Gadget

Ini 5 Penyebab Layar HP Samsung Berubah Warna Dan Cara Mengatasinya!

×

Ini 5 Penyebab Layar HP Samsung Berubah Warna Dan Cara Mengatasinya!

Sebarkan artikel ini

Ketahui Penyebab Layar HP Samsung Berubah Warna

penyebab layar hp samsung berubah warna

Banyak yang mencari tahu apa penyebab layar hp Samsung berubah warna yang sedang dialami ponsel pengguna. Umumnya penyebab yang ada ini memang berasal dari pengoperasian ponsel itu sendiri yang mungkin saja menjadi salah satu kesalahan pengguna. 

Perubahan warna yang terjadi pada tampilan layar memang sedikit mengganggu kenyamanan mata untuk menggunakan ponsel. Untuk itu, penyebab dan cara mengatasi perubahan warna pada layar khususnya pada hp Samsung akan disampaikan berikut ini. 

Inilah Penyebabnya

Kadang kala tampilan layar hp Samsung menjadi berubah warna cukup membuat hati resah. Pasalnya, banyak pengguna belum mengetahuinya. Simak beberapa penyebabnya berikut ini:

1. Ponsel Terkena Air

Hp Samsung yang terkena air tentu saja menjadi pengaruh yang cukup tinggi untuk kesehatan tampilan LCD pada ponsel. Partikel air yang masuk melalui rongga ponsel akan merusak sistem internal sehingga tampilan layar ketika dinyalakan akan berubah warna kekuningan. 

2. Fitur Temperatur Warna Yang Aktif

Adanya fitur ini biasanya justru untuk membuat pengguna dapat bermain ponsel dengan aman dan nyaman tanpa takut merusak mata. Namun meskipun begitu, juga menjadi pemicu mengapa layar hp Samsung berubah warna.

Saat fitur ini aktif maka ponsel akan meredup dan menggelap karena sinar radiasi yang dihantarkan akan berkurang dari biasanya. Sehingga pengguna cukup mematikan mode ini untuk dapat mengembalikan tampilan layar menjadi seperti semula. 

3. Mode Hemat Daya Yang Aktif

Penyebab ini memang tampaknya menjadi penyebab perubahan warna layar yang pengguna bahkan jarang sekali menyadarinya. Pengguna hanya merasa jika menyalakan mode ini maka ponsel akan menyalakan sistem untuk menghemat baterai ponsel saja. 

Untuk mengatasinya, pengguna hanya perlu mematikan mode ini jika dianggap layar yang redup dan sedikit kekuningan tersebut justru mengganggu penglihatan kepada ponsel. 

4. Sistem Ponsel Yang Error

Sistem hp Samsung yang sedang error sebenarnya juga sedikit mempengaruhi kondisi tampilan layar meskipun tidak selalu seperti itu. Namun penyebab seperti ini tidak akan lama, ketika sistem sudah berjalan lancar maka warna pada layar akan kembali seperti semula. 

5. Suhu Ponsel Terlalu Panas

Kesehatan ponsel termasuk bagaimana suhu yang ada ketika ponsel digunakan juga harus diperhatikan karena akan mempengaruhi kondisi internal lainnya. Umumnya suhu ponsel yang terlampau panas akan merusak baterai dan perubahan warna layar ponsel yang akan menjadi semakin buram.

Cara Mengatasinya

Sudah dijelaskan mengenai penyebab layar hp Samsung berubah warna yang terjadi pada pengguna, maka kali ini akan dijelaskan cara mengatasinya. Cara-cara berikut memungkinkan pengguna untuk dapat mengatasinya sendiri tanpa perlu buru-buru pergi ke tukang service hp. 

  • Mengatur Live Display. Pengaturan ini berguna untuk mengatur kembali layar hp menjadi tampilan semula hanya dengan pergi ke menu setelan android. Pengguna cukup masuk ke pengaturan suhu tampilan layar dan mengatur tampilan siang dan malam dengan resolusi melebihi 6000K. 
  • Mengecek Kalibrasi Warna Layar. Cara mengatasinya dapat dicari pada tampilan menu pengaturan ponsel pengguna. Setelah masuk ke dalam menu pengaturan maka pengguna bisa langsung menemukan menu pengecekan kalibrasi layar untuk menyeimbangkan warna menjadi 100-100. 
  • Menggunakan Aplikasi Bluelight Filter. Adanya bantuan dari pihak ketiga berupa aplikasi pengatur warna layar ini juga dibutuhkan terutama pengguna ponsel Samsung keluaran lama. Pengguna dapat mengunduhnya secara gratis pada laman google play store dan mengaktifkan mode yang ada di dalamnya. 

Demikian penyampaian yang bisa diberikan terkait penyebab layar hp Samsung berubah warna dan bagaimana cara mengatasinya. Tangkapan mata pengguna ketika menggunakan ponsel memang harus diperhatikan agar tidak mengganggu kenyamanan penglihatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *