Software

Baca Ini! Aplikasi Belajar Online Gratis Dari Pemerintah Yang Siap Digunakan

×

Baca Ini! Aplikasi Belajar Online Gratis Dari Pemerintah Yang Siap Digunakan

Sebarkan artikel ini

Aplikasi Belajar Online Gratis Dari Pemerintah yang Bisa Diakses

aplikasi belajar online gratis dari pemerintah

Benarkah ada aplikasi belajar online gratis dari pemerintah? Tentu pertanyaan tersebut cukup sedikit asing karena umumnya aplikasi belajar online tidak disediakan gratis. Inilah yang menjadi salah satu faktor umum mengapa pelajar tidak bisa mengejar materi yang diajarkan di sekolah.

Namun, alasan tersebut tidak lagi bisa di kedepankan. Itu karena saat ini aplikasi belajar online memang sudah ada yang tersedia secara gratis, siap membantu pembelajaran siswa di rumah. Inilah daftar aplikasi aplikasi pembantu belajar gratis yang bisa diakses:

1. Rumah Belajar

Sudah banyak diketahui bahwa aplikasi pertama yang dirilis oleh Kemendikbud adalah Rumah Belajar bersama Kemendikbud. Aplikasi ini disediakan untuk seluruh pelajar di Indonesia dan bertujuan menjadi wadah penampung semua materi dan kegiatan belajar. Tentu saja aplikasi ini gratis.

Dalam aplikasi Rumah Belajar, disediakan materi yang super lengkap dari sistem. Dimulai dari materi sekolah dasar hingga materi sekolah tertinggi. Terdapat juga fitur kelas digital serta bank soal yang bisa diakses oleh seluruh pelaku pendidikan, yaitu guru dan juga siswa.

2. Zenius

Siapa yang tidak mengetahui perihal aplikasi Zenius? Aplikasi ini telah lama ada di Indonesia dan banyak membantu kegiatan belajar anak anak Indonesia. Kini, Zenius bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan untuk memberikan fasilitas materi gratis yang bisa diakses siapa saja.

Fitur Zenius bisa dikatakan cukup lengkap. Mulai dari video pembelajaran, video animasi dan ilustrasi, materi pelajaran yang lengkap, serta bank soal. Supaya tidak tercampur, materi pembelajaran dipisah per sub bab agar siswa tidak kesulitan mencari materi belajar yang diinginkan.

3. Ruangguru

Selanjutnya, ada sebuah aplikasi belajar besar lainnya yang sudah lama eksis di Indonesia. Aplikasi tersebut bernama Ruangguru dan kini menjadi salah satu aplikasi belajar online gratis dari pemerintah. Ini terjadi setelah secara resmi Ruangguru menyatakan bekerja sama vertikal dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tidak kalah dari aplikasi lain, Ruangguru juga memiliki bahan materi atau bahan ajar yang lengkap. Cocok digunakan oleh siswa maupun pengajar. Terdapat juga video tutorial atau les online sehingga memudahkan pemahaman siswa dalam mempelajari suatu materi yang sulit.

4. Meja Kita

Pernah dengar nama aplikasi Meja Kita? Selain Rumah Belajar Kemendikbud, Meja Kita juga merupakan aplikasi belajar gratis lainnya yang difasilitasi oleh pemerintah. Secara dasar sama seperti yang lain, aplikasi Meja Kita menyediakan catatan materi yang diambil dari seluruh Indonesia.

Aplikasi Meja Kita memungkinkan penggunanya untuk saling terhubung dalam kelas. Bertanya, menjawab, berdiskusi, serta berbagi soal bisa dilakukan di kelas online Meja Kita. Aplikasi seperti ini harus dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan.

5. SekolahMu

Aplikasi terakhir adalah SekolahMu yang merupakan aplikasi belajar digital pertama di Indonesia. Memiliki beberapa fitur yang mendukung kegiatan belajar mengajar secara penuh. Mulai dari membuat program belajar, mengisi soal, menanyakan materi hingga mengejar materi karir.

Masing masing fitur tersebut dinamai KelasMu, UjianMu, TanyaMu dan KarirMu. Semua fitur tersebut benar-benar bisa digunakan secara cuma-cuma. Itu karena aplikasi SekolahMu resmi ditujukan untuk mengeksplorasi minat belajar serta bakat setiap siswa yang menggunakannya.

Di atas itulah sejumlah aplikasi belajar online gratis dari pemerintah siap pakai. Tidak ada salahnya memang untuk memilih aplikasi belajar sebagai salah satu sarana mengejar materi. Selain gratis, aplikasi belajar di atas juga bisa diakses dimanapun dan kapan saja.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id