Software

Inilah 7 Aplikasi Stem Gitar Terbaik, Gratis, dan Akurat untuk Pengguna Android

×

Inilah 7 Aplikasi Stem Gitar Terbaik, Gratis, dan Akurat untuk Pengguna Android

Sebarkan artikel ini

Aplikasi Stem Gitar Terbaik yang Perlu Dicoba

aplikasi stem gitar terbaik

Dahulu setiap gitaris harus membawa alat setem elektronik yang berat dan besar untuk dapat menyelaraskan nada suara gitarnya. Kini sudah tersedia banyak pilihan aplikasi stem gitar terbaik dan praktis untuk para pengguna android.

Kemerduan suara instrumen tentu menjadi harga mati bagi para pemusik. Tidak terkecuali bagi para gitaris. Berikut adalah 7 aplikasi yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam penyeteman instrumen gitar:

1. Stem Guitar

Aplikasi Stem Gitar adalah aplikasi stem gitar terbaik nomor satu, dengan total jumlah unduhan sebanyak lebih dari 10 juta kali. Aplikasi ini kompatibel dengan android versi 2.3 atau versi diatasnya. 

Stem Gitar mampu menyetel nada dengan frekuensi dari 1 Hz hingga 2250 Hz. Pada saat pengaturan, pengguna perlu memperhatikan kondisi senar gitar saat menyetem, karena jika dipaksakan tali senar dapat putus.

2. DaTuner

Aplikasi DaTuner memiliki tampilan yang cukup sederhana namun serbaguna dan responsif. Merupakan aplikasi paling ringan dalam menyetem instrumen musik, dapat digunakan oleh yang masih pemula maupun profesional. Kompatibel dengan versi android 2.3.2 atau versi diatasnya.

Dibuat oleh pengembang Prometheus Interactive LLC, DaTuner membantu pengguna dalam menganalisis kemungkinan error atau terjadinya kesalahan serta mengatur nada frekuensi dasar di ambang kisaran 8 kHz hingga 48 kHz.

3. Cifra Club Tuner

Aplikasi tuner buatan Studio Sol ini sudah diunduh oleh 50 juta pengguna. Merupakan aplikasi stem gitar dengan tampilan paling sederhana dibanding aplikasi lainnya. Melalui Cifra Club, pengguna dapat memperoleh berbagai fitur canggih terkait dengan instrumen: ukulele, bass, banjo, standard guitar, serta acoustic guitar.

 4. Chromatic Tuner

Aplikasi stem gitar terbaik selanjutnya dibuat oleh pengembang asal Jerman dan kompatibel untuk android 4.1 atau diatasnya. Tampilan Chromatic Tuner termasuk sederhana, yaitu seperti analog jarum jam. Aplikasi ini mampu menyelaraskan suara instrumen dengan range mid hingga high pada frekuensi 70 Hz hingga 500 Hz.

 5. Free Guitar – Tuner

Ukuran aplikasi ini sangat ringan, yaitu dibawah 1 MB dan kompatibel dengan android versi 2.1 atau versi diatasnya. Beberapa instrumen yang dapat disetel melalui tuner ini, yaitu: ukulele, bass, standard guitar (6 atau 7 senar), gitar Drop D, dan gitar Drop C.

6. Pro Guitar – Tuner

Merupakan aplikasi yang dibuat langsung oleh salah satu pengembang sekaligus penyedia situs stem gitar online terpopuler. Sehingga tidak perlu diragukan lagi terkait keakuratan dari tuner ini.

Aplikasi ini sebetulnya ditujukan bagi pemusik yang sudah ahli di bidangnya (pro). Merupakan aplikasi yang dapat dinikmati secara gratis, tetapi akan ada beberapa iklan yang muncul. Sehingga pengguna disarankan untuk melakukan upgrade menjadi berbayar supaya tidak mendapat distraksi.

Sebagai aplikasi chromatic, Pro Guitar Tuner dapat dimanfaatkan untuk menyetem berbagai instrumen musik bersenar maupun tanpa senar. Tuner ini mampu menganalisis frekuensi secara langsung melalui berbagai alat eksternal seperti: headset, klip gitar, mikrofon, atau lainnya.

 7. Pano Tuner

Seperti aplikasi sebelumnya, Pano Tuner juga merupakan aplikasi chromatic yang dapat digunakan untuk penyeteman berbagai instrumen musik dengan senar seperti: biola, ukulele, bass, dan lainnya. Pengguna juga dapat menyelaraskan frekuensi berdasar genre musik favoritnya.

Jika pengguna ingin mendapatkan tambahan fitur lainnya, maka diarahkan untuk meng-upgrade akun Pano Tuner miliknya. Pada akun pro terdapat fitur canggih seperti pengaturan chords yang lebih dalam, dan sebagainya.

Demikian 7 aplikasi stem gitar terbaik yang direkomendasikan. Setiap aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Pengguna dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan keperluan dan tidak terlalu besar ukurannya, sehingga tidak mengganggu kinerja perangkat android yang digunakan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id