Games

Ini Dia 5 Game Kelompok Outdoor yang Cocok untuk Team Building

11
×

Ini Dia 5 Game Kelompok Outdoor yang Cocok untuk Team Building

Sebarkan artikel ini

Referensi Game Kelompok Outdoor, Melatih Kerjasama

Untuk membangun kepercayaan, komunikasi, kolaborasi, dan mengurangi konflik di antara karyawan, perusahaan biasanya melakukan team building. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan banyak cara, memainkan game kelompok outdoor adalah salah satunya. Selain lebih leluasa, berkegiatan secara outdoor membuat suasana lebih fresh.

Terdapat banyak jenis game yang bisa dimainkan secara outdoor. Namun jika untuk team building, game yang dipilih harus memiliki nilai, seperti melatih kekompakan, kerja sama, kepercayaan, dan problem solving. Lantas, game kelompok apa saja yang bisa dipilih untuk team building?

1. Pipa Bocor

Kelompok yang bermain dalam game ini diharuskan untuk bekerja sama memindahkan air menggunakan pipa dari suatu tempat ke tempat lain. Sesuai namanya, pipa yang digunakan untuk game ini berlubang, sehingga pemainnya harus menutup lubang agar air tidak habis sampai tujuan.

Game pipa bocor ini mengajarkan nilai kerja sama serta kekompakan dalam tim saat bekerja. Meskipun banyak kekurangan yang terdapat dalam perusahaan, selama karyawan kompak dan bekerja sama, semua bisa tertutupi. Itulah kurang lebih pesan yang ingin disampaikan oleh game ini.

2. Kawat Listrik

Kawat Listrik dalam permainan ini merupakan perumpamaan semata. Misi utama yang harus dilakukan pemain adalah melompati sebuah tali yang melintang tanpa menyentuhnya sama sekali sambil bergandengan. Jika menyentuh tali, permainan harus diulangi, ibaratnya para pemain sudah terkena kawat listrik.

Hal yang membuat permainannya semakin sulit adalah satu orang harus ditutup matanya. Maksud dari game Kawat Listrik ini adalah anggota tim lain harus merangkul anggota yang ‘tidak sempurna’. Karyawan harus berusaha bekerja sama untuk menyempurnakan pekerjaan tim dan mencapai target.

3. Dragon Ball

Ada game lain yang bisa dimainkan dengan menggunakan pipa yang berlubang, yaitu Dragon Ball. Kelompok tercepat yang berhasil memunculkan bola yang berada di dalam pipa merupakan pemenangnya. Agar cepat terisi, anggota kelompok harus bahu-membahu menutup lubang agar air cepat penuh.

Aspek yang terasah dari game kelompok outdoor ini adalah aspek komunikasi, kekompakan, serta bagaimana sebuah kelompok melakukan problem solving. Meskipun termasuk game low impact, namun game Dragon Ball efektif untuk membuka personal block karyawan dan meningkatkan sinergi diantara tim.

4. Tarik Tambang Lumpur

Jika mencari game yang membutuhkan kekuatan tubuh yang baik dan melatih tim menyusun strategi, Tarik Tambang Lumpur bisa menjadi pilihan. Adanya lumpur dalam permainan akan membuat permainan ini semakin menarik, tentunya lebih aman jika terjatuh karena permukaan lumpur lebih empuk.

Tarik Tambang Lumpur ini melatih kerja sama dan penyusunan strategi taktis. Kelompok dengan strategi dan kerja sama yang paling baik pasti bisa memenangkan game ini dengan mudah. Jika penyusunan strategi buruk, kelompok bisa kalah dan berakhir dengan mandi lumpur.

5. Hujan Salju

Hujan Salju ini merupakan game yang bisa dimainkan oleh 8-10 orang dalam kelompok. Semua pemain harus duduk berbaris dengan bentuk memanjang ke belakang. Nantinya, peserta terdepan akan mengambil tepung untuk diestafetkan dari atas kepala ke belakang, tentunya tidak boleh menoleh.

Pemenangnya adalah kelompok yang memindahkan tepung terbanyak. Hujan Salju membangun tim dengan melatih kerja sama serta fokus. Pemainnya juga akan tertawa ketika melihat pemain lain putih semua akibat ketumpahan tepung. Permainan ini lucu namun tetap memiliki nilai untuk perkembangan karyawan.

Bagaimana 5 game kelompok outdoor yang sudah dibahas tadi? Terlihat seru dan menyenangkan, bukan? Membangun sebuah tim tidak harus dengan melakukan seminar atau workshop. Memainkan permainan outdoor sederhana pun bisa membantu banyak tim di perusahaan agar bertumbuh dan semakin solid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *