Tips & Trik

3 Cara Bikin Sound Sendiri di Google dengan Bantuan Situs

×

3 Cara Bikin Sound Sendiri di Google dengan Bantuan Situs

Sebarkan artikel ini

Inilah Cara Bikin Sound Sendiri di Google dengan Mudah

cara bikin sound sendiri di google

Biasanya, banyak berbagai video yang menggunakan narator dengan suara artifisial yang khas. Suara atau sound ini ternyata berasal dari Google, yang memiliki fitur text-to-speech. Dengan fitur ini, timbul cara bikin sound sendiri di Google yang dapat dilakukan oleh siapa saja.

Fitur text-to-speech yang disebutkan, adalah fitur dimana tulisan yang terdeteksi oleh Google diubah menjadi suara. Suara yang unik ini diproduksi oleh kecerdasan buatan yang berada pada Google. Penasaran ingin mencoba membuat sound Google sendiri? Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Dengan Bantuan Google Translate

Tidak hanya sebagai translator, Google Translate digunakan untuk membuat suara sendiri. Hal ini karena situs tersebut sudah ditambahkan fitur text-to-speech Google. Setiap bahasa akan memiliki aksen dan suara yang berbeda. Berikut cara bikin sound sendiri di Google dengan Google Translate:

  • Mula-mula, kunjungi Google Translate dengan menggunakan browser Google Chrome. Opsi ini tidak bisa digunakan pada Firefox dan browser
  • Atur bahasa yang diinginkan pada situs, dan ketikkan teks yang ingin diubah menjadi suara. Google Translate akan menerjemahkan kata secara otomatis.
  • Klik teks yang sudah diketikkan dengan mouse kanan, lalu pilih opsi Inspect. Sebagai shortcut, pilih bahasa tersebut lalu tekan Ctrl+Shift+I.
  • Ketika kolom besar muncul pada bagian bawah layar, gunakan opsi Network, dan pastikan jika Google Chrome sudah mengizinkan recording.
  • Sekarang, hidupkan suara dari teks tersebut dengan mengklik ikon suara berbentuk volume speaker. Perhatikan file dengan awal tulisan “translate_tts” yang muncul setelah suara dihidupkan.
  • Jika sudah ketemu, klik link translate tersebut dengan mouse kanan, lalu pilih “Open in a new tab”.
  • Terakhir, tinggal klik kanan kolom yang memutar bunyi suara sendiri dengan memilih “Save audio as”. Tentukan tempat penyimpanan file.

2. Dengan Bantuan Sound of Text

Untuk membuat suara di Google, ternyata dapat mengandalkan bantuan situs pihak ketiga. Misalnya seperti Sound of Text, yang juga menggunakan fitur text-to-speech seperti Google Translate. Begini langkah bikin sound sendiri di Google dengan Sound of Text:

  • Mula-mula, buka browser yang tersedia pada perangkat, lalu kunjungi situs Sound of Text. Berikut tautan yang dapat digunakan: https://soundoftext.com/.
  • Pada halaman dengan tampilan simpel ini, scroll hingga menemukan kolom dengan tulisan Text.
  • Pilih jenis suara mana yang ingin digunakan berdasarkan bahasa negara, lalu isi kolom Text dengan tulisan yang ingin dijadikan suara. Tekan Submit.
  • Selanjutnya, akan muncul opsi untuk mendengar suara dari teks yang diketikkan sebelumnya. Pilih Download untuk mengunduh suara.

3. Dengan Bantuan Hearling

Apabila menginginkan suara yang lebih bagus, pengembang Sound of Text kini telah membuat situs serupa yaitu Hearling. Dengan Hearling, penggunanya dapat memilih suara text-to-speech dengan mudah. Berikut langkah-langkah membuat suara Google sendiri dengan Hearling:

  • Mula-mula, kunjungi situs Hearling melalui browser pada perangkat. Berikut tautan yang dapat dikunjungi: https://hearling.com/.
  • Pada halaman utama Hearling, pengguna harus melakukan Sign Up terlebih dahulu, serta dengan verifikasinya.
  • Setelah sudah melakukan registrasi, kembali pilih opsi “Try it for free” pada halaman utama. Hearling akan memberikan akses 5000 kata perbulan secara gratis.
  • Selanjutnya, pilih opsi bahasa suara text-to-speech ala Google yang diinginkan pada halaman Choose Voice.
  • Kemudian, isi kolom jenis kelamin dan dialek dari suara. Tambahkan teks atau klip suara pada halaman selanjutnya, lalu tekan Synthesize Clips.
  • Terakhir, Hearling akan memberikan suara hasil konversi text-to-speech yang dapat diunduh pada halaman Download Clips.

Sekian penjelasan mengenai cara bikin sound sendiri di Google dengan bantuan situs. Apapun opsi yang dipilih, klip suara yang dibuat dapat digunakan pada video yang diinginkan. Kini, siapapun dapat berkreasi dengan suara yang menyerupai narator video tersebut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id