Tips & Trik

Inilah Cara Bikin Link Zoom di Handphone Paling Mudah yang Wajib Disimak

24
×

Inilah Cara Bikin Link Zoom di Handphone Paling Mudah yang Wajib Disimak

Sebarkan artikel ini

Cara Bikin Link Zoom di Handphone Dengan Mudah

Zoom menjadi solusi untuk menjalankan pertemuan jarak jauh dengan efisien via online. Pengguna bisa mengundang orang lain untuk mengikuti video conference dengan membagikan link. Cara bikin link Zoom di handphone cukup simple serta memanfaatkan fitur yang tersedia di aplikasi.

Pengguna juga dapat mengelola jadwal pertemuan, sehingga orang lain bisa mengakses di hari yang sama. Setelah itu, pengguna bisa membagikan link ke sosial media untuk memudahkan orang lain bergabung ke video conference. Berikut ini pembahasan selengkapnya tentang Zoom dan cara membuat link lewat handphone:

Mengenal Zoom dan Fiturnya

Diluncurkan pada 2013, Zoom menjadi aplikasi video conference yang memudahkan pengguna berkomunikasi secara daring. Aplikasi didukung oleh sistem keamanan mumpuni 256-bit TLS encryption serta teknologi cloud computer canggih.

Selain itu, Zoom dilengkapi sejumlah fitur menarik seperti chat, share screen, recording, schedule, dan lainnya. Pengguna dapat membuat channel diskusi untuk bekerja maupun sekolah dengan mengundang orang lain. Nantinya pengguna bisa membagikan link meeting untuk diakses bersama.

Kini Zoom dapat digunakan di hampir semua perangkat yang bersistem operasi Linux, Windows, MacOS, iOS, Android hingga ekstensi di Firefox maupun Chrome. Pengguna juga bisa mengakses layanan gratis serta berbayar untuk fitur premium.

Cara Bikin Link Zoom di Handphone

Sebenarnya cara bikin link Zoom di handphone hampir serupa dengan di PC dan laptop. Cara ini juga dapat diterapkan pada perangkat iOS serta Android dengan gampang dan cepat. Inilah cara selengkapnya yang perlu diketahui, antara lain:

  • Langkah pertama, pastikan telah mengunduh dan install Zoom Cloud Meetings di handphone. Aplikasi ini dapat diunduh maupun diakses gratis lewat App Store serta PlayStore.
  • Kemudian, jalankan aplikasi dan masuk ke akun Zoom melalui Gmail, Facebook serta SSO.
  • Klik pilihan “New Meeting” untuk mengadakan pertemuan bersama dengan orang lain.
  • Selanjutnya, pengguna akan diarahkan untuk mengakses menu “Use Personal Meeting ID (PMI)” serta “Video On”. ‘
  • Tekan tombol ‘Start a Meeting’ untuk memulai video conference.
  • Setelah itu, bagikan link conference dengan mengklik opsi “Participants” lalu pilih “Invite” dan “Copy Invite Link”. Pengguna juga menekan ikon “i” untuk mengetahui password serta meeting ID.
  • Terakhir, link yang sudah disalin dapat dibagikan ke sosial media agar pengguna lain bisa bergabung.

Cara Membuat Link Zoom Terjadwal di Handphone

Zoom dilengkapi dengan fitur Schedule yang memungkinkan pengguna mengatur jadwal pertemuan dengan mudah. Carannya tidak hampir serupa dengan membuat link Zoom biasa. Berikut ini cara membuat pertemuan terjadwal, antara lain:

  • Pastikan Zoom Cloud Meetings telah terunduh dan terpasang dengan benar.
  • Selanjutnya, buka aplikasi lalu lakukan login lewat SSO, Gmail maupun Facebook.
  • Pilih menu “Schedule” untuk mengatur jadwal pertemuan.
  • Kemudian, isi informasi judul, tanggal, waktu, dan pengaturan lain di kolom yang tersedia.
  • Scroll layar ke bawah untuk mengaktifkan “Add to Calendar” dan klik “Done”jika selesai melakukannya.
  • Bukalah menu “Meeting Details” lalu tekan “Edit” untuk mengubah informasi sesuai kebutuhan.
  • Setelah itu, pilih “Copy to Clipboard” atau “Invite” jika ingin mendapatkan link dan mengundang teman.
  • Lalu, bagikan link tersebut agar bisa diakses oleh pengguna lain sesuai dengan jadwal pertemuan yang telah ditentukan.

Demikian pembahasan tentang cara bikin link Zoom di handphone dengan mudah dan praktis. Pastikan pengguna mengikuti caranya dengan tepat untuk menghindari kesalahan. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Zoom berbayar maupun gratis untuk mengadakan pertemuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *