Gadget  

Inilah 5 Penyebab Speaker HP Bunyi Kresek

Penyebab Speaker HP Bunyi Kresek, Ini Biasanya yang Terjadi

penyebab speaker hp bunyi kresek

Salah satu komponen hardware penting yang terdapat pada HP adalah speaker karena merupakan tempat keluarnya suara. Jika speaker rusak tentu akan tidak nyaman. Maka akan lebih baik jika pengguna mengetahui penyebab speaker HP bunyi kresek agar bisa diatasi.

Makanya, merawat komponen HP yang satu ini tentu wajib dilakukan agar speaker tetap awet. Dengan merawatnya, suara yang keluar dari speaker juga akan tetap jernih. Namun jika terdapat bunyi kresek, salah satu bawah ini bisa jadi penyebabnya.

1. Debu di Dalam Speaker

Penyebab speaker HP bunyi kresek pertama yang paling umum yaitu adanya debu di dalam speaker. Bisa jadi bunyi kresek yang cukup mengganggu karena adanya debu. Jika terdapat tumpukan debu yang tebal, tentu akan mempengaruhi performa speaker-nya.

Parahnya jika partikel debu tersebut terlanjur terserap jauh ke dalam speaker, maka menyebabkan suara yang keluar jadi tidak enak didengar. Sudah tentu pengguna harus ekstra dalam membersihkan debu yang terserap tersebut. Maka dari itu, rajinlah dalam membersihkan komponen hardware pada HP.

2. Kutub pada Lilitan Coil Lepas atau Longgar

Solderan timah yang ada di coil lilitan speaker yang longgar dapat menyebabkan arus listrik tidak mengalir optimal. Makanya, suara yang dihasilkan menjadi berisik yang terkadang bagus terkadang pecah. Kutub yang longgar bisa terjadi karena HP terjatuh dan benturan keras.

mengatasi penyebab ini yaitu pengguna harus membuka penutup speaker dahulu, kemudian mengukurnya menggunakan Multitester. Dari alat tersebut pengguna dapat melihat bahwa solderan timah longgar, maka yang harus dilakukan yaitu rekatkan kembali.

3. Membran pada Speaker Sobek

Ada penyebab lain dari speaker yang berbunyi kresek yaitu membran speaker HP di bagian depan sobek. Pada dasarnya membran yang berupa lembaran tersebut merupakan komponen untuk melindungi speaker dari benda asing untuk masuk ke bagian inti speaker.

Perlu diketahui bahwa lembaran membran ini sangat halus sehingga mudah sobek jika tidak hati-hati. Membran yang rusak biasanya dikarenakan pengguna ceroboh dalam membersihkan speaker atau HP terjatuh. Sebab lain membran sobek juga karena memainkan atau musik dengan volume maksimal.

4. Jalur Listrik Terputus

Jika terdapat jalur listrik yang putus di sekitar komponen speaker yang menyebabkan aliran listrik terhambat, maka hal ini dapat menimbulkan bunyi kresek pada speaker. Hal ini terjadi disebabkan HP yang terbentur keras atau terjatuh sehingga lempengan pin plus minus longgar.

Untuk mengecek jalur kelistrikan tersebut, pengguna dapat membuka bagian komponen HP. Kemudian dilihat dan diteliti apakah terdapat jalur yang putus atau soket yang mungkin longgar. Jika tidak yakin, pengguna dapat membawanya ke tukang servis meminimalisir kesalahan.

5. Setelan Volume Bermasalah

Selanjutnya dari penyebab speaker HP bunyi kresek yang terakhir yaitu adanya kesalahan melakukan penyetelan volume. Hal ini mungkin tidak terjadi pada semua HP, namun terdapat beberapa jenis HP yang pengaturan volume-nya dibagi menjadi beberapa kelompok.

Pada kelompok-kelompok dari pengaturan volume tersebut, jika antar kelompok satu dengan yang lain saling bertolak belakang, maka speaker akan mengeluarkan bunyi kresek. Jika hal ini terjadi, sudah tentu suara yang keluar tidak nyaman didengar di telinga.

Itulah 5 penyebab speaker HP bunyi kresek yang perlu diketahui agar pengguna dapat semakin berhati-hati dan merawat perangkatnya dengan baik. Dengan begitu, kerusakan parah bisa diminimalisir dan hasil suara yang dikeluarkan oleh speaker akan tetap jernih.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *