Tips & Trik

5 Cara Cek Kecepatan Wifi yang Ampuh Tanpa Aplikasi

8
×

5 Cara Cek Kecepatan Wifi yang Ampuh Tanpa Aplikasi

Sebarkan artikel ini

Inilah Cara Cek Kecepatan Wifi yang Bisa Dicoba

Cara cek kecepatan wifi tidak selalu menggunakan cara yang ribet. Perkembangan-perkembangan zaman seperti sekarang ini misalnya, mempermudah seseorang untuk melakukan pemeriksaan kecepatan jaringan internet menggunakan web. Sekilas cara ini terdengar baru dan perlu untuk dicoba.

Sebagai pengguna jaringan wifi, kecepatan menjadi hal penting yang tidak boleh abaikan. Disamping menunjang kenyamanan, jaringan yang cepat akan membuat akses internet semakin mudah. Untuk itu, berikut terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek kecepatan wifi tanpa aplikasi, yaitu:

1.  Melalui Seedtest.net

Seedtest.net merupakan alat yang umum dipakai dalam memeriksa kecepatan jaringan wifi. Melalui penggunaan alat ini, tidak perlu lagi khawatir lagi akan ribet memeriksa kecepatan akses internet pada perangkat hp atau laptop. Mengenai langkah penggunaan aplikasinya bisa dilakukan seperti berikut:

  • Unduh lebih awal aplikasinya melalui Google Play Store.
  • Sambungkan wifi dan ponsel untuk melanjutkan tahapan selanjutnya.
  • Masuklah pada aplikasi untuk mulai memeriksa kecepatan akses internet.
  • Klik tombol “Go” untuk memulai proses pengukuran kecepatan.
  • Tunggu sampai hasilnya tampak pada ponsel.
  • Informasi mengenai kecepatan internet, lengkap dengan kapasitas download dan upload akan ditampilkan.

2. Menggunakan Meter.net

Berbeda dengan alat sebelumnya, Meter.net tidak berwujud aplikasi, melainkan bisa digunakan hanya dengan memanfaatkan browser. Cara mencari tahu kecepatan internet menggunakan alat ini juga tergolong mudah, karena tidak memakan penyimpanan yang besar.

Sayangnya karena tidak berwujud aplikasi, pengguna situs ini harus mengunjungi secara manual. Pengguna jelas dibantu dengan keberadaan alat ini, karena bisa mengukur kecepatan internet tanpa aplikasi dengan cepat.

3. Melalui Situs Speed Smart

Rekomendasi alat selanjutnya yang tidak kalah berguna untuk memeriksa kecepatan akses internet adalah Speed Smart. Alat satu ini, terkenal sebagai alat pemeriksa dengan kecepatan waktu tidak sampai satu menit. Akan tetapi, tingkat ketepatan yang diperoleh bisa sangat akurat.

Tidak heran, saat ini masih sering digunakan sebagai cara cek kecepatan wifi. Kinerja Speed Smart berhubungan langsung dengan HTML, sehingga detail informasi yang diperoleh jauh lebih tepat. Perlu diketahui juga, aplikasi ini tidak berbayar, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

4. Menggunakan Situs Bandwidth Place

Berikutnya alat yang bisa digunakan sebagai pengukur kecepatan akses internet adalah Bandwidth Place. Alat ini tidak jauh berbeda dengan beberapa alat sebelumnya, namun Bandwidth Place memiliki aplikasi tersendiri yang membantu mempermudah pemeriksaan kecepatan.

Menariknya aplikasi ini sudah ada sejak 2002 dan sampai sekarang bertahan digunakan. Adapun langkah yang bisa dilakukan yakni:

  • Instal dahulu aplikasi pada perangkat hp.
  • Kemudian, buatlah hp terhubung dengan jaringan internet.
  • Masuk pada aplikasi untuk mulai berproses.
  • Klik Start” maka akan terjadi proses analisis oleh aplikasi.
  • Tunggu sampai data yang diinginkan keluar.
  • Klik “Close” jika sudah selesai melihat data kecepatan akses internetnya.

5. Melalui Situs Fast.Com

Terakhir, situs yang bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan kecepatan jaringan internet adalah Fast.com yang merupakan alat dari Nexflix. Sudah memiliki rancangan yang sempurna, alat ini akan bekerja tanpa diperintah ketika dikunjungi.

Pengguna hanya perlu masuk ke halaman web-nya, kemudian situs ini akan bekerja sesuai keinginan pengguna yaitu mengukur kecepatan internet. Dalam waktu yang singkat, informasi kecepatan jaringan akan ditampilkan dengan mudah.

Mengetahui bahwa terdapat cara-cara cepat untuk menghitung kecepatan internet bukankah menyenangkan? Tentu saja iya. Melalui rekomendasi web cara cek kecepatan wifi, kini tidak lagi harus mengandalkan fitur hp karena memeriksa kecepatan internet sudah bisa dilakukan manual melalui ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *