Tips & Trik

5 Cara Agar Kuota Tidak Cepat Habis Terbukti Anti Boros!

4
×

5 Cara Agar Kuota Tidak Cepat Habis Terbukti Anti Boros!

Sebarkan artikel ini

Cara Agar Kuota Tidak Cepat Habis, Dijamin Hemat

Kebutuhan akan kuota internet sudah menjadi kebutuhan wajib para pengguna ponsel, bahkan hingga mencari cara agar kuota tidak cepat habis. Banyaknya pencarian terkait tips yang satu ini adalah sebagai upaya penghematan agar tidak melulu membeli dan kuota tidak mudah boros.

Pemakaian yang tidak teratur dan tidak mengetahui bagaimana cara tepat yang dapat dilakukan menjadikan kuota internet boros dan terbuang sia-sia. Karena keluhan para pengguna tersebut, berikut akan diuraikan mengenai bagaimana cara agar kuota internet tidak cepat habis yang dapat pengguna lakukan:

1. Manfaatkan Beberapa Aplikasi Non-online

Faktanya sejumlah aplikasi dapat dioperasikan secara offline sehingga menjadi salah satu cara agar kuota tidak cepat habis yang dapat dilakukan. Pengguna dapat mengunduh data yang diperlukan untuk dapat dinikmati dengan mematikan koneksi jaringan internet dan memanfaatkan offline mode yang tersedia. 

2. Batasi Adanya Aplikasi Berjalan pada Background

Beberapa aplikasi menelan kuota yang tidak sedikit sedangkan seringkali jika sehabis digunakan maka aplikasi hanya ditutup tanpa menghapus latar belakang. Dengan begini, maka aplikasi yang terbuka akan tercatat sistem masih berjalan pada background ponsel pengguna. Serta, akan terus menghabiskan kuota. 

Data internet yang perlahan habis juga tentu saja akan merugikan pengguna ponsel karena ketidak tahuan tentang hal yang satu ini. Pengguna dapat membuka pengaturan dan memilih aplikasi yang menghabiskan data banyak, kemudian menghentikan operasinya yang masih berjalan pada latar belakang. 

3. Atur Pembaruan Aplikasi Otomatis

Adanya pembaharuan dari banyaknya aplikasi yang sudah terpasang pada ponsel tentu saja akan menghabiskan kuota internet secara perlahan namun pasti. Cara agar kuota internet pada ponsel tidak cepat habis berikutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengatur adanya pembaharuan pada aplikasi. 

Pengguna dapat menghilangkan ketentuan upgrade otomatis pada pengaturan pada laman Google Play Store dan menghilangkan tanda ceklis kuning di sampingnya. Berikutnya, yaitu dengan memilih upgrade hanya dengan sambungan WiFi, sehingga aplikasi tidak akan diperbaharui jika hanya data seluler yang menyala. 

4. Aktifkan Data Saver Chrome

Jenis aplikasi Chrome juga jangan diragukan lagi kegunaannya, banyak pengguna menggunakan aplikasi andalan yang satu ini untuk mencari sumber sesuatu. Chrome juga sama seperti aplikasi lainnya yang dapat dengan mudah menarik data dan menjadi salah satu penghabis kuota cukup tinggi. 

Menu data saver dapat menjadi solusi bagi para pengguna atas keluhan pemborosan kuota,  data saver sama halnya dengan memperkecil penggunaan data. Ketika pengguna membuka laman chrome, maka akan terlihat menu pengaturan yang dapat dibuka lalu mengaktifkan pilihan data saver di dalamnya. 

5. Batasi Penggunaan Data

Cara ini menjadi yang paling efektif akan kesadaran para pengguna yang sering menanyakan bagaimana cara agar kuota tidak cepat habis. Pada fitur ponsel canggih saat ini umumnya sudah tersedia pilihan terkait pembatasan pemakaian data pada menu pengaturan yang dapat dipilih. 

Dengan fitur tersebut maka jumlah kuota yang ingin dipakai dapat dibatasi nantinya akan muncul pemberitahuan jika pemakaian sudah melebihi batas. Meskipun begitu, banyak hasil dari perhitungan yang dituliskan dengan perhitungan dari operator tentu bisa saja terdapat kekeliruan dan sedikit berbeda. 

Dari beberapa uraian di atas, diharapkan tidak ada lagi pengguna yang masih bingung tentang bagaimana cara agar kuota tidak cepat habis. Penggunaan data yang baik dan dengan berbagai cara yang dijelaskan akan membantu pengguna untuk menghemat kuota internet yang sudah tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *