Games

5 Rekomendasi Game Mengasah Otak Kanan dan Kiri untuk Anak

×

5 Rekomendasi Game Mengasah Otak Kanan dan Kiri untuk Anak

Sebarkan artikel ini

Game Mengasah Otak Kanan dan Kiri yang Harus Dicoba

game mengasah otak kanan dan kiri (1)

Selama ini, bermain game menjadi topik yang menuai banyak pro dan kontra khususnya pada anak-anak. Banyak kekhawatiran, jika game berdampak buruk terhadap perkembangan anak. Padahal ternyata ada game mengasah otak kanan dan kiri, yang bisa membantu perkembangan otak anak.

Ada berbagai jenis game yang aman dimainkan sekaligus dapat melatih kejelian dan ketangkasan anak. Permainan berikut bisa ditemukan di Play Store dan gratis. Apa saja game tersebut? Mari simak ulasanya berikut ini:

1. Dancing Line

Rekomendasi game mengasah otak kanan dan kiri yang pertama adalah Dancing Line. Permainan ini, mengajak pemain untuk menyeimbangkan gerakan tangan dengan suara yang diperdengarkan oleh game. Pemain harus mampu mengendalikan garis sambil mengikuti irama dari game.

Anak akan berlatih untuk fokus dan menggerakkan tangan, selaras dengan indra pendengarannya. Untuk memenangkan permainan, anak harus mengendalikan garis sesuai dengan irama gerakan yang diberikan. Semakin sesuai gerakan garis, maka akan semakin tinggi skor yang didapatkan.

2. Color Switch

Permainan ini menampilkan aneka desain dengan berbagai warna yang sangat menarik untuk anak-anak. Tampilan desain yang penuh warna ini bukan tanpa alasan. Warna-warna yang ditampilkan pada permainan ini, merupakan inti dari permainan. Pemain harus mencocokkan warna bola dengan warna rintangan yang menghalau.

Singkatnya, pemain akan diminta untuk memantulkan bola ke arah rintangan. Setiap rintangan akan menampilkan warna yang berubah-ubah. Tugas pemain adalah mencocokkan warna bola agar sesuai dengan warna rintangan sehingga dapat menghancurkannya.

3. Tile Connect

Melatih fokus dan ketelitian, merupakan dua kemampuan yang bisa dilatih dengan permainan ini. Tile Connect termasuk dalam daftar game mengasah otak kanan dan kiri yang mengasyikkan. Anak akan diajak untuk mengenali gambar pada masing-masing tampilan kotak.

Gambar pada kotak ini tidak beraturan. Artinya, kotak satu dan lainnya tidak mempunyai gambar yang sama. Tugas si anak adalah menghubungkan kotak dengan gambar yang sama. Saat dua kotak dengan gambar yang sama terhubung, kedua kotak tersebut akan hancur.

4. Unblock Me

Rekomendasi game yang dapat mengasah kemampuan otak di Play Store berikutnya adalah Unblock Me. Game ini merupakan permainan yang mengasah kemampuan logika berpikir. Permainan ini, meminta pemain untuk mengeluarkan balok berwarna merah agar dapat keluar atau turun ke bawah tanpa halangan dari balok lain.

Untuk mengeluarkan balok berwarna merah, pemain perlu menggeser balok-balok lain untuk membuka jalan keluar bagi balok merah. Di sinilah kesulitan game ini. Pemain harus bersabar dan mengidentifikasi gerakan yang tepat untuk membuat jalan keluar bagi balok merah. Tertarik untuk mencobanya?

5. Brain Out

Terakhir, game ini cocok untuk melatih kemampuan logika sekaligus kreativitas berpikir anak. Siapa yang tidak mengenal game Brain Out? Game satu ini, memberikan teka-teki unik yang menggabungkan cara berpikir kreatif sekaligus logis. Setiap tebakan akan memberikan instruksi yang menjebak.

Pemain harus berusaha berpikir out of the box untuk dapat menyelesaikan masalah berupa teka-teki yang diberikan permainan. Jika berhasil menyelesaikan tebakan, pemain bisa melanjutkan ke permainan berikutnya dan naik level. Akan tetapi, sebaiknya game ini dimainkan oleh anak-anak yang sudah bisa membaca.

Itulah ulasan rekomendasi game mengasah otak kanan dan kiri yang bisa dicoba untuk anak-anak. Meskipun permainan di atas baik untuk perkembangan otak anak, namun disarankan untuk membatasi waktu bermain atau screen time anak untuk tetap menjaga kesehatan matanya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id