Tips & Trik

Ketahui Apa Penyebab HP Panas dan Cara Mengatasinya dengan Cepat

×

Ketahui Apa Penyebab HP Panas dan Cara Mengatasinya dengan Cepat

Sebarkan artikel ini

Apa Penyebab HP Panas dan Cara Mengatasinya yang Harus Diketahui

apa penyebab hp panas dan cara mengatasinya

Pada zaman yang serba canggih ini cukup banyak yang ingin mencari tahu tentang apa penyebab HP panas dan cara mengatasinya. Jawaban dari pertanyaan tersebut kerap dicari karena saat ini tak jarang pengguna selalu berlama-lama bermain HP sehingga membuat perangkat panas.

Terdapat beberapa penyebab yang bisa membuat HP menjadi panas dan pengguna harus mengetahuinya agar perangkat yang dimiliki bisa berumur panjang. Selain mengetahui penyebab, ketahui juga cara mengatasinya sehingga pengguna bisa memastikan HP dalam kondisi yang stabil.

Penyebab HP Panas

Berbeda dengan HP zaman dulu yang hanya dimanfaatkan untuk telepon dan mengirimkan pesan, kini pengguna dapat melakukan banyak hal. Semakin banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan membuat penggunanya kadang merasa tak nyaman karena HP panas. Agar tak cepat rusak, berikut penyebab HP panas:

1. Koneksi Internet Buruk

Penyebab panas pada HP yang pertama adalah adanya koneksi internet yang buruk. Tidak stabilnya koneksi internet terbukti bisa membuat HP panas dengan cepat. Hal tersebut terjadi karena HP mengeluarkan usaha lebih keras untuk menemukan jaringan yang stabil.

2. Terlalu Lama Menggunakan HP

HP yang terlalu lama digunakan juga menjadi jawaban apa penyebab HP panas dan cara mengatasinya. Salah satu aktivitas yang membuat HP menjadi lama digunakan adalah bermain game. Selain itu, mengakses aplikasi streaming atau nonton online juga bisa membuat pengguna menggunakan HP dalam waktu yang lama.

3. Penggunaan Fitur Berlebihan

Setiap HP pasti memiliki beragam fitur yang bermanfaat. Namun, penggunaan fitur yang berlebihan dapat membuat HP menjadi cepat panas. Salah satu fitur umum yang bisa membuat HP cepat panas adalah penggunaan live wallpaper. Selain itu, menggunakan widget yang terlalu banyak juga bisa menjadi penyebabnya.

4. Pengaturan Kecerahan Layar

Kadang efek samping penggunaan kecerahan layar yang berlebihan jarang disadari oleh penggunanya. Tak tanggung-tanggung, layar yang sangat terang bisa membuat HP bekerja keras dan baterai ikut terkuras untuk memberikan daya. Oleh sebab itu tak heran jika HP menjadi panas saat kecerahan layar atau brightness diatur secara berlebihan.

5. Banyak Aplikasi Terbuka

Hampir sama dengan penggunaan fitur yang berlebihan, banyaknya aplikasi yang terbuka juga bisa membuat HP panas. Namun, hal tersebut mungkin tidak terjadi pada HP lainnya karena merek atau tipe tertentu tidak panas ketika membuka banyak aplikasi.

6. Baterai Rusak

Tetap menggunakan baterai rusak pada HP bisa berakibat fatal karena cukup banyak peristiwa ponsel meledak yang disebabkan oleh baterai. Pada kasus yang lebih sederhana, penggunaan baterai rusak bisa membuat HP menjadi panas pada bagian belakang.

7. Sinar Matahari

Jarang pengguna menyadari bahwa sinar matahari yang langsung mengenai HP bisa membuat suhu perangkat komunikasi tersebut menjadi panas. Paparan sinar matahari tersebut sangat cepat membuat HP panas sehingga tidak nyaman saat digunakan.

Cara Mengatasi HP Panas

Setelah mengetahui penyebab HP panas, ketahui juga cara untuk mengatasinya. Tidak akan kesulitan, beberapa cara ini sangat praktis untuk digunakan. Tanpa berlama lagi, berikut informasi lengkapnya:

  • Tidak menggunakan widget atau fitur-fitur pembantu secara berlebihan.
  • Tidak bermain game atau menonton online berjam-jam dengan cara memberikan batasan waktu.
  • Hindari mengatur kecerahan layar yang terlalu tinggi.
  • Menyimpan HP agar tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Mengganti baterai rusak dengan yang baru.
  • Menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan agar tidak menumpuk aplikasi terbuka.
  • Memastikan internet memiliki koneksi yang bagus dengan mengganti layanan atau berpindah tempat saat menggunakan HP.

Itulah beberapa informasi tentang apa penyebab HP panas dan cara mengatasinya. Setelah mengetahui informasi tersebut pengguna tidak perlu panik saat HP tiba-tiba panas.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id