Tips & Trik

Simak Cara Cek Barcode Paling Mudah Dicoba

×

Simak Cara Cek Barcode Paling Mudah Dicoba

Sebarkan artikel ini

Cara Cek Barcode Tanpa Ribet

caa cek barcode

Melakukan cara cek barcode sudah tidak perlu pusing lagi karena sekarang zaman sudah semakin canggih. Bahkan, melakukan cara tersebut pun sudah tidak membutuhkan aplikasi lain lagi karena bisa menggunakan Google Lens. Berikut cara yang bisa ditempuh:

Cara Cek Barcode

Seiring perkembangan zaman, sekarang banyak sekali transaksi online yang hanya menggunakan barcode saja sehingga lebih praktis. Login menggunakan Whatsapp Web pun sudah menggunakan barcode sehingga semakin canggih. Berikut cara cek barcode yang bisa dilakukan pengguna:

  • Silahkan buka terlebih dahulu browser yang ada di HP. Browser yang paling terkenal yaitu Google Chrome sehingga direkomendasikan menggunakan browser tersebut.
  •  Setelah dibuka browsernya, akan muncul halaman utama dari Google. Ketuk gambar kamera atau biasa disebut dengan Google Lens untuk bisa digunakan mengecek barcodenya. Posisi Lens ini ada di bagian kolom pencarian bagian pojok sehingga mudah terlihat oleh pengguna.
  • Apabila ada pemberitahuan mengenai izin akses Google Lens, silahkan izinkan agar bisa mengakses galeri yang ada di HP.
  • Cara cek barcode selanjutnya yaitu dengan klik Menelusuri dengan kamera agar bisa mendeteksi barcode yang ada di depannya. Terdapat simbol kamera yang ada pada layarnya sehingga bisa langsung diklik saja untuk mempercepat prosesnya.
  • Segera arahkan kamera HP pada QR Code yang tersedia untuk mengecek QR Code dan melakukan scan. Pastikan semua QR Codenya di scan secara keseluruhan sehingga bisa dideteksi oleh kamera HP yang dimiliki. Bagian kamera juga tidak boleh tertutupi oleh bagian lain agar bisa melakukan scan secara sempurna.
  • Tunggu sampai barcode tersebut terdeteksi dengan baik sehingga barcode bisa terbaca secara sempurna. Biasanya akan muncul getaran ketika barcode tersebut telah terdeteksi.

Keuntungan Bayar Pakai Barcode

Berkembanganya teknologi menjadikan kehidupan manusia juga semakin mudah. Sekarang membayar segala sesuatu pun bisa dilakukan dengan melakukan scan barcodenya saja. Tentu banyak keuntungan yang akan didapatkan seperti di bawah ini:

1. Lebih Praktis

Pembayaran yang dilakukan menggunakan barcode akan lebih mudah karena pembeli tidak perlu menyiapkan uang cash dan penjual tidak perlu menyiapkan uang kembalian. Tinggal scan saja barcode pembayarannya, maka saldo uang digital akan berkurang secara otomatis.

Dengan adanya keuntungan ini, maka pengguna sudah tidak perlu lagi membawa uang cash ketika pembayaran bisa dilakukan secara digital. Proses pembayarannya pun sangat cepat sekali sehingga tidak menimbulkan antrian panjang di bagian kasir.

2. Meningkatkan Pelayanan

Proses perhitungan belanjaan di swalayan yang memanfaatkan barcode ini akan lebih cepat dan juga akurat dibandingkan dengan cara yang manual. Kesalahan perhitungan pun dapat diminimalisir karena hitungannya sudah pasti sangat akurat.

3. Tersedia Promo Menarik

Dewasa ini pemerintah sedang gencar untuk mempromosikan pembayaran transaksi menggunakan sistem QR Code. Alhasil, banyak sekali penawaran menarik maupun promo yang disediakan. 

Tentu hal ini sangat menguntungkan sekali bagi konsumen yang sedang irit pengeluaran uang. Promo maupun cashback akan diberikan kepada konsumen yang melakukan pembayaran dengan QR Code. 

Tentu tak hanya pembeli saja yang untung, melainkan juga penjualnya karena banyak yang tertarik untuk melakukan pembeliannya. Jadi, bisa dijadikan sebagai strategi bisnis yang jitu untuk menarik pelanggan.

Beberapa cara cek barcode yang tersaji di atas tersebut sangat recommended sekali untuk dicoba. Melakukannya pun tidak sulit sehingga hanya membutuhkan waktu yang sebentar saja. poin yang terpenting adalah melakukan scannya secara keseluruhan dari barcode tersebut sehingga bisa terdeteksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *