Tips & Trik

Simak 4 Cara Cek GPU Laptop Termudah yang Perlu Diketahui

35
×

Simak 4 Cara Cek GPU Laptop Termudah yang Perlu Diketahui

Sebarkan artikel ini

Inilah Cara Cek GPU Laptop dengan Mudah

Rupanya banyak orang yang penasaran terkait dengan cara cek GPU laptop. Karena mengecek hal tersebut mempunyai pengguna paham sebuah laptop yang dipakai mengalami permasalahan atau tidak dalam komponennya. Sehingga saat digunakan, tidak akan terjadi kesalahan yang berakibat fatal untuk kelangsungan laptop.

Ternyata begitu banyak pilihan cara untuk bisa mengetahui sejumlah cara pengecekan tersebut. Jika diartikan sebenarnya GPU singkatan dari grafik processing unit dikenal dengan istilah VGA. Termasuk komponen penting untuk membuat sekaligus menampilkan grafis komputer. Untuk itu, simak caranya berikut:

1. Gunakan Menu Setting

Cara cek GPU laptop pertama adalah dengan memanfaatkan menu setting. Karena bagaimanapun juga menu ini ada di setiap perangkat elektronik termasuk laptop. Ini cukup menekan pada bagian menu setting yang muncul pada bagian menu start pada laptop, lalu ikuti langkah berikut:

  • Setelahnya, pengguna harus beranjak pada bagian menu sistem dan masuk pada pilihan display.
  • Silakan klik pada bagian opsi Advance display setting yang biasanya terletak pada bagian bawah.
  • Kemudian cukup pilih model pada bagian VGA laptop lalu klik pada tombol display 1.

2. Lewat Fitur Device Manager

Kemudian untuk cara cek GPU laptop selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur bernama Device Manager. Sebagian kalangan mungkin sudah tidak asing dengan keberadaan fitur tersebut yang rupanya cukup membantu dalam mengatasi berbagai kerusakan laptop. Kemudian simak beberapa penjelasan lengkapnya seperti berikut:

  • Pada bagian menu start, silakan klik pada pencarian dan ketikkan  perintah untuk display Manager.
  • Kemudian ikuti dengan klik pada bagian display adapter yang muncul pada saat itu.
  • Nantinya pengguna langsung bisa mengetahui dari model VGA atau GPU pada laptop yang digunakan. Langkah terakhir cukup klik pada bagian display adapter.

3. Lewat Fitur Task Manager

Rupanya keberadaan task manager juga bisa menjadi suatu upaya untuk cara cek GPU laptop. Apalagi biasanya sejumlah komponen yang berjalan pada laptop tertampil dengan sempurna terkait dengan informasi yang ada. Kemudian cukup dengan mengikuti berbagai langkah berikut:

  • Begitu aplikasi terbuka silahkan geser ke arah bawah tepatnya pada bagian kanan.
  • Klik pada bagian teks manajer dan pilih di bagian performance dan GPU.
  • Nantinya akan ditampilkan sejumlah model GPA laptop yang ada lalu pilih pada tulisan GPU.

4. Gunakan Dxdiag Windows

Rekomendasi berikutnya yang bisa diberikan adalah melalui sebuah fitur dxdiag Windows. Karena rupanya keberadaan fitur tersebut juga bisa memberikan informasi terkait dengan GPU yang dipakai. Serta juga berbagi informasi penting yang ingin diketahui simak urutan selengkapnya: 

  • Pertama adalah klik windows+r pada keyboard di laptop yang digunakan.
  • Nantinya ketika kembali ke perintah dxdiag lalu klik tombol enter.
  • Selanjutnya jangan lupa memilih bagian display pada bagian direct diagnostik tool dan akan terpampang model VGA laptop.

5. Manfaatkan Model Gpu Z

Rekomendasi terakhir yang bisa diberikan adalah dengan memanfaatkan gpu z. Mungkin cara ini tergolong baru dan terdengar asing oleh sebagian orang. Tetapi langkah sebenarnya sangatlah mudah cukup ikuti berbagai langkah berikut:

Sebenarnya untuk langkah ini pengguna harus menginstal aplikasi tambahan dengan nama yang sama.  Begitu aplikasi terbuka, silahkan pilih pada bagian grafik card. Lalu pilih bagian name untuk melihat informasinya.

Itulah berbagai penjelasan paling singkat terkait dengan cara cek GPU laptop termudah. Berbagai cara tersebut bisa dicoba siapa saja demi bisa memeriksa keadaan sebuah laptop. Jangan sampai nantinya tanpa melakukan pengecekan ini pengguna tidak tahu adalah kerusakan yang dapat membahayakan perangkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *