Software

Aplikasi Buku Kas untuk PC Terbaik, Kelola Keuangan dengan Praktis

16
×

Aplikasi Buku Kas untuk PC Terbaik, Kelola Keuangan dengan Praktis

Sebarkan artikel ini

Aplikasi Buku Kas untuk PC yang Harus Dimiliki

Mengamati arus kas merupakan bagian penting dalam pengelolaan keuangan. Saat ini, hadir aplikasi buku kas untuk PC yang dapat mempermudah masyarakat dalam mengelola keuangannya. Baik untuk perusahaan yang sedang merintis, keuangan pribadi dan keluarga, hingga mencoba memenuhi tujuan finansial jangka panjang.

Aplikasi keuangan saat ini semakin beragam. Tergantung dengan kebutuhan, pengguna dapat menggunakan berbagai fungsinya. Salah satu yang banyak dicari adalah buku kas, dimana pengguna dapat mengelola anggaran, melacak pengeluaran, dan lain-lain. Agar tidak keliru memilih, berikut beberapa rekomendasinya:

1. Quicken

Quicken adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk pengelolaan keuangan. Apps ini tidak hanya ada di versi desktop, melainkan juga merambah ke mobile. Quicken menghadirkan fitur pelaporan keuangan berkualitas. Beberapa fiturnya seperti anggaran, laporan, tagihan, hingga investasi.

Untuk memfungsikannya sebagai buku kas, pengguna Quicken dapat input data pembelian serta pendapatan. Keduanya bisa dibandingkan bersamaan, sehingga dapat disimpulkan apakah keuangannya sehat. Selain itu juga dapat menyatukan tagihan dari kartu kredit, melihat biaya yang harus dibayar, hingga menunjukkan portofolio investasi.

2. Money Lover

Rekomendasi aplikasi buku kas untuk PC selanjutnya adalah Money Lover, yang kini juga bisa digunakan di smartphone. Aplikasi ini populer dikarenakan fiturnya yang lengkap, dengan tampilan antarmuka sederhana dan mudah untuk digunakan. Meski ada versi premium, versi gratisnya pun cukup memadai.

Pengguna dapat mengandalkan Money Lover untuk melakukan pelacakan, penganggaran, hingga mengelola pinjaman. Keunggulannya yaitu dapat menambahkan jadwal untuk menerima uang yang sekaligus menjadi pengingat. Jadi, pengguna dapat mencatatkan pemasukan yang akan datang, misalnya pekan depannya.

3. Bukukas

Berikutnya ada Bukukas, aplikasi online yang dapat memudahkan penghitungan arus kas dalam bisnis. Aplikasi unik dengan logo lebah ini dilengkapi fitur yang beragam. Mulai dari mencatat transaksi, rekap otomatis, mengetahui keuntungan penjualan, hingga menerima dan mengirim uang tanpa biaya admin.

Selain itu juga dapat memantau performa bisnis, mengirimkan invoice, menagih piutang, serta mengelola stok barang secara otomatis. Di Bukukas, pengguna bisa membuat sendiri laporan keuangan secara detail dan lengkap. Berbagai fiturnya dapat membantu aktivitas keuangan dalam menjalankan bisnis maupun kebutuhan perseorangan.

4. GnuCash

Aplikasi buku kas untuk PC bernama GnuCash ini cocok untuk pengguna Windows, Mac, hingga Linux. GnuCash bertujuan membantu penggunanya dalam melaksanakan aktivitas dasar pada bidang keuangan. Contohnya melacak pendapatan, pengeluaran, rekening, sampai memantau pergerakan di pasar saham.

Berbekal satu aplikasi saja, pengguna dapat mengamati berbagai hal, termasuk menjadikannya buku kas untuk dipantau kapan saja. GnuCash bisa digunakan secara gratis, dengan bantuan akuntansi yang diperuntukkan bagi bisnis kecil. Sehingga para pebisnis berkesempatan mengelola pelanggan, vendor, menangani faktur, hingga pembayaran tagihan.

5. TurboCash

Mencari aplikasi buku kas untuk PC yang mendukung banyak bahasa, gratis, dan dibekali beragam fitur fungsional? TurboCash bisa menjadi jawabannya. Software ini telah berpengalaman sejak 1985 dalam membantu masyarakat mengelola keuangannya. Di TurboCash tersedia hingga 23 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Fiturnya yang lengkap cocok untuk UKM, freelancer, hingga pedagang. Tidak hanya sebagai buku kas, TurboCash juga bisa dimanfaatkan untuk menangani PPN, menangani pesanan, hingga debitur serta kreditur. Kinerjanya dapat dipercaya, sebab telah memiliki lisensi publik umum berupa GNU.

Demikian informasi tentang aplikasi buku kas untuk PC dengan kualitas terbaik. Kelima aplikasi yang disebutkan memiliki keunggulannya masing-masing. Pengguna bebas untuk memilih aplikasi mana yang sesuai kebutuhan dan preferensinya. Yang paling penting, aktivitas pembukuan kas dapat terbantu sehingga bisa memperbaiki pengelolaan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *