Software

5 Rekomendasi Aplikasi Penjawab Soal Fisika dengan Kamera Gratis yang Wajib Dicoba

16
×

5 Rekomendasi Aplikasi Penjawab Soal Fisika dengan Kamera Gratis yang Wajib Dicoba

Sebarkan artikel ini

Aplikasi Penjawab Soal Fisika dengan Kamera Gratis

Hadirnya aplikasi penjawab soal fisika dengan kamera gratis ternyata bisa menjadi alternatif belajar secara konvensional. Pengguna tidak harus berkutat dengan buku tetapi dapat berinteraksi langsung dengan guru lewat aplikasi. 

Cara ini tentu bisa meningkatkan pemahaman tentang materi fisika yang ditanyakan. Pengguna cukup memanfaatkan fitur kamera dan mengunggahnya ke aplikasi. 

Setelah itu, jawaban serta penjelasan akan muncul otomatis. Berikut ini rekomendasi aplikasi untuk belajar fisika dengan kamera yang wajib disimak.

1. Socratic

Dikembangkan oleh Google, aplikasi ini memudahkan pengguna untuk belajar serta menjawab soal matematika, fisika, biologi, kimia hingga sejarah. Socratic menghadirkan fitur yang bisa membantu menjawab soal dengan suara maupun kamera secara online.

Pengguna juga dapat menonton video penjelasan agar semakin mudah dipahami. Selain itu, Socratic bekerja sama dengan pakar dan guru untuk menjawab soal yang ditanyakan. Cukup unduh dan install aplikasi secara gratis lewat PlayStore maupun App Store.

Socratic sangat gampang diakses karena dilengkapi user interface sederhana. Caranya tinggal jalankan aplikasi kemudian klik ikon menu Pencarian. Lalu, tab kamera untuk mengambil foto soal fisika yang belum dipahami. Tunggu beberapa saat dan jawaban akan ditampilkan secara otomatis dan rinci.

2. PhotoStudy

Aplikasi penjawab soal fisika dengan kamera gratis selanjutnya yaitu PhotoStudy. Pengguna bisa mencari jawaban dan penjelasan tentang fisika hanya memfoto saja. Terdapat sesi obrolan dengan pakar dan guru selama sekitar 10 menit, sehingga pengguna lebih memahami materi.

Selain itu, pengguna dapat mengakses kembali sesi obrolan jika dibutuhkan. PhotoStudy dapat direkomendasikan untuk membantu menyelesaikan tugas maupun persiapan ujian. Tujuannya agar mengurangi resiko stress serta meningkatkan nilai akademik pengguna.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup gampang dan pastikan telah mengunduh serta memasangnya di ponsel. PhotoStudy telah tersedia di layanan App Store serta PlayStore gratis. Kemudian, jalankan aplikasi dan buat akun untuk menikmati rangkaian fitur di dalamnya.

Selanjutnya, pilih fitur obrolan dengan bot maupun guru fisika. Ambil foto soal fisika dengan kamera lalu unggah ke aplikasi. Setelah itu, pengguna akan menerima jawaban secara detail dan otomatis.

3. RoboGuru by RuangGuru

RuangGuru nampaknya menjadi inovasi dalam dunia pendidikan Indonesia. Aplikasi ini memudahkan pengguna belajar secara online dengan dukungan tutor atau guru yang kompeten di bidangnya. 

Tentunya perlu berlangganan agar bisa mengakses program bimbingan belajar sesuai mata pelajaran yang diinginkan. RoboGuru sendiri termasuk dalam aplikasi RuangGuru yang dapat diakses gratis oleh pengguna. 

Cukup jalankan aplikasi lalu cari fitur RoboGuru untuk mencari tahu jawaban lewat kamera. Pengguna hanya perlu mengambil foto soal fisika dan mengunggahnya ke aplikasi.

Kemudian, soal akan segera diproses selama beberapa detik. Pengguna nantinya akan menerima jawaban serta pembahasan rinci di aplikasi secara otomatis.

4. Photomath

Photomath dikenal sebagai aplikasi yang membantu pengguna memecahkan persoalan matematika maupun dengan praktis. Aplikasi ini bisa menjadi solusi cepat menyelesaikan tugas perhitungan hanya dengan memfotonya saja. Pastinya pengguna harus mengunduh Photomath lewat PlayStore atau Appstore dan memasangnya di ponsel.

Setelah itu, jalankan aplikasi dan arahkan kamera untuk memfoto soal fisika. Unggah hasil foto tersebut dan pengguna akan mendapatkan jawaban sekaligus penjelasan lengkap tentang soal tersebut.

5. Brainly

Aplikasi ini nampaknya menjadi favorit karena pengguna bisa menemukan jawaban dari berbagai pertanyaan seputar pelajaran di sekolah, terutama fisika. Pengguna dapat bergabung dengan komunitas untuk memudahkan diskusi dan menanyakan pertanyaan. Cukup tulis atau ambil foto saja, maka pertanyaan akan terjawab.

Demikian pembahasan tentang aplikasi penjawab soal fisika dengan kamera gratis. Semua aplikasi tersebut sudah tersedia di App Store maupun PlayStore untuk menunjang proses belajar. Mengakses aplikasi tentu menjadi alternatif untuk kegiatan belajar yang efisien dan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *