Tips & Trik

5 Rekomendasi Aplikasi Mind Map Gratis yang Dapat Diakses Siapa Saja!

32
×

5 Rekomendasi Aplikasi Mind Map Gratis yang Dapat Diakses Siapa Saja!

Sebarkan artikel ini

Aplikasi Mind Map Gratis Yang Dapat Memudahkan Siapa Saja

Dulu mind map dikerjakan dengan kertas tapi sekarang dapat dikerjakan secara digital melalui aplikasi mind map gratis. Semakin berkembang teknologi, aplikasi mind map pun beragam dan dengan fitur yang bagus. Mind map ini merupakan teknik yang digunakan untuk mengolah informasi.

Tak jarang siswa mendapatkan tugas mind map, tidak hanya itu mind map juga berguna untuk mencatat materi. Bahkan pekerja kantoran pun menggunakan mind map sebagai metode presentasi pada klien. Adapun aplikasi mind map yang dapat diakses secara gratis, antara lain:

1. Mindomo

Aplikasi mind map pertama yang dapat diakses secara gratis, yakni Mindomo. Mindomo telah menyediakan beragam desain template, dan template tersebut dapat diakses secara gratis. Aplikasi ini banyak digunakan karena terkenal dapat dioperasikan dengan mudah, terlebih pengguna handphone Android.

Untuk dapat mengakses aplikasi Mindomo, pengguna hanya perlu mengunduhnya atau dapat langsung mengakses melalui situs resminya. Bila menggunakan handphone, tinggal mengunduhnya melalui Play Store dan aplikasi dapat diakses.

2. MindMeister

Berikutnya ada aplikasi MindMeister, sesuai dengan nama aplikasi ini merupakan aplikasi mind map yang memiliki banyak template sesuai dengan keperluan. Dan lebih unggulnya lagi, pengguna dapat menambahkan anggota pada mind map yang dibuat. Sehingga memudahkan sekelompok untuk menuangkan ide.

Kemudian, terdapat banyak fitur unggulan lainnya yang memudahkan pengguna dalam membuat mind map. Jadi tidak heran apabila aplikasi tersebut telah banyak yang menggunakan, lebih dari 13 juta pengguna. Karena fiturnya yang beragam, bagus, dan sangat memudahkan penggunanya.

3. Conggle

Aplikasi mind map gratis selanjutnya, yakni Conggle. Aplikasi ini menyediakan fitur penambahan gambar ke dalam mind map, dan terdapat kotak percakapan untuk berbagi mind map. Tidak hanya menambahkan gambar, pengguna juga dapat menambahkan tautan file ke dalam mind map.

Pengguna bisa membuat mind map dengan konsep flowchart, Conggle dapat membuat mind map tanpa batasan cabang. Dokumen yang telah dibuat dapat disimpan dengan format TXT, PDF, atau bahkan JPEG. Aplikasi ini dapat didownload dengan Play Store dan situs resmi Conggle.

4. Canva

Aplikasi berikutnya yang dapat digunakan untuk membuat mind map, yakni dengan canva. Memang tidak asing lagi dengan aplikasi edit ini, fiturnya lengkap dan dapat berguna untuk mengedit berbagai keperluan seperti mind map. Seperti aplikasi lainnya, Canva juga menyediakan berbagai template.

Hanya dengan mengetik kata kunci pada pencarian, maka semua template yang berhubungan dengan mind map akan muncul. Template yang diambil dari pencarian tersebut dapat didesain ulang oleh pengguna, tinggal menyesuaikan keperluan. Sehingga memudahkan pengguna dalam menyesuaikan dengan keperluan yang diinginkan.

5. SimpleMind

Berikutnya, yakni SimpleMind yang cukup populer digunakan karena aplikasi tersebut mudah digunakan. Dengan cara menuliskan ide atau konsep yang dimiliki, kemudian di desain semenarik mungkin. Aplikasi ini mengklaim telah 7 tahun pengembangan fitur sehingga fitur di dalamnya sangat lengkap.

SimpleMind dilengkapi dengan fitur menambahkan video, gambar, bahkan rekaman suara. Dengan begitu mind map yang dibuat sangat lengkap dan lebih dapat dimengerti pembacanya, karena bisa dilengkapi dengan rekaman suara. Aplikasi ini dapat didownload dengan Play Store dan mengunjungi situs resminya.

Itulah 5 rekomendasi aplikasi mind map gratis yang dapat membantu pengguna dalam menemukan aplikasi yang sesuai keperluan. Dengan fitur-fitur dan template yang disediakan oleh aplikasi di atas, pengguna dapat memanfaatkannya untuk membuat mind map yang unik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *