus e-Money. Logo tersebut berwarna kuning.
  • Selanjutnya pilih menu Informasi Saldo.
  • Setelah itu mesin ATM akan memperlihatkan informasi saldo e-Toll pada layar.

2. Mengetahui Saldo e Toll Melalui Internet Banking Mandiri

Untuk cara cek saldo e Toll tanpa NFC yang satu ini pengguna bisa memakai smartphone ataupun PC. Cara ini tidak memerlukan smartphone dengan fitur NFC dan pastinya sangat mudah. Lalu bagaimanakah caranya? Berikut ini penjelasan lengkapnya:

  • Buka alamat ib.mandiri.co.id pada browser smartphone atau PC.
  • Lakukan login ke akun yang dimiliki, jangan sampai lupa ketika mengisikan kata sandinya.
  • Langkah selanjutnya klik menu Uang Elektronik dan pilih Mandiri e-Money.
  • Klik Informasi Saldo lalu masukkan 16 digit nomor sesuai yang tertera pada bagian depan kartu e Toll.
  • Klik Kirim dan semua informasi saldo e-Toll pun akan segera muncul di layar.

3. Melakukan Pengecekan Saldo di Minimarket

Selain menjual produk saat ini minimarket seperti Alfamart dan Indomart memang menyediakan banyak layanan tambahan. Salah satunya adalah layanan untuk melakukan pengecekan saldo e Toll. Sebelum pergi ke minimarket untuk melakukan pengecekan pastikan tempat itu mempunyai mesin EDC.

Selanjutnya pengguna tinggal meminta tolong pada pegawai atau kasir minimarket untuk membantu melakukan pengecekan. Selain melakukan pengecekan pengguna juga bisa melakukan top up atau pengisian saldo. Tentunya pengecekan saldo di situ akan memerlukan biaya admin.

4. Mengecek Saldo Saat Melakukan Transaksi

Cara yang satu ini sangatlah mudah dan tidak perlu langkah-langkah yang sulit. Pengguna bisa melihat saldo miliknya ketika melakukan transaksi di jalan tol. Jumlah saldo e Toll akan terlihat di layar dan bisa dilihat langsung.

Selain transaksi jalan tol pengguna juga bisa melihat sisa saldo miliknya ketika melakukan pembayaran parkir. Pengguna bisa menanyakannya langsung pada petugas parkir berapa sisa saldo pada e Money.

5. Mengunjungi Cabang Bank Penerbit e Money

Cara terakhir yang dapat dicoba adalah langsung pergi ke cabang Bank Penerbit e Money. Pengguna bisa melakukan pengecekan di Bank Mandiri karena e pihak Toll memang bekerja sama dengan Bank tersebut.

Pengguna bisa langsung pergi ke customer service dan mengatakan hendak mengecek saldo e Toll. Setelah itu pengguna akan diarahkan dan dibantu untuk melakukan pengecekan. Tahapannya hampir sama dengan pengecekan di minimarket karena juga menggunakan mesin EDC.

Demikianlah 5 cara cek saldo e Toll tanpa NFC anti ribet. Kini pengguna tidak perlu bingung jika ingin mengetahui jumlah saldo e Toll miliknya. Pengecekan saldo tidak harus menggunakan smartphone dengan fitur NFC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *