Tips & Trik

Begini 3 Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan Paling Praktis

25
×

Begini 3 Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan Paling Praktis

Sebarkan artikel ini

Ini Dia, 3 Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan Paling Praktis

Ini Dia, 3 Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan Paling Praktis

Memiliki jaminan kesehatan dengan mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS sangat penting. Tujuannya untuk memberikan perlindungan finansial jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, seperti sakit.

Sebagai peserta BPJS, kamu bisa mengecek nomor BPJS melalui beberapa cara. Lalu, bagaimana cara cek nomor BPJS yang paling mudah dan praktis? Yuk, simak tutorialnya!

Ini Dia, 3 Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan Paling Praktis

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek nomor BPJS. Mulai dari menggunakan aplikasi, lewat SMS, hingga menggunakan WhatsApp. Berikut ini akan dijelaskan mengenai langkah-langkah pengecekan nomor BPJS Kesehatan paing praktis.

Cek Nomor BPJS Lewat Aplikasi

Peserta BPJS Kesehatan kini bisa mengakses layanan yang tersedia di aplikasi JMO Jamsostek Mobile. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna iOs maupun android. Cara cek nomor BPJS via aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi JMO yang sudah terinstal pada smartphone.
  • Pada halaman utama, klik “jenis kartu”.
  • Pilih “NIK atau Nomor Induk Kependudukan” yang akan dicek nomor BPJS-nya.
  • Lengkapi data-data dengan mengisi NIK, password, dan captcha.
  • Klik “sign in”.
  • Jika sudah berhasil masuk ke dalam aplikasi, pilih “peserta”.
  • Aplikasi JMO akan menampilkan informasi kepesertaan sekaligus 13 digit nomor BPJS kamu.

Cek Nomor BPJS Lewat SMS

Selain menggunakan aplikasi JMO Jamsostek Mobile, kamu juga bisa mengecek nomor BPJS menggunakan pesan singat atau SMS. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan NIK saja dan tentunya siapkan pulsa dengan jumlah tertentu. Cara cek nomor BPJS lewat SMS adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi SMS pada smartphone.
  • Ketik pesan dengan formal “NIK<spasi>NIK(Nomor Induk Kependudukan). Contohnya: NIK 1212343456567878.
  • Kirim pesan tersebut ke nomor 087775500400.

Tunggu beberapa saat sampai mendapatkan pesan balasan dari pihak BPJS. Tidak butuh waktu lama, kamu akan mendapatkan pesan dari nomor resmi BPJS tersebut yang berisi informasi tentang nomor kartu BPJS milikmu.

Cek Nomor BPJS Lewat WhatsApp

Bukan hanya lewat SMS saja, kamu juga bisa memanfaatkan WhatsApp untuk mengecek nomor BPJS. Melalui media sosialnya, BPJS telah menampilkan nomor-nomor kantor cabang BPJS Kesehatan resmi se-Indonesia. Pilih nomor kantor cabang BPJS yang paling dekat dengan tempat tinggal kamu.

Akhir Kata

Cara cek nomor BPJS via whatsApp dilakukan dengan mengirim pesan ke nomor BPJS tersebut mengenai layanan yang kamu butuhkan, yaitu pengecekan nomor BPJS. Layanan ini tersedia setiap hari Senin – Jumat, pukul 08.00 – 15.00 waktu setempat. Selain bisa cek nomor BPJS, ada juga layanan lain yang diberikan, seperti tambah anggota keluarga, dll.

Demikian itulah beberapa cara cek nomor BPJS yang paling mudah dan cepat. Dengan menggunakan beberapa cara di atas, maka kamu bisa mengetahui berapa nomor BPJS milikmu dengan cepat dan praktis. Selain 3 cara tersebut, kamu juga bisa cek nomor BPJS lewat call center dan media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *