Software

Simak 5 Aplikasi Untuk Presentasi Tanpa Menghafal di Android Berikut!

×

Simak 5 Aplikasi Untuk Presentasi Tanpa Menghafal di Android Berikut!

Sebarkan artikel ini

Aplikasi Untuk Presentasi Tanpa Menghafal, Ini yang Bisa Digunakan

aplikasi untuk presentasi tanpa menghafal

Saat akan melakukan sebuah presentasi, biasanya pemateri akan menghafal keseluruhan atau inti dari bahan presentasinya. Namun, terdapat cara yang lebih gampang yaitu dengan memanfaatkan aplikasi untuk presentasi tanpa menghafal yang bisa membantu melancarkan proses presentasi. Aplikasinya bisa diperoleh secara gratis.

Tentunya momen presentasi menjadi sebuah hal yang menegangkan dikarenakan sebagai pemateri dituntut untuk menjelaskan bahan materi dengan baik dan rinci. Jika materi yang disampaikan kurang jelas, maka penonton juga akan merasa tidak paham dengan apa yang disampaikan. Berikut rekomendasi aplikasinya:

1. Parrot Teleprompter

Aplikasi untuk presentasi tanpa menghafal yang pertama adalah dengan menggunakan Parrot Teleprompter. Fitur yang ciamik dari aplikasi ini adalah dapat mengontrol kecepatan saat menggulir teks, mengubah ukuran teks, serta mengubah warna dari latar depan dan latar belakang.

Selain itu, Parrot Teleprompter bisa menuliskan teks dengan jumlah yang besar apabila naskahnya terlalu panjang. Penyinkronan semua skrip berformat .txt melalui Dropbox serta pemberian tanda khusus di semua skripnya juga menjadi salah satu fitur yang disajikan oleh aplikasi presentasi tersebut.

2. Selvi

Rekomendasi aplikasi selanjutnya untuk membantu kegiatan presentasi tanpa perlu menghafal adalah dengan mengaplikasikan Selvi. Fitur dari aplikasi ini dapat membantu pemateri untuk menggunakan kamera pada perangkat yang sama saat sedang presentasi. Jadi skrip yang dibutuhkan akan dapat muncul di layar.

Hal tersebut dapat membantu pemateri untuk lancar dalam mengutarakan materinya karena tidak perlu menghafal, melainkan cukup membaca teks yang sudah diaktifkan di layar. Kecepatan teks yang bergulir juga dapat disesuaikan sesuai kebutuhan dengan tampilan yang juga bisa diatur sesuka hati.

3. PromptSmart

Aplikasi selanjutnya yaitu PromptSmart yang dapat mengakses teknologi Voice Track. Fitur tersebut dapat mendeteksi suara pemateri dan dapat mengatur pengguliran teksnya. Adanya fitur tersebut akan mempermudah untuk dapat menyampaikan materi secara tepat. PromptSmart bisa diperoleh secara gratis di Play Store.

4. Elegant Teleprompter

Masih dengan ulasan mengenai rekomendasi aplikasi yang mempermudah presentasi tanpa hafalan, Elegant Teleprompter hadir dengan suguhan fitur teks yang bergulir di atas layar. Hal tersebut memudahkan siapapun yang sedang melakukan presentasi agar tidak perlu menghafal materi.

Baik untuk siswa, mahasiswa maupun pekerja seperti reporter pemula dapat memanfaatkan aplikasi tersebut untuk melakukan presentasi tanpa hambatan. Biasanya presentasi akan membuat gugup pemateri, namun dengan menggunakan Elegant Teleprompter sudah tak perlu lagi meragukan apapun.

5. BIGVU

Rekomendasi aplikasi yang terakhir bernama BIGVU ini bisa dijadikan alternatif untuk mempresentasikan materi tanpa perlu menghafal isinya. Fitur menarik di aplikasi ini adalah bisa menampilkan skrip hafalan, menambahkan terjemahan secara otomatis ke dalam video, mengedit teks, dan mengganti latar belakang.

BIGVU menjadi salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan agar dapat dimanfaatkan saat presentasi karena kemudahan aksesnya. Cara penggunaan aplikasi ini membutuhkan kiat-kiat khusus agar dapat menjalankannya dengan lancar dan tanpa hambatan apapun. Inilah tahapan pemakaiannya:

  • Login ke dalam aplikasi menggunakan email yang aktif.
  • Buka aplikasi.
  • Tulis teks yang akan ditampilkan di layar.
  • Mulai presentasi dengan mengaktifkan guliran teks pada layar.
  • Pengguna juga dapat langsung merekam presentasi melalui aplikasi.
  • Terakhir, pastikan jaringan internet aktif agar bisa menyimpan hasil video atau memproses teks yang akan ditampilkan pada layar.

Demikian penjelasan mengenai lima aplikasi untuk presentasi tanpa menghafal yang bisa langsung didapatkan melalui Play Store. Tentunya pelbagai aplikasi di atas dapat diunduh dengan gratis dan tak memerlukan biaya langganan untuk per bulannya. Presentasi kini jauh akan lebih mudah dilakukan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *