Software

Software Cloning Hardisk Terbaik dan Paling Aman

×

Software Cloning Hardisk Terbaik dan Paling Aman

Sebarkan artikel ini

Software Cloning Hardisk

software cloning hardisk

Banyak software cloning hardisk yang dapat digunakan untuk mengamankan hardisk komputer. Pasalnya, hardisk salah satu bagian penting dari sebuah komputer. Semua data pada komputer akan tersimpan otomatis ke dalam hardisk saat menyimpan data dalam komputer.

Sayangnya, tidak semua data yang disimpan dapat dijamin keamanannya karena bisa saja error maupun hilang. Maka dari itu pengguna harus menyalin data yang ada. Berikut 6 rekomendasi software untuk melakukan cloning hardisk terbaik dan aman.

1. Macrium Reflect 7

Software cloning hardisk yang pertama yaitu Macrium Reflect 7. Software ini paling aman digunakan baik untuk pengguna komersial maupun pribadi. Data komputer dapat dicadangkan ke drive lokal, USB, dan jaringan dengan kloning hardisk live.

Untuk penggunaan Macrium Reflect 7, pengguna dapat menggunakannya secara gratis. Sedangkan jika menginginkan versi utuhnya pengguna bisa mendapatkanya berbayar dan berlangganan dengan harga yang tidak terlalu mahal.

2. Acronis

Software untuk melakukan cloning hardisk berikutnya yaitu Acronis. Software ini dapat melakukan imitasi sistem operasi komputer, patch, software, hingga drive, sehingga memungkinkan untuk melakukan penggandaan secara bersamaan beberapa konfigurasi komputer.

Tak hanya itu saja, Acronis juga dapat membuat kapasitas hardisk lebih besar dengan melakukan penyekatan berkas hardisk. Perubahan ukuran juga bisa diatur melalui software ini, sehingga data akan lebih mudah ditemukan dan terlihat lebih rapi.

3. Software EaseUS TodoBackup

Melakukan cloning hardisk juga bisa dilakukan menggunakan software bernama EaseUS TodoBackup. Dengan software ini, pengguna dapat meningkatkan kinerja sebuah perangkat penyimpanan  dengan mengkloning HDD ke dalam SDD dengan tujuan performa komputer lebih cepat.

Dengan software ini, data komputer yang telah dihapus bisa dikembalikan, sehingga pengguna dapat mengatur isi hardisk dengan baik. Selain itu, penggunaan perangkat lunak ini, juga dapat menghindari resiko kehilangan data sehingga data jauh lebih aman.

4. Paragon Drive Copy Professional

Software penggandaan hardisk komputer selanjutnya bernama Paragon Drive Copy Professional. Software yang telah terbukti melakukan cloning hardisk dengan baik ini, dapat melakukan penyekatan hardisk dengan lebih besar. Akibatnya data komputer bisa ditampung dengan jumlah banyak.

Sayangnya, software ini tidak bisa didapatkan secara gratis. Untuk menggunakan software premium pengguna harus membayar sekitar 700 ribu. Namun dibalik harganya yang sedikit mahal, tidak sebanding dengan kualitas yang dihadirkan dari software yang satu ini.

5. Software Active@ Disk Image

Active@ Disk Image menjadi software berikutnya yang dapat melakukan cloning hardisk. Software ini bisa digunakan untuk melakukan cloning seperti SSD, USB, Blu-ray, USB, dan lain sebagainya yang dapat disimpan ke dalam folder.

Selain itu, software yang satu ini juga bisa melakukan upgrade PC, duplikasi disk, hingga beberapa kegunaan lainnya. Kemudian, fitur ini juga bisa dimanfaatkan pengguna guna menyalin file dari hardisk komputer ke tempat penyimpan external seperti flashdisk.

6. MiniTool Partition Wizard

Software untuk melakukan penggandaan hardisk yang terakhir yaitu MiniTool Partition Wizard. Selain dapat melakukan pengelolaan partisi hardisk, MiniTool Partition Wizard  dapat membantu memeriksa sistem file komputer dan dapat melakukan pembatasan dalam komputer agar rapi.

Kegunaan lain dari software ini yaitu untuk menentukan bagaimana penyekatan hardisk disusun agar data mudah ditemukan dengan fitur analisis yang ada. Data dalam hardisk juga tentunya bisa disalin ke tempat penyimpanan lainnya seperti penyimpanan SDD.

Itulan 6 software cloning hardisk yang bisa melakukan penyalinan hardisk dengan baik dan aman tentunya. Bagi pengguna komputer melakukan penggandaan data yang ada sangatlah perlu, tujuannya agar data-data penting yang ada tidak hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *