Apa Penyebab Baterai Hp Cepat Habis? Cek Di Bawah Ini!

Apa Penyebab Baterai Hp Cepat Habis? Inilah Penyebabnya!

apa penyebab baterai hp cepat habis

Banyak pengguna mencari tahu apa penyebab baterai Hp cepat habis padahal charger. Hal ini tentu sangat menjengkelkan apalagi pengguna sedang bepergian. Apalagi jika pengguna tidak membawa powerbank, pasti akan sangat repot karena harus mencari tempat untuk mencharger.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab utama mengapa baterai Hp cepat habis. Hal ini penting dipahami pengguna Hp untuk mengantisipasi agar baterai Hp tidak cepat habis untuk mencari solusi jika baterai Hp cepat habis. Untuk lebih jelasnya simak terus penjelasan berikut:

1. Pemakaian Yang Over

Salah satu penyebab utama baterai Hp menjadi cepat habis yaitu karena pemakaian yang terlalu berlebihan. Dengan pemakaian yang terus-menerus tanpa henti, ditambah dengan penggunaan aplikasi yang berat tentu saja akan membuat Hp bekerja lebih keras membutuhkan konsumsi baterai yang banyak.

Hal inilah yang menyebabkan baterai habis dengan sangat cepat. Untuk menghindari baterai cepat habis maka gunakan lah Hp dengan sewajarnya. Terutama saat sedang di perjalanan agar tidak repot jika Hp tiba-tiba habis baterai dan tidak ada tempat untuk mencharger Hp.

2. Kecerahan Layar Terlalu Tinggi (Terlalu Terang)

Selain pemakaian yang over, faktor lain yang dapat menyebabkan baterai Hp cepat habis yaitu karena tingkat kecerahan layar terlalu tinggi. Perlu diketahui bahwa untuk menampilkan layar yang terang tentu membutuhkan energi baterai yang lebih banyak jika dibanding dengan layar yang redup.

Oleh karena itu agar baterai Hp tidak cepat habis sebaiknya pengguna mengatur tingkat kecerahan layar Hp dengan seminimal mungkin. Dengan begitu baterai akan bertahan sedikit lebih .

3. Pengisian Daya Tidak Optimal

Faktor lain yang dapat menyebabkan daya baterai cepat habis yaitu karena pengisian baterai yang tidak optimal. Tidak optimal nya pengisian baterai ini bisa terjadi karena listrik yang tidak stabil atau penggunaan charger yang tidak sesuai dengan Hp yang digunakan.

Pengguna harus paham bahwa charger yang memiliki daya input dan output yang tidak sesuai dengan kebutuhan Hp akan membuat baterai Hp cepat habis. Oleh karena itu harus disesuaikan, dan akan lebih baik jika charger yang digunakan adalah charger bawaan Hp.

4. Ada Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

Untuk pengguna yang sedang mencari tahu apa penyebab baterai Hp cepat habis perlu tahu, bahwa beberapa aplikasi seperti antivirus dan dapat berjalan di latar belakang. Sehingga meskipun pengguna sedang tidak menggunakan Hp, aplikasi-aplikasi tersebut akan terus bekerja.

Meskipun bekerja di latar belakang tentu saja tetap membutuhkan konsumsi daya yang lumayan besar. Sehingga tanpa disadari baterai menjadi cepat habis padahal pengguna tidak sedang menggunakan Hp.

5. Hp 24/7 Terkoneksi Jaringan

Mengkoneksikan Hp ke jaringan selama 24/7 memang sangat penting untuk terus mendapatkan informasi terbaru setiap saat bahkan ketika tidur. Namun perlu diketahui bahwa dengan mengkoneksikan Hp ke jaringan selama 24 jam penuh dapat menguras baterai lebih banyak sehingga baterai cepat habis.

Hal ini disebabkan saat Hp terkoneksi jaringan setiap saat selain mendapatkan info yang sangat penting, hal-hal yang tidak penting juga akan terus berjalan. Solusinya pengguna bisa menonaktifkan jaringan di saat-saat tertentu seperti saat tidur, dengan begitu baterai akan lebih hemat.

Nah demikianlah penjelasan mengenai apa penyebab baterai hp cepat habis yang perlu diketahui para pengguna Hp. Penjelasan yang telah dipaparkan di atas perlu dipahami para pengguna Hp untuk mengantisipasi baterai Hp yang cepat habis. Dengan begitu baterai Hp akan lebih tahan lama.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *