Tips & Trik

3 Cara Cek Ping CMD yang Mudah untuk Dilakukan

12
×

3 Cara Cek Ping CMD yang Mudah untuk Dilakukan

Sebarkan artikel ini

Begini Cara Cek Ping CMD dengan Cepat dan Mudah

Pernahkah mengalami kendala ketika mengakses jaringan internet kemudian melambat? Jika pernah, maka cobalah cek ping CMD , yaitu dengan cara cek ping CMD yang bisa langsung diakses. Dengan begitu nantinya akan terlihat apakah jaringan lambat atau tidak dan bisa segera diatasi.

Dalam mengakses internet, dibutuhkan kelancaran jaringan internet yang stabil dan tidak terkena kendala. Biasanya pengguna bisa membutuhkan ping sebagai alat pengecekan, bisa via HP, laptop atau PC. Bagaimana cara yang mudah dilakukan untuk cek ping CMD tersebut? Simak Penjelasannya:

Apa Itu Ping CMD?

Apa yang dimaksud dengan Ping? yaitu alat guna menjalankan pemeriksaan koneksi antara dua perangkat. Maksudnya yaitu ping Google bisa mengirim chat ke Google dan menunggu respon dari Google tersebut. Lama waktu balasan tersebut, yang nantinya menjadi pengukuran Google berikutnya.

Ketika memiliki kondisi yang mengganggu seperti melambat saat mengakses situs. Maka, cara mudahnya bisa dengan melakukan penggunaan aplikasi ping tersebut untuk cek jaringan. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan baik melalui situs langsung melalui PC atau bisa juga pakai aplikasi di smartphone.

Biasanya hasilnya juga bisa terbaca secara mudah dan langsung terlihat di layar. Sebagai contoh adanya variabel bytes merupakan data yang dikirim ke server. Berikutnya variabel time merupakan pengukuran waktu yang dilakukan seberapa lama server dalam respon data yang diakses.

Cara Cek Ping CMD 

Proses yang penting dilakukan ketika ingin menstabilkan jaringan internet bisa dengan cek ping CMD. Tentunya proses bisa dilakukan secara mudah dan lebih teratur, pengguna bisa memanfaatkan alat tersebut.

Nantinya pengguna bisa melihat hasilnya apakah internet bisa stabil atau tidak. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Menggunakan Ping Google di PC

Jaringan internet lambat sangat mengganggu, maka pengguna bisa menjalankan tes dengan memilih ping sebagai alatnya. Tanpa menggunakan aplikasi tambahan png Google bisa di akses di PC pengguna, begini langkahnya:

  • Tap ikon start pada bagian pojok kanan bagian atas.
  • Ketik CMD dan tap enter.
  • Jika CMD sudah terbuka, berikutnya dan masukkan alamat ping.google.com.
  • Nantinya akan langsung bisa melihat hasil dari ping tersebut.

2. Menggunakan Aplikasi Ping di Smartphone

Tidak hanya menggunakan PC saja tapi juga cara cek ping CMD bisa dengan menggunakan aplikasi. Pengguna bisa mendapatkan aplikasi tersebut melalui playstore dan bisa langsung diinstal di HP. Adapun langkah mudah dalam mengecek ping melalui aplikasi sebagai berikut:

  • Masuk ke Google Playstore dan ketik Ping kemudian klik instal.
  • Jika sudah terinstal di HP tinggal masuk ke dalam aplikasinya.
  • Masukkan Google.comuntuk host dan tap start.
  • Jika proses ping ingin berhenti tinggal klik untuk stop.
  • Saat sebelum di stop akan tertampil di layar HP berapa jumlah paket data yang tertera dan durasi yang dibutuhkan saat menerima paket data tersebut.

3. Mengakses Situs Meter.net

Jika ribet dengan instal aplikasi, untuk cek ping bisa langsung memanfaatkan situs meter.net. Apalagi untuk pemeriksaan kecepatan dan waktu yang dibutuhkan juga bisa ditampilkan hasilnya. Bagaimana caranya? Ikuti langkah berikut ini:

  • Akses situs utama untuk meter.net berikutnya klik start test.
  • menunggu untuk beberapa saat sampai proses tes ping dan koneksi yang ada selesai.
  • Jika sudah, maka pengguna bisa langsung lihat hasilnya, dari kecepatan, durasi dan pengunduhan data.

Dengan memperhatikan bagaimana cara cek ping CMD yang tepat dan sesuai, maka pengguna bisa memahami kestabilan jaringan internet yang ada. Selain itu, pengguna juga bisa mengukur pengunduhan agar stabil dan internet tetap lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *