Tips & Trik

Bagaimana Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth? Simak Penjelasannya!

5
×

Bagaimana Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth? Simak Penjelasannya!

Sebarkan artikel ini

Bagaimana Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth? Ini Jawabannya!

Berbagi file bisa dilakukan melalui berbagai cara, sekarang ini pemindahan file bisa dilakukan tanpa menggunakan kabel. Salah satu caranya menggunakan bluetooth. Cara ini jauh lebih menghemat waktu. Lantas bagaimana cara mengirim aplikasi lewat bluetooth? Maka jawabannya akan dipaparkan melalui informasi dibawah ini. 

Berbicara mengenai bluetooth, semua perangkat saat ini sudah dilengkapi dengan fitur satu ini. Dengan begitu akan mempermudah proses pengiriman file, baik itu foto, video ataupun dokumen lainnya. Mengenai panduan cara-caranya bisa dengan menyimak hal-hal penting berikut:

Langkah-Langkah Mengirim File Aplikasi Lewat Bluetooth 

Seperti yang dijelaskan diatas, bluetooth sudah tersedia di masing-masing perangkat. Hal ini memungkinkan untuk melakukan pengiriman antar perangkat hanya dengan menggunakan bluetooth. 

Apabila dibandingkan dengan aplikasi pendukung sejenisnya, alat satu ini tergolong cepat dalam pengiriman data. Kecepatan transfer data yang terjadi pada saat proses pengiriman file dipengaruhi oleh jarak antara pengirim dengan penerima. 

Jika jaraknya dekat, maka akan lebih cepat proses pengirimannya. Sebaliknya, jika jaraknya terlalu jauh maka bisa menghambat pemindahan data. Mengenai langkah-langkah pengirimannya bisa dengan mengikuti beberapa petunjuk berikut:

  • Hidupkan terlebih dahulu fitur bluetooth yang terdapat pada dua perangkat dengan mengunjungi menu setting.
  • Pastikan kedua jaringan bluetooth terhubung, jika belum terhubung sandingkan saja keduanya.
  • Cara menghubungkan perangkat bluetooth adalah dengan menekan sambungkan perangkat baru.
  • Kemudian, pilih perangkat sesuai dengan tujuan pengiriman filenya.
  • Klik sandingkan perangkat, apabila ada kode khusus yang harus dimasukan maka cocokan kode dari kedua perangkat.
  • Selanjutnya, pilih master aplikasi yang akan dikirim.
  • Klik berbagi, kemudian klik kembali jaringan bluetooth untuk mulai mengirim.
  • Pastikan penerima menekan kata “IYA/TERIMA”.
  • Tunggu sampai proses selesai.
  • Apabila sudah selesai, cek kembali file yang diterima.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Dalam Mengirim Dokumen Lewat Bluetooth Dari Hp Ke PC

Pengiriman yang sering terjadi adalah pengiriman dokumen dari komputer, laptop atau pc ke hp. Dokumen yang dikirimkan dari bluetooth pc ini tidak jauh berbeda langkah-langkahnya dengan pengiriman dari hp ke hp. Akan tetapi perlu diperhatikan beberapa hal berikut agar tidak merusak dokumen yang dikirimkan:

1. File Harus Diberi Nama 

File di komputer seringkali memiliki kesamaan, ada baiknya memberikan nama baru pada file yang akan dikirimkan. Dengan cara ini secara tidak langsung akan menghindari file ganda dalam penyimpanan. Itulah beberapa hal penting terkait dengan pemberian nama file baru saat dikirimkan melalui bluetooth.

2. Harus Menentukan Lokasi Penyimpanan Khusus

Bagaimana cara mengirim aplikasi lewat bluetooth pada tahap lanjutan? Maka jawabannya adalah dengan menentukan lokasi penyimpanan. Berbeda dengan ponsel, di pc lokasi penyimpanan dokumen dilakukan ketika file berhasil terkirimkan. Hal ini membuat pengguna harus menentukan lokasi penyimpanan khusus terlebih dahulu.

3. Mengirim File Satu Persatu

Rasa tidak sabar sering kali menyebabkan pengguna mengirimkan beberapa file sekaligus. Hal ini baik dilakukan, tetapi jika terlalu banyak file yang dikirimkan akan membuat status transfer file gagal. Jika terjadi hal demikian sudah pasti harus mengulang langkah-langkah pengiriman file dari awal.

Jika dirasa file yang akan dikirimkan cukup banyak maka akan lebih baik menjadikannya sebuah WinZip. File-file yang sudah digabungkan tersebut tidak akan tercecer, dengan begitu akan mempermudah pencarian dokumennya. 

Mempelajari mengenai bagaimana cara mengirim aplikasi lewat bluetooth sangatlah berguna. Disamping bisa mempercepat pemindahan file, melalui fitur yang tersedia di hp atau pc pemindahan yang dilakukan juga tidak akan mempersulit diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *