Gadget

Realme V30: Kompromi Smartphone dengan Harga Terjangkau

×

Realme V30: Kompromi Smartphone dengan Harga Terjangkau

Sebarkan artikel ini
Realme V30

Mencari smartphone yang ramah anggaran bisa menjadi tantangan. Hal ini karena produsen sering membuat kompromi untuk menurunkan biaya. Sayangnya, Realme V30 adalah contoh utama produk yang gagal menemukan keseimbangan yang tepat.

Dari segi penampilan, ponsel ini cuku sederhana, tetapi tidak selalu buruk. Ini menampilkan modul kamera yang bergaya dan bezel layar kecil. Akan tetapi, casing plastik yang murah dan kurangnya sensor sidik jari mengurangi keseluruhan desain.

Spesifikasi dari Detail lain Dari Realme V30

Realme V30 menggunakan layar IPS 6,52 inci. Ini adalah campuran, dengan kecerahan dan akurasi warna yang baik, tetapi resolusi HD+ dasar dan hanya dibekali refresh rate 60Hz. Selain itu, lapisan oleophobic lemah, yang menghambat respons sentuhan.

Dari segi kinerja, ini bisa dibilang cukup standar. CPU MediaTek Dimensity 700 dan grafis Mali G57MC2, ditambah dengan RAM 4GB / 6GB / 8GB. Namun ponsel ini sudah mendukung jaringan 5G dan menyediakan antarmuka Android 12 yang mulus. Meskipun dapat menangani banyak game, tapi hanya bisa menggunakan pengaturan grafis yang lebih rendah.

Ponsel ini juga memiliki penyimpanan 64/128/256GB, yang dapat diperluas dengan kartu microSD. Daya tahan baterainya bagus, dengan 9-10 jam waktu aktif layar.  Baterai sudah 5000mAh, tetapi kecepatan pengisian daya 10W terbilang mengecewakan.

Kamera adalah kelemahan dari ponsel ini. Sensor 13MP dan 2MP tidak memiliki stabilisasi optik dan menghasilkan foto yang biasa-biasa saja bahkan di siang hari. Apalagi noise dan hilangnya detail hasil foto bisa menjadi masalah umum. 

Hasil jepretan di malam hari hampir selalu buruk. Selain itu, tidak ada NFC, tidak ada speaker stereo, dan tidak ada FDD-LTE B7. Dan ini beberapa kekurangan lain:

  • Tidak ada dukungan NFC
  • Tidak ada pengisian daya nirkabel
  • Dukungan pengisian daya cepat
  • Tidak ada port inframerah
  • Tidak ada ketahanan air IP68
  • Dukungan kartu microSD
  • Soket headphone 3,5 mm standar.

Singkatnya, Realme V30 adalah kompromi ponsel murah yang gagal di beberapa bidang penting. Meskipun memiliki beberapa hal positif, tetapi fitur-fitur lain yang hilang mengurangi pengalaman keseluruhan. Selain itu, ponsel ini juga belum bisa dipastikan akan dijual di Indonesia atau tidak.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id