Gadget

4 Perbedaan Layar Amoled dan IPS Dalam Berbagai Aspek

×

4 Perbedaan Layar Amoled dan IPS Dalam Berbagai Aspek

Sebarkan artikel ini
perbedaan layar amoled dan ips

Dalam era teknologi layar modern, persaingan antara teknologi AMOLED dan IPS semakin mendominasi pasar perangkat elektronik. Perbedaan mendasar antara keduanya mencakup karakteristik visual, konsumsi daya, dan fleksibilitas penggunaan. Banyak yang belum paham mengenai perbedaan layar amoled dan ips ini. Oleh karena itu berikut akan dibahas secara lengkap.

Perlu diketahui bahwa pemahaman yang baik tentang perbedaan ini akan membantu konsumen membuat pilihan yang tepat sesuai kebutuhan. Bagi yang penasaran langsung saja simak uraian lengkapnya dibawah ini:

Apa itu layar Amoled dan Layar IPS?

Layar AMOLED, singkatan dari Organic Light Emitting Diode Active Matrix, adalah jenis tampilan yang populer dalam peranti elektronik seperti telefon pintar, televisi, dan layar komputer. Dengan menggunakan dioda organik, layar AMOLED mampu menghasilkan cahaya sendiri bila arus listrik mengalir nya.

Berbeda dengan layar LCD (Liquid Crystal Display) yang memerlukan pencahayaan belakang, layar AMOLED tidak membutuhkan sumber cahaya tambahan karena setiap pikselnya mampu mengeluarkan cahaya sendiri saat aktif. Ini membawa kepada penggunaan tenaga yang lebih rendah, kontras yang lebih tinggi, dan warna yang lebih jelas pada layar AMOLED berbanding dengan LCD.

Selain itu, karena setiap piksel dapat dinyalakan secara independen, layar AMOLED juga dapat mencapai tingkat hitam yang lebih dalam, meningkatkan kontras dan kejernihan gambar.

Sedangkan untuk layar IPS adalah Layar IPS adalah singkatan dari In-Plane Switching. Ini adalah jenis teknologi layar yang sering digunakan dalam perangkat elektronik seperti monitor komputer, televisi, dan ponsel pintar.

Layar IPS memiliki keunggulan utama dalam bidang sudut pandang yang luas dan reproduksi warna yang akurat. Ini berarti gambar tetap terlihat jelas dan warna tetap konsisten bahkan saat dilihat dari sudut yang ekstrem. Hal ini berbeda dengan teknologi layar lain seperti TN (Twisted Nematic), di mana gambar cenderung mengalami perubahan warna dan kecerahan saat dilihat dari sudut yang ekstrem.

Selain itu, layar IPS juga cenderung memberikan kontras yang lebih baik daripada layar TN, meskipun mungkin tidak sebaik layar AMOLED dalam hal kontras yang sangat tinggi. Ini membuat layar IPS menjadi pilihan yang baik untuk penggunaan di mana akurasi warna dan sudut pandang yang luas lebih penting daripada tingkat kontras yang sangat tinggi.

Perbedaan Layar Amoled dan Ips

Terdapat banyak perbedaan dari layar amoled dan IPS ini. Bagi kaum awan tentu tidak memahami betul dari perbedaan kedua layar ini. Bagi yang penasaran bisa simak uraian lengkapnya dibawah ini untuk mengetahui perbedaaan dari layar ini apa saja.

1. Teknologi Dasar

Yang pertama terletak pada teknologi dasarnya. Untuk layar amoled biasanya Menggunakan bahan organik yang dapat menghasilkan cahaya saat dialiri listrik. Selain itu juga Setiap piksel memiliki lampu sendiri yang dapat dinyalakan atau dimatikan secara independen.
Serta Tanpa kebutuhan lapisan pencahayaan belakang, sehingga lebih tipis dan ringan.

Sedangkan untuk layar IPS, Menggunakan cairan kristal yang diatur secara elektrik untuk mengatur cahaya yang melewati panel. Memiliki lapisan pencahayaan belakang yang konstan. Dan yang lebih umum digunakan dalam panel LCD (Liquid Crystal Display) daripada OLED.

2. Kontras

Selanjutnya yaitu terletak pada kontras nya. Pada layar Amoled lebih memiliki rasio kontras yang lebih tinggi karena piksel hitam benar-benar mati, sehingga tidak ada cahaya yang dipancarkan. Serta memiliki kemampuan untuk mencapai warna hitam yang lebih dalam, yang meningkatkan kontras keseluruhan.

Sedangkan untuk layar IPS, Meskipun kontras IPS telah meningkat, biasanya tidak sebaik AMOLED karena lampu layar tetap menyala, sehingga hitam tidak begitu pekat.

3. Warna dan Kualitas Gambar

Kemudian perbedaan yang terletak pada warna dan kualitas gambar, tentu banyak perbedaan dari kedua layar ini. Layar Amoled cenderung memiliki warna yang lebih hidup dan jenuh karena setiap piksel menghasilkan cahaya sendiri.

Selain itu juga dapat mencapai tingkat kecerahan yang lebih tinggi, yang meningkatkan pengalaman menonton video dan bermain game.

Sedangkan untuk layar IPS, warna IPS lebih akurat dan konsisten dari sudut pandang yang luas, tetapi mungkin terasa kurang hidup atau jenuh dibandingkan dengan AMOLED.

4. Sudut Pandang

Perbedaan pada sudut pandang. Tentu banyak perbedaanya dari layar Amoled dan IPS ini. Sudut pandang pada layar amoled ini cenderung memiliki sudut pandang yang sangat luas tanpa perubahan signifikan dalam kualitas gambar atau warna.

Sedangkan untuk layar IPS memiliki sudut pandang yang lebih luas dibandingkan dengan teknologi LCD lainnya, tetapi mungkin mengalami sedikit penurunan kualitas gambar atau kecerahan dari sudut yang ekstrem.

Demikianlah informasi seputar perbedaan layar amoled dan ips. Pembahasan diatas telah disebutkan dengan jelas mengenai pengertian dari layar amoled dan ips serta perbedaan dari kedua layar ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id