Tips & Trik

Begini Cara Mengatur Agar Brightness iPhone Tidak Otomatis

14
×

Begini Cara Mengatur Agar Brightness iPhone Tidak Otomatis

Sebarkan artikel ini

Seberapa Besar Pengaruh Fitur Auto Brightness Iphone

Agar Brightness iPhone Tidak Otomatis

Bagi pengguna iPhone pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya fitur kecerahan otomatis atau auto brightness. Bahkan fitur ini mudah ditemukan berbagai jenis smartphone lainnya. Namun masih banyak yang belum tahu cara mengatur agar brightness iPhone tidak otomatis.

Cara Kerja Auto Brightness iPhone

iPhone sendiri telah dibekali sensor ambient light sehingga bisa mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis sesuai tingkat kecerahan lingkungan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu melihat layar iPhone saat dibawah sinar matahari atau tempat gelap.

Disaat kondisi pencahayaan terang, fitur auto brightness akan meningkatkan kecerahan layar. Kalau ditempat pencahayaan yang minim maka fitur ini akan menurunkan tingkat kecerahan layar. Fitur ini sangatlah berguna untuk mengatur kecerahan secara otomatis namun ada juga yang merasa kurang nyaman.

Ada yang merasa kurang nyaman karena sensor Ambient Light ini akan menyedot baterai lebih banyak. Akan membuat ponsel cepat panas, dan daya baterai iPhone kamu akan cepat habis.

Pada menu pengaturan kecerahan otomatis telah diperingatkan bahwa dengan menonaktifkan fitur kecerahan otomatis bisa memperpanjang masa pakai baterai. Jadi dengan kamu mengaktifkan fitur ini bisa mempercepat konsumsi baterai dan perlu pengisian daya lagi.

Seberapa Besar Pengaruh Fitur Auto Brightness Iphone

Memang seberapa besar fitur auto brightness berpengaruh terhadap konsumsi baterai? Bagi kamu yang penasaran bisa langsung melihat pengoperasian fitur mode daya rendah.

Nah, dengan mengaktifkan fitur daya rendah maka ponsel secara otomatis akan menonaktifkan atau mengurangi beberapa fitur lain. Hal ini bertujuan agar ponsel tidak terlalu boros menggunakan baterai dikala daya rendah.

Salah satu yang paling berpengaruh adalah mode auto brightness iPhone dengan tingkat kecerahan layar tinggi. Secara otomatis iPhone akan membutuhkan konsumsi daya baterai lebih tinggi.

Terlebih ketika kamu dalam kondisi pencahayaan terang, tentu kecerahan layar secara otomatis meningkat. Hal inilah yang menyebabkan konsumsi baterai iPhone boros atau cepat habis.

Solusi terbaik untuk mengontrol tingkat kecerahan layar iPhone adalah menonaktifkan auto brightness. Kini kamu bisa mengatur tingkat kecerahan layar iPhone secara manual. Dalam beberapa kondisi memilih menonaktifkan fitur kecerahan layar sangatlah berguna loh.

Salah satu contohnya ketika kamu di saat perjalanan, tentu potensi terkena sinar matahari lebih besar. Sehingga dengan memilih menonaktifkan auto brightness, kamu bisa mengatur secara manual tingkat kecerahan layar. Sehingga baterai iPhone tidak cepat habis dan suhunya tidak mudah panas.

Bagi kamu yang belum tahu cara mengatur nonaktifkan auto brightness bisa ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Masuk menu pengaturan
  2. Memilih aksesibilitas
  3. Memilih layar & ukuran teks
  4. Nonaktifkan kecerahan layar otomatis

Demikianlah penjelasan mengenai pengaruh besar mengaktifkan fitur auto brightness di ponsel iPhone. Nah, agar brightness iPhone tidak otomatis kamu bisa menonaktifkannya dan memilih cara manual. Cara ini dirasa lebih efektif untuk menghemat konsumsi baterai iPhone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *