Tips & Trik

3 Cara Agar Sinyal Smartfren Bagus, dengan dan Tanpa Aplikasi

×

3 Cara Agar Sinyal Smartfren Bagus, dengan dan Tanpa Aplikasi

Sebarkan artikel ini
cara agar sinyal smartfren bagus

Bagi pengguna provider seluler Smartfren, cara agar sinyal smartfren bagus bisa coba dilakukan saat ada trouble. Langkah untuk melakukannya pun bisa terbilang mudah dan semua pengguna ponsel pasti bisa.

Walaupun Smartfren dikenal sebagai penyedia layanan telekomunikasi yang ekonomis di Indonesia, sayangnya cakupannya belum merata di seluruh wilayah. Mayoritas jaringannya hanya dapat diakses di kota-kota besar atau tepatnya di pusat kota, namun seringkali sinyalnya tidak stabil. Namun demikian, ada beberapa cara untuk meningkatkan kekuatan dan kualitas sinyal Smartfren.

Meskipun kelemahan sinyal seringkali dikaitkan dengan cakupan jaringan dan keberadaan menara pemancar, namun hal tersebut tidaklah selalu benar. Ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi kualitas sinyal, bahkan di daerah dengan cakupan sinyal yang seharusnya bagus. Untuk mengetahui cara mengatasi masalah sinyal lemah, silahkan simak beberapa cara berikut.

1. Ponsel Di Restart

Mungkin terdengar remeh, namun melakukan restart pada ponsel bisa menjadi solusi simpel untuk meningkatkan kualitas sinyal Smartfren. Pasalnya, setelah dilakukan restart, performa ponsel umumnya akan kembali optimal.

Sinyal yang lemah seringkali disebabkan oleh pemadaman listrik atau cuaca buruk, seperti hujan dan angin. Oleh karena itu, dengan merestart ponsel, perangkat akan mencari sinyal baru yang lebih kuat.

Restart tidak selalu berarti mematikan ponsel. Pengguna juga dapat menggunakan mode pesawat untuk sementara. Tunggu beberapa saat, lalu hidupkan kembali. Cara yang sederhana tapi cukup efektif untuk memperkuat sinyal. Belum mencoba? Cobalah sendiri.

2. Lock Jaringan 4G

Bagi pengguna dual SIM, seringkali perlu mengatur mode jaringan saat beralih antara penggunaan data seluler. Sebagian besar perangkat hanya mengizinkan satu jaringan pada satu waktu. Oleh karena itu, pengaturan jaringan 4G dapat membantu meningkatkan kekuatan sinyal.

Jika ingin menggunakan jaringan 4G untuk kedua kartu SIM, pengguna bisa mengunci pilihan tersebut. Caranya adalah dengan memanggil kode ##4636##. Kemudian, pilih opsi untuk mengunci jaringan SIM ke 4G dan LTE.

3. Menggunakan APN

Jika langkah sebelumnya belum berhasil, pengguna bisa mencoba cara agar sinyal smartfren bagus dengan mengatur APN. Access Point Name biasanya dapat meningkatkan kualitas sinyal internet. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka pengaturan pada ponsel.
  • Pilih Koneksi dan kemudian Jaringan seluler.
  • Pilih Nama poin akses.
  • Pilih kartu SIM yang digunakan, misalnya Smartfren.
  • Tambahkan APN dengan mengklik ikon tambah.
  • Isi semua detail APN, seperti nama APN, port MMS, MMSC, dan proxy MMS.

4. Mengatur DNS

Seperti APN, pengaturan DNS juga dapat membantu memperkuat sinyal provider. Pengguna perlu menginstal DNS Benchmark terlebih dahulu untuk mendapatkan server secara otomatis. Berikut langkah-langkahnya:

  • Cari DNS Benchmark di internet.
  • Unduh dan instal aplikasi tersebut di ponsel.
  • Buka aplikasi dan pilih nama server untuk menampilkan DNS.
  • Pilih salah satu DNS yang direkomendasikan.
  • Terapkan DNS tersebut dalam pengaturan lanjutan ponsel.
  • Untuk menerapkannya, lakukan restart pada perangkat.

5. Memasang Aplikasi Penguat Sinyal

Jika diperlukan, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi penguat sinyal yang tersedia di Play Store secara gratis.

Meskipun tidak semua aplikasi efektif, pengguna dapat memilih yang memiliki ulasan dan rating bagus.

Biasanya, ulasan dan rating yang baik dapat menjadi panduan yang baik untuk memilih aplikasi yang tepat, berdasarkan pengalaman pengguna sebelumnya.

Itulah tadi penjelasan cara agar sinyal smartfren bagus yang bisa dilakukan. Jika cara-cara tersebut belum berhasil maka perlu dikonfirmasi ke provider mungkin memang sedang mengalami gangguan pada transmisi sinyalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *