BisnisGames

Apa itu Real Money Trading (RMT) dalam Dame

×

Apa itu Real Money Trading (RMT) dalam Dame

Sebarkan artikel ini

Real Money Trading atau disingkat RMT menjadi peluang untuk menghasilkan uang dari game online, bahkan rmt menjadikan bisnis baru yang cukup menggiurkan bagi para pemain game. Tentu dengan persyaratan pertukaran seperti mata uang atau item didukung dalam sebuah game.

Pengertian Real Money Trading

Real Money Trading atau RMT adalah pertukaran baik berupa mata uang atau item dalam sebuah game dengan mata uang asli. Ini terjadi antara satu player dengan player yang lain.

Contohnya Player A membeli sebuah item dalam game MMORPG kepada Player B, disini Player A akan mendapatkan item dari Player B sebaliknya Player B akan mendapatkan uang asli dari Player A. Biasanya proses tersebut ditengahi oleh orang terpercaya, supaya tidak terjadi penipuan dari salah satu pihak.

Sejarah Real Money Trading

Menurut Richard Bartle dan Jessica Mulligan yang dikutip dari engadget, penjualan item dalam game telah terjadi sekitar tahun 1987 dan penjualan karakter game terjadi sekitar tahun 1989. Namun RMT waktu itu masih dalam skala yang kecil jika dibandingkan dengan sekarang.

Entah kapan tahun pastinya namun eBay salah satu online marketplace terbesar di dunia mulai mendukung RMT, dan hal tersebut menjadikan RMT ke tingkat yang lebih tinggi. Hingga suatu hari eBay mengumumkan kebijakan baru, dimana RMT dilarang di platform mereka. Hal tersebut karena banyak yang memprotes eBay bahwa RMT telah membuat permainan menjadi tidak sportif lagi.

Untuk saat ini Real Money Trading tetap berlangsung baik di sebuah grup maupun marketplace. Meski sebuah game online melarang pemain-nya untuk melakukan RMT, tetap saja para pemain masih melakukan-nya secara ilegal.

Kenapa Pemain Melakukan Real Money Trading

Biasanya pihak penjual melakukan rmt untuk mendapatkan penghasilan tambahan maupun penghasilan tetap. Ada juga pemain yang sudah pensiun dari sebuah game dan menjual akun atau item mereka, daripada tidak dimainkan lebih baik dijual saja bukan?

Sedangkan untuk pihak pembeli, entah itu pemain yang tidak mempunyai waktu atau pun yang malas dalam prosesnya biasanya mereka menginginkan naik level atau mendapatkan barang tertentu secara cepat.

Selain dari itu, ada juga pemain yang membeli dengan harga murah lalu menjualnya dengan harga yang lebih mahal, mereka menjual dan membeli seperti sebuah bisnis namun dalam game.

Manfaat Real Money Trading

Dengan adanya rmt menjadikan penghasil uang bagi para pemain game online, dengan begitu sebuah komunitas game akan berkembang.

Selain itu pemula yang tidak ingin repot mendapatkan item bisa dengan mudah membelinya dari orang lain dengan uang asli.

Dampak Buruk Real Money Trading

RMT memiliki lebih banyak dampak buruk dibandingkan dengan manfaatnya. Dampaknya pengembang game bisa rugi, hal ini dikarenakan pembelian mata uang atau item tidak dilakukan kepada pengembang melainkan kepada player lain sedangkan pihak pengembang tidak mendapatkan apa-apa.

Selain itu permainan juga menjadi tidak seimbang, bayangkan saja ada player baru yang tiba-tiba memiliki senjata yang kuat karena mereka membeli item dari player lain. Hal ini bisa menyebabkan pemain berhenti untuk memainkan game dan pindah ke game lainnya, juga masih banyak dampak buruk lain dari RMT dalam game.

Kesimpulan

Selama RMT tidak dilarang oleh pihak pengembang kita bisa melakukan-nya baik untuk alasan keuangan ataupun alasan lainya selama alasan tersebut tidak melanggar hukum.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id