Security

3 Cara Melihat IP Address Wifi yang Mudah Dipahami

42
×

3 Cara Melihat IP Address Wifi yang Mudah Dipahami

Sebarkan artikel ini

Cara Melihat IP Address di Laptop dan Android [Terlengkap!]

Photo by Ivan Samkov on <a href="https://www.pexels.com/photo/businessman-man-person-people-7620578/" rel="nofollow">Pexels.com</a>

Setiap komputer atau gawai memiliki sebuah deretan angka sebagai sebuah identitas unik terutama ketika pengguna sedang tersambung dengan koneksi internet. Deretan angka tersebut sering kali dikenal dengan istilah IP Address. Bagaimana cara melihat IP Address wifi yang sedang terkoneksi internet?

Tidak semua orang mengerti bagaimana cara melihat IP Address jaringan internet yang sudah terkoneksi dengan perangkat seperti komputer. Jenis IP Address yang sering dijumpai adalah IPv4 dan IPv6. Untuk melihat alamat jaringan tersebut, simaklah beberapa penjelasan yang akan dipaparkan berikut:

1. Lihat Melalui Mesin Pencarian Google

Tidak banyak diketahui bahwa google dapat membantu pengguna internet dalam mengetahui IP Address jaringan internet yang sedang tersambung dengan perangkat komputer. Caranya sangat simple, cukup dengan mengetikan “WHAT IS MY IP” pada mesin pencarian google kemudian enter dan kemudian muncul angkanya.

  • Terkoneksi internet. Sambungkan perangkat HP atau komputer dengan koneksi Internet untuk mengakses halaman google.
  • Buka browser. Mesin pencarian internet yang sering digunakan sudah sangat bervariasi seperti Firefox, Google Chrome, atau Microsoft Edge.
  • Masuk ke mesin pencarian. Ketikan google.com untuk memulai pencarian atau dapat langsung ketikan apa yang akan dicari melalui kolom pencarian browser.
  • Ketikan “WHAT IS MY IP”. Setelah menuliskan kalimat tersebut tekan enter untuk masuk ke halaman yang dicari.
  • Tunggu hingga pencarian selesai. Setalah proses pencarian selesai dan ditemukan, maka informasi berupa IP Address dengan deretan angka akan muncul.

2. Gunakan Fitur Network and Sharing Pada Komputer

Kedua, cara melihat IP Address wifi adalah dengan memanfaatkan fitur network and sharing pada komputer. Langkah-langkah untuk membuka fitur tersebut dapat terbilang yang diperlukan cukup panjang. Simak dan perhatikan petunjuk yang telah disediakan berikut ini:

  • Arahkan kursor pada icon start pada windows.
  • Buka menu setting atau pengaturan.
  • Arahkan kursor pada pilihan network & internet.
  • Pilih status untuk menemukan kolom network and sharing center.
  • Buka kolom tersebut dan kemudian klik koneksi internet yang sedang dipakai.
  • Setelah muncul halaman Wi-Fi status pilih detail dan pengguna akan menemukan IP Address yang dicari.

3. Buka Command Prompt atau CMD

Cara ketiga, menggunakan fitur Command Prompt pada sistem operasi windows. Untuk memasuki fitur ini pengguna bisa membukanya dengan menekan fitur pencarian pada layar ketik CMD lalu klik open atau dengan kombinasi tombol pada keyboard. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tekan tombol kombinasi pada keyboard. Untuk membuka halaman Run, pengguna dapat mencoba untuk menekan tombol icon windows + R.
  • Muncul halaman Run. Halaman Run akan muncul di pojok kiri bawah pada layar. Pada kolom open tulis CMD dan klik OK atau tekan tombol enter.
  • Ketikan ipconfig pada baris. Setelah membuka Command Prompt ketikan “ipconfig” tanpa tanda petik pada baris “C:WINDOWSsystem32>” lalu tekan enter.
  • Proses pencarian. Tunggu sampai deskripsi informasi muncul. Informasi yang muncul biasanya terdiri dari 4 jenis. Beberapa info yang akan terpampang pada halaman CMD adalah seperti Link Local IPv6 Address, Subnet Mask, IPv4 Address, dan Default Gateway.
  • Cari IP Addres. Nomor unik IP Address selalu berisikan 3 digit angka pada baris pertama sampai ketiga, dan 2 digit pada baris terakhir. Contoh nomor IP Address yang akan dijumpai seperti 168.198.100.32.

Itulah beberapa informasi mengenai bagaimana cara melihat IP Address wifi pada perangkat komputer yang sedang terhubung dengan internet. Silahkan ikuti langkah-langkah di atas jika ingin mengetahui berapa nomor IP Address yang tertera pada jaringan internet pengguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *