Sebagai e-commerce multinasional, Amazon menarik banyak penjual untuk tahu bagaimana cara berjualan di Amazon serta pemanfaatan fasilitasnya. Perusahaan asal Amerika ini disejajarkan dengan Google, Facebook dan Apple dalam kepopulerannya mempengaruhi perjalanan bisnis besar di dunia.

Karenanya, berjualan di Amazon membuka celah yang lebar untuk mendapatkan pasar yang lebih luas juga secara regional multinasional. Kompetisi yang ditawarkan pastinya juga memiliki kelasnya tersendiri, bagi yang mau turut serta berperang berikut ini caranya:

1. Membuat Akun pada E-commerce Amazon

Seperti syarat umum pada e-commerce lainnya, Amazon juga mengharuskan pembuatan akun untuk mengakses semua fiturnya. Pembuatan akun dapat dimulai dengan mengunjungi situs Amazon kemudian mengisikan data diri nama, nomor telepon, email serta password sebagai berikut:

  • Kunjungi situs layanan e-commerce
  • Kemudian, klik pada menu pendaftaran untuk mendapatkan akun.
  • Lalu, lengkapi isian data berupa nomor telepon, nama, email juga password untuk login.
  • Selanjutnya, tekan tombol Continue dan tunggu hingga OTP dikirimkan ke nomor telepon terdaftar.

2. Memilih Tipe Akun Seller

Jika sudah berhasil login setelah membuat akun, maka cara berjualan di Amazon yang selanjutnya adalah membuat akun untuk jualan. Pada menu ini, ada 2 jenis akun bagi professional dan individu, lebih jelasnya langkahnya sebagai berikut:

  • Login ke akun di Amazon.
  • Kemudian, pilih menu Your Seller Account.
  • Lalu, tentukan pilihan akan menggunakan Professional Sellers atau Individual Sellers.

Jika memilih Professional Sellers, ada biaya penjualan dan pemasangan iklan karena dibuat untuk perusahaan yang telah memiliki produk banyak dan tim yang besar, namun tidak ada potongan komisi.

Sedangkan jika memilih Individual Sellers, tidak akan dikenakan biaya pada penjualan dan pasang iklan, namun ada pemotongan komisi ketika produk terjual.

3. Melengkapi Data untuk Proses Pembayaran

Tahapan selanjutnya adalah melengkapi data untuk proses verifikasi pembayaran apabila produk yang ditawarkan terjual. Tahapan ini sangat penting karena membutuhkan ketelitian saat melampirkan data rekening berikut nomor kartu kredit, nama serta alamat pembayaran sebagai berikut:

  • Isikan informasi diri pada detil menu pembayaran.
  • Lalu, lengkapi nomor kartu kredit, alamat pembayaran serta nama pemilik.
  • Pastikan tidak ada nomor atau tulisan yang typo.
  • Kemudian, isikan kembali nomor telepon dilanjutkan dengan menekan Call Now.
  • Setelah itu, tunggu sejenak dan hingga pihak Amazon memberikan kode.
  • Lalu, masukkan kode pada kolom yang ada dan terakhir tekan menu Register and Continue.

4. Memilih Kategori dan Memasang Katalog Produk

Setelah data pembayaran telah lengkap, maka hal selanjutnya adalah melakukan penataan terhadap produk yang akan dijual. Seperti halnya penataan produk di toko offline, produk juga dapat dipilah berdasarkan kategori agar mudah ditemukan customer dengan cara:

  • Masih pada akun Seller, tentukan kategori jenis produk yang ditawarkan dengan memilih dari database yang disediakan Amazon.
  • Pemilihan kategori ini juga berfungsi sebagai keyword penjualan.
  • Lalu, ketika sudah ditentukan kategori mana yang paling sesuai, tekan menu Sell Yours Here.
  • Kemudian, tuliskan deskripsi produk dengan lengkap. Tulis semua jawaban yang mungkin ditanyakan Customer.
  • Setelah itu, masukkan katalog produk namun sebelumnya cek terlebih dahulu produk yang akan ditulis di katalog. Apakah termasuk barang baru, bekas, baru namun ada cacat dan lain-lain.
  • Terakhir, menentukan harga sesuai kondisi barang dan dengan memperhitungkan dengan harga produk yang ditawarkan kompetitor.

Pembagian jenis barang dan kejujuran penjual menjadi poin penting karena itu akan menjadi alasan kepercayaan yang harus dijaga dari customer. Sekali melakukan kesalahan maka kemungkinan berpindah pada penjual lain besar, mengingat banyaknya kompetitor di Amazon.

Demikian tahapan cara berjualan di Amazon sebagai langkah membuka usaha pada pasar yang lebih luas. Dengan semakin terbukanya kesempatan ini, maka jumlah competitor semakin besar sehingga produk yang ditawarkan tentunya memiliki kualitas yang mumpuni juga.