Tips & Trik

Apa Penyebab Hp Cepat Panas dan Cara Mengatasinya? Berikut Ulasannya!

13
×

Apa Penyebab Hp Cepat Panas dan Cara Mengatasinya? Berikut Ulasannya!

Sebarkan artikel ini

Apa Penyebab Hp Cepat Panas dan Cara Mengatasinya? Ini Jawabannya

HP yang cepat panas menjadi suatu permasalahan bagi banyak orang. Sehingga banyak yang mengeluh dan mempertanyakan apa penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya. Oleh karena itu, ulasan ini akan membahas penyebab serta cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Kondisi HP yang cepat panas akan membuat performa tidak optimal. Jika masalah ini dibiarkan terlalu lama tanpa diatasi, maka akan membuat perangkat cepat rusak. Lalu, apa saja penyebab hp cepat panas dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Langsung saja Simak penjelasannya di bawah ini!

Penyebab HP Panas

HP yang cepat panas bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Nah, sebelum ke pembahasan bagaimana cara mengatasinya, maka harus tahu terlebih dahulu apa penyebab Hp tersebut panas, simak beberapa penyebab di bawah ini!

1. Karena Pengaturan Hp Belum Optimal

HP cepat panas bisa disebabkan karena pengaturan HP yang belum optimal. Misalnya saja kecerahan layar HP terlalu terang. Hal tersebut bukan hanya mengganggu kesehatan mata, tetapi juga membuat HP cepat panas dan baterai lebih cepat habis.

2. Akibat Bermain Game Terlalu Lama

HP yang sering sekali digunakan bermain game akan membuat HP cepat panas. Apa lagi jika game yang dimainkan adalah game berat seperti Mobile Legend. Jika HP digunakan untuk bermain game seharian, maka bukan hanya baterai HP menjadi cepat habis tetapi juga membuat HP lebih cepat panas.

3. Penggunaan Terus Menerus Tanpa Jeda

Penggunaan HP yang dilakukan terus menerus tanpa jeda akan membuat HP lebih cepat panas. Apalagi jika HP digunakan untuk menonton marathon film tanpa henti, menggunakan aplikasi secara bersamaan, atau bahkan menggunakan HP saat sedang diisi daya. Hal tersebut membuat baterai cepat habis dan HP cepat panas.

4. Faktor Lingkungan

Selain faktor internal dari HP itu sendiri, ternyata faktor eksternal dari lingkungan juga bisa membuat HP cepat panas. Coba perhatikan, saat berada di luar ruangan dan cuaca sedang panas, maka HP juga akan ikut terasa panas.

Begini Cara Mengatasinya

Dengan mengetahui penyebabnya, maka akan semakin mudah untuk mencari cara mengatasinya. Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar HP yang panas kembali normal? Dibawah ini beberapa cara mudah mengatasi HP yang cepat panas, diantaranya:

1. Periksa Kembali Pengaturan HP

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pengaturan HP yang belum optimal dapat menyebabkan HP menjadi cepat panas, maka cara mengatasinya adalah memeriksa kembali pengaturan HP. Jangan sampai kecerahan layar terlalu terang dan data internet atau Wi-Fi aktif saat sedang tidak digunakan.

2. Memberi Jeda pada Penggunaan HP

HP yang dipaksa bekerja terus menerus akan membuatnya cepat panas. Cara yang harus dilakukan adalah memberi jeda pada HP untuk istirahat. Jangan sampai dipaksa bermain game dan menonton video seharian bahkan pada saat mengisi daya. Selain itu, charger yang digunakan juga harus original bukan charger abal-abal.

3. Hapus File Sampah Secara Berkala

Penggunaan aplikasi secara bersamaan dan terus menerus dapat membuat file sampah menumpuk, jika file sampah tidak rajin dibersihkan akan membuat HP tidak bekerja secara optimal dan lemot. Bahkan jika file sampah tidak rajin dibersihkan akan membuat HP cepat panas.

4. Perhatikan Cara Menyimpan HP

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kondisi lingkungan yang panas juga menjadi penyebab HP cepat panas. Oleh sebab itu, jangan sampai HP dibiarkan dibawah sinar matahari secara langsung. Selain itu, jangan sampai HP disimpan ditempat tertutup tanpa adanya ventilasi udara yang cukup.

Nah, itulah penyebab serta cara mengatasi HP yang panas. Semoga ulasan ini dapat menjawab pertanyaan tentang apa penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya agar tidak membuat HP cepat rusak. Karena selain dapat merusak, HP yang kondisinya panas kemungkinan bisa meledak jika disimpan ditempat yang tidak aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *